11 Feb 2022 Cara Mengecat Dinding Rumah agar Tampak Rapi dan Rata

Cara Mengecat Dinding Rumah agar Tampak Rapi dan Rata

Pengen ganti warna cat tembok tapi tidak tahu bagaimana agar hasilnya rapi dan rata? Atau takut hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi anda? Jangan risau, tidak perlu menggunakan tenaga ahli untuk mewujudkan keinginan Anda. Kami menyediakan cara jitu untuk hasil cat layaknya tangan profesional. Simak caranya berikut ini. 

1. Siapkan barang yang dibutuhkan

Sebelum melakukan pengecatan, alangkah lebih baiknya jika Anda menyiapkan barang yang dibutuhkan seperti kuas, cat dinding, spons, kape, satu buah ember, tangga, paint remover atau penghapus cat dan plamir tembok. Pastikan semua barang tersebut ada agar memudahkan proses pengecatan dan lekas selesai.

2. Bersihkan dinding

Setelah semua peralatan tersedia, bersihkan seluruh dinding yang akan Anda cat. Bersihkan dari debu, kotoran dan permukaan dinding yang tidak rata. Hal ini sangat penting agar hasil lebih rapi dan rata. Jika permukaan dinding masih dalam keadaan kasar, amplas permukaan tersebut kemudian bersihkan menggunakan spons. Setelah itu, aplikasikan paint remover yang berfungsi untuk mengelupas cat lama.

3. Tutup bagian yang tidak dicat

Sebelum memulai pengecatan, tutup bagian yang tidak dicat. Misalnya tepian plafon, daun pintu, lantai, kusen jendela dan sebagainya. Manfaatkan koran bekas agar cat tidak menempel pada bagian-bagian tersebut.

4. Tutup Retakan

Tutup retakan yang ada pada dinding rumah anda. Jangan langsung melakukan pengecatan ya. Tutup terlebih dahulu dengan dempul yang siap pakai, Ratakan tembok hingga rata. Inilah rahasia tangan profesional yang jarang diketahui banyak orang.

5. Lakukan saat Cuaca panas atau kering

Pastikan untuk tidak mengecat saat cuaca sering hujan. Kemungkinan udara lembab membuat cat lama keringnya. Selain itu, akan muncul tetesan cat di sepanjang dinding. Sehingga dinding yang dicat akan terlihat berantakan dan tidak mulus. Untuk hasil yang rapi dan rata, Anda harus mengecat di musim panas saja.

6. Pilih kuas yang kaku untuk menjangkau bagian sudut dinding

Cara mengecat dinding rumah agar rapi dan rata juga dilakukan dengan menggunakan kuas yang kaku untuk bagian sudut dinding. Sebaiknya menyiapkan minimal dua kuas yaitu roller dan kuas kecil yang ujungnya kaku. Ukuran lebar kuasnya sekitar 2 inchi. Dengan tekstur yang kaku, kuas dapat menjangkau hingga ke sudut dinding atau garis-garis langit.

7. Cukup celupkan ujung kuas

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang ketika mengecat adalah mencelupkan roller terlalu dalam ke dalam cat. Padahal hal ini justru mengakibatkan cat menumpuk. Timbul pula tetesan tak beraturan saat roller disapukan kedinding. Celupan pertama 1/3 bagian bulu kuas saja. Lalu angkat secara perlahan dan cat hingga merata.

8. Fokus pada satu warna dulu

Jika Anda memiliki beberapa pilihan warna untuk di aplikasikan pada dinding rumah, pastikan untuk melakukan satu per satu dahulu. Kerjakan warna yang akan dijadikan dasar. Usahakan menggunakan warna dasar yang netral. Jika tidak netral, gunakan masking tape untuk batasan cat. Tunggu cat sampai benar-benar kering. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan pengerjaan warna yang lain. Jika warnanya tidak netral, gunakan masking tape sebagai batasan cat. Tidak perlu terburu-buru untuk menyelesaikannya ya, agar hasil dari tangan Anda tampak rapi dan rata.

Wah tentu saja setelah ini rumah Anda menjadi tampak lebih indah dengan paduan cat yang rapi dan rata. Semoga cara mengecat dinding rumah ini menjadi edukasi yang bermanfaat untuk Anda diseluruh indonesia.

Vinindo Corporation menyediakan kuas cat dengan bulu kuas yang halus, rapat, dan permukaan yang rapi membuat proses pengecatan lebih cepat dan bulu kuas tidak mudah berongga. Selain itu kami juga menyediakan kuas cat rol yang sifatnya fleksibel, dapat dipasangkan dengan bulu kuas rol merk apapun. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk mendapatkan door stop terbaik.

Share this article
BACK