24 May 2022

Berbagai Hal Mengenai Renovasi Rumah Paling Lengkap

Berbagai Hal Mengenai Renovasi Rumah Paling Lengkap

Rumah atau bangunan dari waktu ke waktu akan mengalami penurunan performa. Jadi, diperlukan perawatan serta perbaikan rutin supaya pemakaiannya memiliki jangka lebih panjang alias tidak mudah rusak. Bukan rahasia lagi bahwa proses renovasi membutuhkan anggaran besar.

Diperlukan pemikiran dan persiapan matang supaya proses renovasi nantinya berjalan lancar. Tidak hanya mengenai anggaran saja, tapi juga konsep atau desain yang ingin diterapkan. Hal-hal mengenai renovasi rumah akan dibahas lebih lengkap pada uraian berikut.

Manfaat Rutin Melakukan Renovasi Rumah dan Cara Menghemat Anggarannya

Ada banyak manfaat bisa Anda peroleh bila rutin melakukan renovasi terhadap rumah. Antara lain meningkatkan berbagai aspek, mulai dari keamanan, tampilan, nilai jual hingga kenyamanan. 

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda memerlukan anggaran cukup besar. Tapi, tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara yang bisa dilakukan supaya anggaran pengeluaran lebih hemat, beberapa diantaranya:

1. Memakai Jasa Profesional

Cara pertama yaitu dengan memakai jasa yang benar-benar profesional dan kompeten di bidangnya. Bila sebaliknya, kemungkinan besar terjadi pembengkakan biaya akibat pembelian terus-menerus material baru tanpa adanya penghitungan. 

2. Perbaikan Dilakukan Secara Bertahap

Cara kedua yaitu melakukan renovasi secara bertahap, tidak perlu terburu-buru. Tujuannya tidak lain untuk meminimalisir pengeluaran dan sebagai jeda untuk memikirkan ide terbaik terkait renovasi ke depannya.

Simak cara menghemat anggarannya lebih lengkap lagi pada artikel berikut ini, 15 Cara Untuk Menghemat Uang saat Renovasi Rumah

Hal Penting Perlu Diperhatikan Saat Renovasi Rumah 

Renovasi rumah penting bukanlah tanpa alasan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa proses renovasi akan meningkatkan berbagai aspek. Inilah salah satu penyebab perbaikan itu penting.

Jika hunian terasa aman dan nyaman, tentu Anda beserta keluarga semakin betah untuk tinggal. Apalagi setelah seharian menjalankan kegiatan melelahkan. Akan menjadi lebih penting bagi pemilik hunian yang memang ingin menjualnya kembali.

Perubahan tampilan atau desain akan berpengaruh terhadap nilai jual nantinya. Sebenarnya terdapat banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan proses renovasi selain memikirkan desain, dua diantaranya yaitu:

1. Melakukan Riset

Sebelum memperbaiki hunian, penting melakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari keperluan material, waktu paling tepat untuk membangun, biaya tukang atau jasa dan lain-lain. Riset ini bisa melalui internet atau datang langsung ke penyedia jasa kontraktor.

2. Rancang Anggaran dengan Tepat

Hal penting lainnya yaitu mengenai perencanaan anggaran. Rancang dengan tepat, mulai dari biaya untuk material, tukang sampai selesai sesuai estimasi waktunya. Bila kesulitan, konsultasikan dengan kontraktor yang Anda pilih.

Simak: Jangan Lewatkan 10 Hal Penting Ini Saat Renovasi Rumah!

Pentingnya Mengelola Anggaran Renovasi Beserta Tips Supaya Tidak Membengkak

Salah satu hal penting selain memikirkan desain atau kontraktor untuk hunian yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan renovasi adalah mengenai anggaran. Walaupun terlihat mudah, bila tanpa persiapan matang berpotensi membuat anggaran pengeluaran membengkak.

Menghitung budget akan membantu memperkirakan kebutuhan proses renovasi. Jadi, bila budget yang dimiliki dirasa kurang, bisa menunggu hingga cukup atau memperbaiki sebagian area saja. Sebaiknya Anda tidak memaksakan perbaikan saat memiliki budget pas-pasan.

Tujuannya supaya terhindar dari tambahan biaya tidak terduga yang mengakibatkan proses perbaikan mengalami kendala. Ada berbagai tips ampuh yang bisa Anda coba lakukan supaya anggaran tidak membengkak.

Beberapa diantaranya menyiapkan skala prioritas bagian mana yang ingin dibangun, memilih material bekas tapi berkualitas karena biasanya memiliki harga lebih murah dan hindari membangun saat musim hujan.

Simak jurus ampuh untuk anggaran renovasi agar tidak membengkak pada artikel berikut ini, Jurus Ampuh Agar Budget Renovasi Rumah Tidak Membengkak

Tips Memilih Kontraktor Terbaik Beserta Ide Menarik Renovasi Rumah

Renovasi rumah merupakan upaya memperbaiki atau memperbarui bentuk fisik bangunan. Bisa karena rusak sehingga ingin membangun ulang atau mengubah tampilan supaya memberikan nuansa baru.

Dalam proses perbaikan tidak terlepas dari namanya kontraktor. Supaya memperoleh jasa kontraktor terbaik, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, salah satunya mencari rekomendasi dari keluarga atau teman.

Tips lainnya dengan melakukan riset di internet atau menghubungi langsung kontraktor yang ingin digunakan. Membahas tentang ide menarik untuk renovasi rumah, Anda bisa berkonsultasi dengan jasa kontraktor terkait atau memiliki desain sendiri. Beberapa ide menarik untuk dicoba: 

  1. Menghias Pintu

  2. Menambahkan detail wallpaper pada dinding

  3. Mengganti warna cat dinding dan menambahkan furniture

  4. Bila tertarik mengganti warna cat dinding, sesuaikan dengan suasana rumah serta furniture di dalamnya.

Gali ide menarik lainnya dari artikel berikut ini, 5 Tips dan Ide Menarik Renovasi Rumah di tahun 2021

Cara Renovasi Rumah Bila Memiliki Budget Terbatas

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa penyebab renovasi rumah penting salah satunya karena berkaitan dengan kenyamanan. Dan tidak masalah bagi Anda pemilik budget terbatas, asalkan mengetahui tips atau triknya.

Tipsnya, jangan terburu-buru memutuskan untuk melakukan perbaikan. Pertimbangkan dengan matang terlebih dahulu apakah budget tersebut benar-benar cukup untuk merombak bagian rumah yang diinginkan. Ada dua cara bisa dilakukan bila memiliki budget terbatas, yaitu:

1. Merenovasi Sebagian

Penting dipahami bahwa perbaikan hunian tidak harus keseluruhan. Anda bisa melakukannya sebagian terlebih dahulu, buatlah skala prioritas manakah yang hendak didahulukan sesuai budget.

2. Pakai Material Bekas, Tapi Masih Layak Pakai

Memperbaiki hunian tidak harus menggunakan material atau bahan baru. Anda bisa menggunakan material bekas, asalkan masih layak pakai. Sebab, harga material bekas biasanya lebih murah dibandingkan baru, sehingga anggaran akan lebih hemat.

Simak caranya lebih banyak lagi dari artikel berikut ini, Cara Tepat Renovasi Rumah dengan Budget Terbatas

Desain Rumah Minimalis Bisa Dijadikan Inspirasi

Rumah minimalis adalah jenis rumah yang pembangunannya memiliki bentuk serta luas tidak terlalu besar, baik itu interior maupun eksteriornya. Jadi, desainnya sederhana dan dibuat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa keunggulan rumah minimalis yaitu mudah dibersihkan karena tidak terlalu luas, memiliki harga relatif terjangkau dan cocok diisikan beragam furniture. Salah satu desain rumah minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi yaitu serba putih.

Hunian serba putih akan tampak lebih mewah dan luas. Pemakaian eksterior serta interior yang dibuat serba putih ditambah sedikit motif akan menambah kemewahan. Bila memilih desain satu ini, Anda perlu lebih menjaga kebersihannya karena rentan kotor.

Simak: Inspirasi Favorit Desain Rumah Minimalis tahun 2021

Strategi Membangun Rumah Secara Bertahap

Membangun rumah yang dilakukan secara bertahap lebih meringankan pengeluaran anggaran. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bila memiliki budget terbatas. Ada dua strategi yang bisa dilakukan dalam membangun rumah secara bertahap ini, yaitu meliputi:

1. Lakukan Penyusunan Perencanaan

Sebelum membangun, menyusun perencanaan sangat penting. Tentukan dengan pertimbangan matang bagian mana yang ingin dirombak terlebih dahulu. Perencanaan ini akan membantu Anda menentukan estimasi budgetnya hingga akhir pembangunan.

2. Pilih Konsep yang Mudah di Eksekusi

Strategi kedua adalah pilih konsep yang mudah di eksekusi. Penting diingat bahwa konsep dengan eksekusi sulit biasanya membutuhkan budget pembangunan lebih besar. Hal ini tentunya tidak efisien bisa dibandingkan dengan anggaran yang Anda miliki.

Simak strategi membangun rumah secara bertahap lebih detail lagi pada artikel berikut, Bagaimana strategi saat membangun rumah secara bertahap?

Resolusi Rumah Bisa Diterapkan pada Tahun Baru

Tahun baru merupakan waktu atau momen yang banyak dirayakan oleh masyarakat dengan berbagai kegiatan. Ada beragam resolusi harapan atau hal-hal yang ingin dilakukan, salah satunya mengenai rumah.

Salah satu resolusi yang bisa dilakukan yaitu menata ulang rumah supaya tampak lebih bagus dengan nuansa baru ditahun baru. Penataan ulang ini bisa berupa furniture atau pengubahan konsep ruangan.

Anda bisa mempertimbangkan konsep seperti apa paling cocok untuk menjadi gantinya. Resolusi lainnya yaitu membersihkan furniture dalam rumah minimal satu tahun tiga kali, khususnya area sulit dijangkau.

Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan renovasi rumah, sebaiknya sesuaikan dengan budget. Tidak masalah bila harus melakukannya secara bertahap dibandingkan ditengah proses pengerjaan terkendala biaya dan menghambat proses pembangunan.
Simak: 6 Resolusi Rumah di Tahun Baru

Percayakan kebutuhan alat pertukangan Anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam alat pertukangan dengan berbagai macam model. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK