17 May 2022

8 Jenis Engsel Pintu Rumah dengan Standar Ukurannya

8 Jenis Engsel Pintu Rumah dengan Standar Ukurannya

Dalam mendesain pintu rumah, pemilihan engsel memiliki peran krusial tidak hanya dalam aspek fungsionalitas, tetapi juga estetika. Ada berbagai jenis engsel pintu rumah yang tersedia, masing-masing dengan karakteristik dan standar ukuran yang berbeda. Pemahaman akan jenis-jenis engsel ini tidak hanya memastikan pintu berfungsi dengan baik namun juga memberikan sentuhan dekoratif yang sesuai dengan gaya desain rumah.

Dalam konteks ini, mari kita eksplorasi delapan jenis engsel yang umum digunakan beserta standar ukurannya untuk memberikan pandangan yang komprehensif bagi mereka yang tengah merencanakan atau memperbarui pintu rumah.

Apa itu engsel pintu?

Engsel adalah perangkat mekanis yang memungkinkan pintu atau jendela untuk berputar, membuka, dan menutup. Engsel ini terdiri dari dua bagian yang dihubungkan, memungkinkan rotasi atau gerakan ayunan. Salah satu bagian engsel terpasang pada bingkai pintu atau jendela, sementara bagian lainnya terpasang pada pintu atau jendela itu sendiri.

Engsel memungkinkan gerakan pintu atau jendela dengan cara tertentu, biasanya membuka dan menutup, sehingga menciptakan akses atau penutupan suatu ruangan.

Jenis engsel beserta standar ukurannya

Engsel pintu memiliki berbagai bentuk yang dapat disesuaikan dengan penggunaannya. Tidak hanya bentuknya yang beragam, tapi juga setiap jenis tersebut memiliki standar ukurannya masing-masing. Berikut ini adalah rinciannya jenis-jenis engsel:

1. Patron

Engsel patron atau engsel cabut memiliki bentuk seperti huruf ‘H’ dan biasanya digunakan pada pintu ringan. Sehingga, proses pencabutan lebih mudah. Misalnya saja pada jenis pintu particle wood berdesain minimalis.

Di pasaran tersedia berbagai ukuran engsel patron di antaranya adalah 80 x 50 mm, 110 x 50 mm, dan 140 x 60 mm. Keunggulan dari engsel ini adalah bisa digunakan berulang kali dan mudah untuk dibongkar pasang.

2. Sendok

engsel pintu sendok
Ini merupakan engsel pintu paling kuat karena terbuat dari logam yang sangat kuat. Jenis engsel ini dibagi menjadi dua yaitu engsel bengkok yang biasanya digunakan untuk pintu dalam dan furniture. Kemudian ada engsel lurus yang digunakan untuk pintu luar. Ukurannya seragam dengan keunggulan engsel yang kuat.

3. Bubut

Jenis engsel pintu ini dikhususkan untuk pintu berat seperti yang terbuat dari kayu atau dari besi. Ketahanan engsel bubut ini sangat baik asal penggunaannya sesuai dengan ukuran engsel.

Terdapat beberapa standar ukuran engsel bubut berdasarkan diameternya yaitu ½, 5/8, ¾, dan 1 inci. Keunggulan utamanya tentu sangat kokoh dan tahan lama. Ini artinya mengurangi harga biaya perawatan dan perbaikan engsel serta pintunya. Simak lebih lanjut mengenai perawatan dan perbaikan engsel pintu dalam artikel Engsel Pintu Berdecit? Perbaikilah Dengan 5 Langkah Pintar Ini.

4. Piano

engsel pintu piano
Engsel piano memiliki bentuk yang panjang dan cocok untuk pintu rumah yang minimalis. Tidak hanya itu, engsel ini juga sangat cocok untuk daun jendela dan lemari.

Ukurannya bisa custom, jadi Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Untuk kelebihannya sendiri, Anda bisa jadi lebih hemat dan tidak perlu membeli banyak engsel untuk satu pintu.

5. Kupu-kupu

engsel kupu kupu

Karakteristik engsel kupu-kupu adalah tipis dan terbuat dari besi atau kuningan. Kegunaannya adalah untuk menghubungkan pintu yang tidak terlalu berat. Misalnya pintu aluminium atau uPVC.

Standar ukuran engsel kupu-kupu yang tersedia di pasaran adalah adalah 1.5, 2, 2.5, 3, 3.5, dan 4 inchi. Keunggulannya adalah harga engsel ini sangat terjangkau dan mudah ditemukan.

6. Panel

engsel pintu panel

Secara bentuk, engsel ini mirip dengan engsel kupu-kupu. Hanya saja lempengan logamnya lebih tebal dan kokoh. Tidak heran jika engsel ini mampu menopang pintu yang lebih berat seperti kayu. Standar ukuran engsel panel adalah 3, 4, 5, dan 6 inci. Dengan keunggulan yang lebih kuat untuk berbagai material pintu.

7. Koboi

Engsel pintu koboi memiliki bentuk yang unik dan estetik. Saat menggunakan engsel ini, pintu dapat tertutup sesuai dengan keinginan dan bisa dipasang tanpa harus ditarik.

Ukuran engsel koboi sangat beragam, tapi ukuran paling umum di pasaran adalah 3, 4, dan 5 inci. Kelebihan dari engsel ini adalah kokoh untuk material pintu yang berat.

8. Gudang

engsel pintu gudang
Engsel gudang sangat umum digunakan untuk pintu kayu yang berat dan pintu garasi. Bentuknya unik, yaitu memanjang dan mengerucut untuk menyeimbangkan masa pintu. Ukuran standar yang paling banyak ditemukan di pasar adalah 6, 8, hingga 12 inci. Kelebihannya tentu mampu menopang beban yang berat.

Tips memilih engsel yang tepat

Memilih engsel yang tepat merupakan langkah penting dalam memastikan kinerja pintu atau jendela yang optimal. Berikut adalah empat tips yang dapat membantu Anda memilih engsel yang sesuai:

1. Berat dan ukuran pintu

Pertimbangkan berat dan ukuran pintu atau jendela yang akan dipasangi engsel. Engsel yang kuat dan tahan lama diperlukan untuk pintu atau jendela yang lebih berat. Periksa panduan produsen untuk menentukan berat maksimal yang dapat ditangani oleh engsel tersebut.

2. Jenis pintu atau jendela

Jenis pintu atau jendela mempengaruhi pemilihan engsel. Pintu eksterior, misalnya, mungkin membutuhkan engsel yang tahan terhadap cuaca dan keamanan. Pintu kaca atau jendela khusus mungkin memerlukan engsel yang dirancang khusus untuk material tersebut. Pilih engsel yang sesuai dengan tipe dan fungsi pintu atau jendela.

3. Lingkungan penggunaan

Pertimbangkan lingkungan tempat pintu atau jendela akan dipasang. Jika digunakan di luar ruangan, engsel harus tahan terhadap elemen cuaca seperti hujan, sinar UV, dan perubahan suhu. Untuk penggunaan dalam ruangan, perhatikan faktor-faktor seperti kelembaban dan suhu ruangan.

4. Estetika dan gaya

Engsel juga dapat berkontribusi pada estetika dan gaya keseluruhan. Pilih engsel yang sesuai dengan desain dan gaya pintu atau jendela. Ada berbagai jenis engsel dengan finishes yang berbeda, termasuk yang memiliki desain dekoratif atau yang lebih minimalis.

Setelah mengetahui jenis dan ukuran engsel di atas, pastikan Anda memilih dengan tepat untuk digunakan di rumah. Pastikan sesuai dengan spesifikasi pintu rumah Anda. Vinindo Corporation produsen engsel pintu terbaik yang menjual berbagai macam jenis dan ukuran termasuk bahan engsel dengan stainless steel yang kokoh.

Selain engsel pintu, kami juga menyediakan door pull, kunci pintu, pegangan pintu, serta body kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK