17 Mar 2022

Cukup Dengan Gergaji, Hasil Potong Bisa Lurus dan Rapi

Cukup Dengan Gergaji, Hasil Potong Bisa Lurus dan Rapi

Triplek adalah kayu lapis seperti papan pabrikan yang direkatkan setiap lapisannya. Biasa digunakan oleh produsen furniture untuk membuat perabotan rumah seperti lemari, meja, rak dan sebagainya. Memiliki berbagai jenis tipe dengan ketebalan yang berbeda-beda pula. Memotong triplek tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, untuk hasil yang berkualitas haruslah ada prosedur yang baik dan benar. Karena permukaan triplek yang tipis dan lebar rawan untuk patah. Pemotongan yang asal juga membuat hasil potong kurang rapi dan juga tidak lurus.

 Triplek memiliki struktur arah serat yang searah dengan sisi panjangnya. Jadi memotong triplek dengan gerakan melintangi arah serat perlu dihindari agar ujung potongan permukaan triplek tidak kasar. Biasanya alat yang digunakan untuk memotong triplek adalah gergaji jigsaw. Cara memotongnya yaitu dengan memperhatikan arah serat triplek tersebut agar lapisan vinyl tidak mengelupas. Sebelum memotong triplek, usahakan anda sudah membuat pola terlebih dahulu agar pemotongannya teratur sesuai pola yang dibuat. 

Panduan Memotong Triplek yang Benar

  • Gunakan Gergaji Khusus

Memotong triplek tidak boleh menggunakan sembarang gergaji, oleh karena itu untuk hasil potong yang rapi dan lurus diperlukan gergaji khusus yang biasa disebut dengan gergaji jigsaw. Gergaji tersebut memiliki susunan mata gerigi yang sudah disesuaikan dengan karakteristik dari triplek serta dilengkapi dengan konfigurasi kombinasi, sudut, dan jumlah tertentu. Untuk memotong dengan gergaji berjenis table circle saw anda perlu meletakkan permukaan triplek pada posisi yang rata di sebelah atas. Namun jika anda menggunakan gergaji dari jenis portable circle saw, permukaan triplek harus diletakkan pada posisi yang rata di sebelah bawah. 

  • Haluskan Sisi Luar Triplek

amplas

Tidak semua triplek memiliki permukaan yang rata dan halus. Seringkali dijumpai triplek dengan kondisi permukaan yang bergelombang, berlubang atau bahkan melengkung akibat terkena panas dan hujan. Hal itu bisa saja diakibatkan oleh cacat produksi, benturan saat ekspedisi pendistribusian atau usia pemakaian triplek yang sudah lama. Oleh karena itu, sebelum memotong anda terlebih dahulu harus menghaluskan sisi luar permukaan triplek dengan membelah salah satu bagian sisi panjang dan sisi lebarnya dengan jarak sekitar 10 mm.

  • Pasang Selotip Sepanjang Garis Potong

Masalah yang rawan terjadi saat pemotongan triplek adalah lapisan vinyl triplek yang mudah untuk mengelupas. Tapi anda tidak perlu khawatir, setiap permasalahan pasti ada solusinya. Hal itu bisa diatasi dengan menempelkan selotip di sepanjang garis potong triplek. Selotip tersebut bertujuan untuk menahan serat permukaan triplek agar lapisan vinylnya tidak terkelupas. Sehingga anda mendapatkan hasil potong yang berkualitas tinggi. Metode tersebut hanya berlaku pada pemotongan dalam skala kecil saja. Sementara pemotongan triplek dalam skala besar seperti pabrik dinilai merugikan karena tidak efisien pada pemanfaatan waktu.

  • Landasi Triplek dengan Kayu

tumpukan kayu

Selain menggunakan selotip, untuk memperoleh hasil potong triplek yang rapi adalah dengan menggunakan kayu sebagai alas saat memotongnya. Bahkan alas kayu sangat berperan penting sebagai tumpuan dalam menahan beban triplek agar posisi triplek kuat dan tetap stabil agar tidak terjadi keretakan pada triplek. Adapun caranya yaitu anda hanya cukup meletakkan kayu solid tepat di bawah triplek sebagai landasan saat pemotongan triplek. Kemudian anda tinggal memotong triplek tersebut sesuai pola yang sudah dibuat menggunakan gergaji khusus seperti gergaji jigsaw. Lakukan dengan sangat hati-hati agar hasil potongnya lurus.

Konsultasikan kebutuhan pintu anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam gergaji yang kokoh dengan beraneka ragam model. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK