04 Mar 2022

Pintu Rumah Selalu Berbunyi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pintu Rumah Selalu Berbunyi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pasti Anda merasa tidak nyaman jika pintu rumah selalu berbunyi. Bahkan bunyinya bisa bikin suasana rumah bak film horor, loh. Penyebabnya dapat terjadi karena engsel yang sudah berkarat. Namun, jika engsel masih baru dan tetap berdecit, Anda wajib mengecek kondisi engsel tersebut. Mungkin ada kesalahan saat proses pemasangan. Tapi Anda gak perlu panggil tukang. Wajar-wajar saja kok hal seperti ini terjadi pada pintu rumah Anda. Cobalah mengikuti beberapa cara berikut agar dapat mengatasi pintu yang berbunyi.

Cari Tahu Penyebab Pintu Berbunyi

membuka pintu

Yang namanya perkakas tentu saja memiliki estimasi pemakaian. Terlebih jika sudah bertahun-tahun lamanya. Bisa jadi engsel tidak lagi bekerja dengan baik. Misalnya saja menimbulkan bunyi yang berderit dan bikin tidak nyaman. Cek kondisi engsel, apakah kering atau terjadi kerusakan. Umumnya disebabkan engsel kering. Alhasil saat engsel saling bergesekan akan menimbulkan bunyi. Lazim terjadi karena engsel terbuat dari material besi yang rentan terhadap karat dan korosi. Jika tidak segera ditangani, engsel akan aus dan harus diganti. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda mengikuti tips memperbaiki pintu yang berbunyi di bawah ini.

Cara Mengatasi Pintu Berderit

  • Menggunakan Minyak Pelumas Khusus Engsel

Engsel pintu butuh perawatan, terlebih ketika engsel menimbulkan bunyi berdecit. Gunakan minyak pelumas khusus engsel yang dapat Anda beli di toko fisik maupun non fisik. Toko fisik yang menjual pelumas ini sangat mudah sekali didapatkan yaitu pada toko material yang berjejer rapi dan bersih. Anda harus memiliki pelumas tersebut dan melakukan pengolesan secara rutin. Pelumas akan membuat bagian engsel berfungsi dengan baik. Tidak ada lagi suara berderit yang akan ditimbulkan.

  • Menggunakan Minyak Goreng

Minyak goreng juga ampuh untuk mengatasi pintu berderit. Hal ini sudah terbukti nyata dan tidak hanya teori belaka. Ambil saja sedikit minyak bersih untuk mengolesi bagian engsel. Jangan menggunakan minyak jelantah ya, ditakutkan engsel justru rusak dan bersemut.

  • Menggunakan Oli Bekas atau Oli Baru

Oli termasuk jenis pelumas yang dapat mengatasi engsel berkarat. Engsel akan berfungsi kembali setelah dilakukan penggosokan. Jika tidak ingin membeli yang baru, gunakan saja oli bekas sisa kemarin. Yang terpenting oli tersebut belum terkontaminasi dengan bahan lainnya. Misalnya Anda simpan di luar rumah dan tidak tertutup, bisa saja bercampur air atau kotoran. Jadi, justru tidak bekerja dengan baik pada engsel pintu.

  • Bersihkan Engsel dari Debu dan Kotoran

membersihkan debu

Jangan menganggap enteng ketika debu atau kotoran telah bersarang pada engsel pintu. Akibatnya bisa fatal loh, tidak hanya membuat engsel berbunyi tapi juga menimbulkan masalah lainnya. Itulah alasan kenapa Anda harus membersihkan engsel dari debu atau kotoran menggunakan lap bersih atau sikat gigi yang sudah tidak digunakan. Baru deh olesi engsel dengan pelumas. 

Gunakan sarung tangan atau alat bantu lain apabila tangan Anda tidak ingin kotor terkena oli saat proses pengolesan. Diamkan beberapa menit hingga agar oli merata pada bagian engsel. Coba buka tutup pintu untuk memastikan tidak ada lagi bunyi berdecit yang ditimbulkan. Bagaimana apabila tetap berbunyi? Maka tambahkan pelumas lebih banyak dari sebelumnya. Jika kondisinya masih sama, mungkin sudah saatnya engsel pintu Anda pensiun dan ganti dengan engsel baru yang lebih berkualitas.

Demikian tadi cara mengatasi pintu yang berbunyi atau berdecit. Lakukan perawatan pada engsel jika hal serupa tidak ingin terjadi pada engsel rumah Anda! Jika Anda merawat dengan baik,  maka kenyamanan sepenuhnya menjadi milik Anda.

Vinindo Corporation menjual engsel pintu stainless steel dengan berbagai macam model. Selain engsel pintu, kami juga menyediakan door pull, kunci pintu, pegangan pintu, body kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Top Brands Award 2022. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK