10 Mar 2022

Cara Memperbaiki Kusen Pintu dan Jendela yang Rusak

Cara Memperbaiki Kusen Pintu dan Jendela yang Rusak

Kendala pada kusen pintu dan jendela seringkali membuat kita bingung bagaimana untuk mengatasinya, bahkan jika malas repot-repot pasti kita akan membeli kusen yang baru. Di era pandemi seperti ini, hal itu sungguh tidak ekonomis karena menambah biaya pengeluaran. Namun di setiap kendala pasti ada solusinya. Anda masih bisa mengatasi kendala tersebut dengan memperbaikinya. Kami menawarkan cara mudah  memperbaiki kusen pintu dan jendela rusak yang  mungkin bisa anda pilih sebagai cara jitu menghemat biaya. Bagaimana sih caranya? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Penyebab Kusen Retak

kusen pintu

Kusen merupakan komponen penting yang tidak terpisahkan dari pintu atau jendela. Nah, ada banyak sekali hal yang bisa menjadi faktor kerusakan dari kusen yang berbahan dasar kayu. Seperti jenis bahan dasar kusen yang kurang baik, kurang telitinya pemilihan bahan ketika di depot pembuat kusen dan pintu, usia kayu yang masih terlalu muda. Selain itu kerusakan pada kusen pintu dan jendela bisa disebabkan oleh beberapa faktor teknis, seperti benturan yang diakibatkan dari pemasangan kusen yang kurang hati-hati, pemilihan ukuran paku yang tidak sesuai kebutuhan pada sepatu kusen (angkur bagian belakang kusen dan angkur bagian bawah kusen).

Permasalahan di atas biasa terjadi pada rumah yang lama bahkan bisa juga terjadi pada rumah yang baru dibuat. Padahal, kusen ada yang terbuat dari bahan dasar aluminium yang tahan terhadap bahaya rayap dan lapuk. Lalu jika masalah diatas terjadi pada Anda, baik sebagai pemilik rumah, seorang pemborong, atau tukang bangunan, bagaimana cara mengatasinya?

2. Alat Dan Bahan Perbaikan Kusen Retak

Untuk mengatasi masalah kusen yang retak, ada beberapa alat dan bahan yang perlu anda siapkan seperti;

  1. Dempul kayu, pilihlah dempul kayu yang bertekstur agak keras sehingga dapat mengcover seluruh bagian kusen yang retak atau berlubang.

  2. Amplas, biasanya ampelas digunakan untuk merapikan bagian permukaan kayu yang kasar.

  3. Pahat batu, pilih pahat batu yang berukuran lebar dan dalam kira-kira 0,5 cm sampai 1 cm.

  4. Kuas, pilih kuas yang terbuat dari bulu-bulu halus, agar mudah menyapu permukaan kayu.

  5. Plitur, 

Alat dan bahan tersebut bisa Anda peroleh dengan mudah di toko bangunan terdekat, jika peralatan sudah anda siapkan selanjutnya kita simak penjelasan bagaimana langkah-langkah perbaikannya.

3. Langkah-Langkah Perbaikan Kusen Retak

memperbaiki

Sangatlah mudah untuk memperbaiki kusen pintu atau jendela yang retak ataupun pecah dan lapuk akibat rayap atau karena kusen tersebut terdapat kandungan air yang berlebih. Tenang saja, orang terdahulu dari kita telah mewariskan cara atau tips untuk menyelesaikan permasalahan diatas. Adapun cara memperbaikinya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan kusen kayu yang retak, lalu perbesar celah retak pada kusen tersebut dengan pahat batu kemudian sapukan debu pahatan kusen dengan kuas tadi.

  • Ambil secukupnya dempul kayu, kemudian isi pada celah kusen yang sudah diperbesar tadi dengan dempul kayu tersebut. Pastikan tak ada lubang yang belum di dempul. Tunggu beberapa saat hingga dempul tersebut benar-benar kering dan mengeras agar mudah untuk dirapikan.

  • Setelah dempul mengeras, rapikan permukaan kusen dengan menggunakan amplas, gosok secara berulang-ulang hingga didapatkan permukaan yang halus.

  • Jika sudah di amplas, biasanya ada perbedaan warna pada kusen, sehingga kita harus menggunakan pelitur. Plitur digunakan hanya untuk mengkilapkan permukaan kayu yang dioleskan saja.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam gergaji potong dengan berbagai macam model cocok untuk melengkapi perkakas rumah Anda. Selain gergaji potong, kami juga menyediakan alat pertukangan lainnya. Kami merupakan peraih Top Brands Awars 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK