27 Jul 2022

Ketahui Macam-Macam Door Closer Berikut Ini!

Ketahui Macam-Macam Door Closer Berikut Ini!

Door closer merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menarik atau menutup pintu yang telah dibuka secara otomatis dan mengontrol laju maupun bantingan pintu saat menutup. Door closer juga memiliki banyak manfaat, alat ini berbentuk engsel yang berfungsi untuk menarik pintu yang sudah dibuka supaya pintu yang telah dibuka tersebut akan otomatis tertutup sendiri.

Pada umumnya, door closer digunakan dan diterapkan di sebuah kantor atau rumah makan yang sering dilalui banyak orang, terutama pada ruangan yang menggunakan AC. Karena ruangan yang menggunakan AC harus selalu tertutup supaya suhu AC stabil.

Berikut ini adalah macam-macam jenis door closer yang dapat Anda temukan dan Anda pilih untuk digunakan pada hunian atau kantor Anda:

Door Closer Siku

Salah satu jenis door closer adalah door closer siku. Seperti namanya, door closer ini berbentuk siku dan berfungsi secara otomatis untuk menutup pintu yang telah dibuka.

Anda dapat melihat contoh door closer pintu dengan merek Vintage. Door closer Vintage diproduksi di sebuah pabrik khusus yang membuat door closer dengan merek ternama. Door closer Vintage sendiri terdiri dari dua macam, yaitu:

Door Closer Otomatis Brown Vintage

Door closer brown Vintage menggunakan sistem hold open atau otomatis 90 derajat. Dengan artian door closer akan berhenti saat pintu tersebut dibuka seluruhnya dan akan menutup secara otomatis saat didorong dengan ringan.

Door closer brown Vintage ini terbuat dari bahan besi khusus, dengan permukaan yang terbuat dari aluminium, dan pegas besi yang kuat. Jenis door closer ini bisa digunakan sampai 500.000 kali, dengan penggunaan 100 kali sehari, sehingga dapat bertahan lebih dari 10 tahun.

Door Closer Otomatis Silver Vintage

Door closer silver Vintage ini memiliki spesifikasi yang sama persis seperti door closer brown Vintage. Perbedaannya hanya pada pilihan warnanya saja. Door closer brown Vintage memiliki lapisan luar berwarna coklat, sedangkan door closer silver Vintage memiliki lapisan luar berwarna silver atau perak. Anda dapat menentukan pilihan door closer Vintage berdasarkan warna yang Anda inginkan.

Door Closer Sliding

Seperti namanya, door closer sliding digunakan sebagai penahan pintu otomatis untuk pintu geser atau slide. Door closer ini dirancang sedemikian rupa sehingga cocok untuk diaplikasikan pada pintu geser. Sehingga saat Anda akan menggeser pintu geser sampai terbuka, door closer sliding ini akan secara otomatis menutup pintu tersebut.

Beberapa macam door closer sliding biasanya diproduksi untuk dapat digunakan pada pintu yang berbahan aluminium, kayu, ataupun besi dengan kekuatan sekitar 50 – 60 kilogram.

Door Closer Tanam

Door closer tanam ini merupakan salah satu jenis door closer yang pemasangannya dengan cara menanamkan door closer pada kusen atau bingkai pintu. Keuntungan menggunakan door closer tanam ini dari segi estetika, adalah door closer tidak terlihat saat pintu tertutup, sehingga pintu akan terlihat lebih rapi tanpa adanya peralatan yang menggantung.

Salah satu contoh door closer tanam adalah door closer merk Paloma yang menggunakan high grade solid aluminium untuk pintu dengan ketebalan minimal 4,5 cm. Door closer tanam merk Paloma ini dapat digunakan pada daun pintu berbahan aluminium, kayu, ataupun besi, dan dapat digunakan pada daun pintu dengan berat sampai 70 kilogram.

Wheel Roller Spring Automatic Door Closer

Door closer yang berjenis wheel roller spring ini memiliki bentuk yang unik, dan memanfaatkan pegas yang berbentuk lingkaran seperti roda. Sama seperti jenis door closer lainnya, wheel roller spring door closer dapat menutup pintu secara otomatis dan pemasangannya pun saat mudah.

Wheel roller spring door closer cocok digunakan untuk pintu berbahan kayu, PVC, maupun besi. Door closer jenis ini dapat digunakan untuk daun pintu dengan berat maksimal 75 kilogram. Kelebihan lain dari wheel roller spring door closer adalah, pintu dapat dibuka sampai 180 derajat.

Itulah macam-macam jenis door closer yang bisa menjadi pilihan Anda. Anda bisa menentukan pilihan door closer mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda, dilihat dari jenis pintu, berat pintu, dan tipe pintu apa yang Anda gunakan. Semoga bermanfaat!

Jika Anda sedang mencari door closer dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual door closer, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pintu seperti engsel pintu, gagang pintu dan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK