18 Mar 2022

Langkah Tepat Memasang Handle Pintu Bahan Kayu

Langkah Tepat Memasang Handle Pintu Bahan Kayu

Setiap rumah pasti memiliki pintu, sebuah akses yang digunakan penghuni rumah untuk keluar atau masuk ke rumah. Pintu juga menjadi tempat sirkulasi udara yang baik. Oleh sebab itu, Pemasangan pintu harus tepat agar sirkulasi udara berjalan sebagaimana mestinya. Rumah bisa terhindar dari rasa sumpek jika pemasangan pintu sudah tepat. Pastinya anda akan menambahkan handle untuk memudahkan menutup dan menarik pintu. Atau menggeser jika anda menggunakan pintu geser. Tahukah anda bahwa memasang handle pintu susah-susah gampang. Namun, anda dapat memasangnya secara otodidak tanpa bantuan tukang. Untuk lebih jelas ikuti langkah tepat memasang handle pintu berikut.

1. Memilih Handle Pintu yang Tepat

handle pintu aomori

Cara tepat memasang gagang pintu yakni dengan mempertimbangkan jenis, kualitas, dan ukuran handle pintu dan kualitas apakah sesuai dengan besar kecilnya pintu serta bahan material pintu yang digunakan. Tujuannya tentu saja agar tampak sinkron dan pintu berfungsi dengan baik. 

2. Mengukur Handle Pintu

Setelah memilih handle pintu yang tepat, lakukan pengukuran terhadap handle atau gagang pintu menggunakan sebuah meteran dan pensil kayu khusus tukang. Ketinggian pintu harus diukur agar menciptakan rasa nyaman saat digunakan. Standar ketinggian pintu adalah 105 cm hingga 110 cm. 

Alternatif lain yang dapat anda lakukan yaitu mengukur ketinggian pada pintu lain untuk kemudian diterapkan pada pintu rumah anda. Setelah pengukuran selesai, Buat sketsa handle pintu, ganjal pintu menggunakan kayu atau benda lain yang dapat menopang pintu agar tidak bergeser saat anda melakukan pemasangan handle pintu. Buat sketsa yang sama pada sisi pintu yang satu lagi. Keduanya harus sinkron agar handle dan lubang kunci sejajar antar sisi pintu.

3. Menandai Posisi Handle Pintu yang Akan Dipasang

Setelah sketsa dibuat, cara tepat memasang handle di pintu kayu yaitu dengan menandai posisi pemasangan handle pintu. Pastikan Anda menandai menggunakan pensil khusus atau spidol agar tampak jelas agar handle pintu berfungsi dengan baik. Tanda yang jelas sangat penting supaya tidak terjadi kesalahan saat pengeboran berlangsung.

4. Tips Pemasangan Handle Pintu Setelah di Bor

bor kayu

  1. Lakukan Pengeboran Pada Kedua Sisi Pintu

Lakukan pengeboran pada kedua sisi pintu dengan penuh kehati-hatian. Bor pada bagian yang sudah anda tandai sebelumnya. Pengeboran yang kurang tepat dapat berakibat fatal pada pintu yang akan menimbulkan kerusakan sehingga pintu tidak dapat digunakan lagi. Sungguh sangat disayangkan bukan jika hal tersebut terjadi? 

  1. Tandai Menggunakan Pensil atau Spidol

Nah, Setelah melakukan pengeboran pada bagian yang ditandai. Kemudian buat poros agar lubang sebelumnya semakin lebar. Usahakan jangan ada gumpalan kecil sehingga pintu tampak tidak rapi. Kemudian, Anda dapat melakukan polesan menggunakan pisau. Jangan lupa amplas bagian tersebut agar tidak kasar sehingga tidak melukai tangan anda. Lakukan perlahan saja. Tidak perlu tergesa-gesa untuk cepat selesai. Hasil akhir sangat penting saat melakukan pemasangan handle pintu tanpa bantuan tukang.

  1. Pasang Barel pada Pintu

Proses belum selesai ya, tempatkan barel pada bagian pintu yang telah dilubangi. Pastikan kedalaman sudah sesuai. Bersihkan serbuk yang masih menempel agar dapat memasang pengait dengan baik. Gunakan pahat yang tajam untuk membuat lubang pengait. Pahat sesuai sketsa yang telah anda buat sebelumnya. Gunakan pisau untuk merapikan pahatan. Apabila lubang telah rapi, memasang pengait pada sisi pintu. Pasang baut dengan kencang. 

  1. Lakukan Finishing

Setelah itu, buat plat pintu. Pastikan handle terpasang dengan tepat agar tidak mudah lepas. Masukkan baut pada lubang kecil pintu, dan masukkan baut satu lagi pada lubang yang berukuran besar. Kemudian, pasang handle pintu pada lubang. Masukkan sekrup dan kencangkan. Jika handle pintu sudah terpasang dengan tepat, lakukan proses finishing dengan membersihkan area sekitar handle pintu. Nah, handle pintu telah terpasang. Lakukan pengecekan ulang untuk mencegah pemasangan yang tidak sempurna.

Itulah tadi cara tepat memasang handle pintu di pintu kayu. Lakukan dengan sabar, jeli dan hati-hati. Selamat menjadi tukang dadakan ya. Semoga berhasil!

Vinindo Corporation menjual berbagai macam handle pintu yang kokoh dengan berbagai macam model. Selain handle pintu, kami juga menyediakan door pull, kunci pintu, bodi kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih TOP Brands Award 2022. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK