07 Mar 2022

Bahan Pintu Paling Bagus, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Bahan Pintu Paling Bagus, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Pada umumnya banyak sekali desain dari pintu, ragamnya unik dan menarik. Bahkan ada yang berbentuk ukiran. Namun pernahkah Anda memikirkan ada banyak sekali jenis bahan yang digunakan untuk membuat pintu. Semua memiliki kekurangan dan kelebihan. Ada yang harganya mahal, ada pula yang terjangkau. Tergantung kualitas pada bahan pintu yang digunakan. Nah, untuk lebih lanjutnya simak pembahasan berikut agar Anda lebih paham bahan mana yang bagus untuk pintu rumah serta kelebihan dan kekurangannya.

1. Pintu Aluminium

Bicara perihal pintu, rumah semewah apapun jika tanpa pintu terasa aneh bukan? Nah, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bahan pintu aluminium. Pintu ini termasuk pilihan terbaik baik dari segi harga maupun kualitasnya. Pasalnya pintu aluminium menjadi idaman banyak orang. Bagaimana tidak, kualitas yang ditawarkan tahan lama serta memiliki nilai estetis sehingga memiliki daya tarik lebih.

Selain itu pintu aluminium dapat menahan beban berat yang cukup besar loh. Tidak membutuhkan perawatan khusus serta tahan terhadap cuaca panas maupun dingin. Wajar jika pintu aluminium menjadi pelindung rumah yang paling ideal.

Pintu berbahan aluminium berbeda dengan bahan kayu yang dapat diukir atau desain lain. Pintu aluminium hanya berbentuk statis tanpa ukiran atau modifikasi lain. Selain itu, harga dari pintu aluminium cenderung lebih mahal sebab berkualitas serta pemasangannya harus dilakukan oleh tenaga ahli khusus.

2. Pintu Kayu

pintu kayu

Pintu kayu menjadi opsi yang paling banyak digunakan karena mudah untuk didapatkan. Hampir  seluruh Indonesia terdapat pintu berbahan kayu. Beberapa pintu kayu dibuat dari bahan polyboard. Ada juga yang menggunakan bahan inti honeycomb. 

Kelebihan pintu kayu ini cocok untuk rumah bergaya klasik, tampak  lebih rapi, lebih elegan serta menciptakan suasana yang lebih hangat

Bahan pintu dari inti honeycomb perlu pertimbangan matang jika kamu ingin menggunakannya. Kualitasnya buruk, kurang kedap suara serta membutuhkan perawatan secara berkala.

3. Pintu Louvre

Pintu louvre banyak dijumpai pada rumah klasik. Pintu ini memiliki irisan-irisan horizontal yang dapat dibuka dan difungsikan sebagai ventilasi udara. Pada panel pintu ada yang menggunakan bilah kayu miring. Bentuknya klasik banget, dapat melipat seperti rolling door.

Kelebihan pintu ini terdapat ventilasi udara meskipun pintu ditutup. Selain itu, pintu dapat dibuka lebih lebar dari pintu pada umumnya. Namun, pintu louvre lebih sulit dibersihkan terutama pada bentuk irisan-irisan horizontalnya. Anda harus bekerja lebih keras jika ingin membuat pintu ini selalu kinclong.

4. Pintu Rel

Pintu rel juga banyak digunakan di Indonesia. Namun hanya beberapa rumah saja. Pintu ini termasuk pintu yang tertua terbuat dari bahan kayu tebal. 

Kelebihan utama pintu rel adalah dapat menghemat tempat secara signifikan. Modelnya jauh lebih simple dan ringkas. Daya tahan lebih kokoh serta memiliki desain yang unik.

Kekurangan pintu ini diantaranya pemasangan yang cukup rumit, membutuhkan peranti tambahan selain engsel. Pada bagian relnya berpotensi lebih cepat rusak serta membutuhkan perawatan khusus agar kondisinya tetap kering.

5. Pintu Swing atau Pintu Kupu-Kupu

pintu swing

Pintu swing atau pintu kupu-kupu biasa digunakan pada pintu utama. Jenis pintu ini menggunakan model bukaan ayunan atau dorongan. Ada yang membuatnya satu pintu tapi ada juga yang membuatnya dua pintu secara sejajar mirip seperti kupu-kupu.

Pintu swing atau kupu-kupu memiliki engsel yang lebih mudah untuk dipasang. Tidak membutuhkan perawatan khusus karena bentuknya klasik dan simple. Selain itu tidak membutuhkan rel sebagai bantalan pintu. Namun, pintu jenis ini memerlukan tenaga lebih untuk mengayunkan pintu agar terbuka. Jadi, kerahkan sedikit tenaga Anda jika menggunakan pintu jenis ini ya.

Setelah membaca artikel ini, kini Anda sudah mengetahui pintu berbahan jenis apa yang bagus untuk digunakan. Sesuaikan dengan kondisi rumah dan cuaca tempat Anda tinggal. Pastikan memilih dengan benar!

Agar pintu Anda lebih bagus, pastikan memilih handle pintu yang serasi. Dapatkan handle pintu kekinian di Vinindo Corporation. Tersedia berbagai jenis dan model handle pintu yang terbuat dari bahan berkualitas dan dijamin produk asli. Vinindo Corporation merupakan peraih Top Brands Award 2022. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK