03 May 2022

Simak! Cara Memasang Pintu Kamar Mandi Anti Ribet, Tanpa Tukang!

Simak! Cara Memasang Pintu Kamar Mandi Anti Ribet, Tanpa Tukang!

Kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah yang memiliki fungsi penting dan perlu selalu diperhatikan kenyamanan dan kelayakannya. Karenanya desain kamar mandi harus mampu mengedepankan fungsi dan kenyamanan pengguna. 

Salah satu elemen penting kamar mandi adalah pintu. Pemasangan pintu kamar mandi yang baik tentu akan memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan karena mampu membuat aktivitas mandi menjadi lebih baik dan maksimal serta mampu menjaga keamanan privasi pengguna. 

Bagi Anda yang saat ini sedang merenovasi rumah, ada beberapa cara memasang pintu kamar mandi anti ribet yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa bantuan tukang. Apa saja langkah maupun tahapannya? Simak penjelasan artikel berikut.

  1. Melakukan Pengukuran Lubang Pintu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengukuran terhadap lubang pintu secara tepat. Kemudian, beli dan persiapkan kusen pintu sesuai dengan ukuran lubang pintu tersebut.

Melakukan Pengukuran Lubang Pintu

  1. Membuat Kusen Pintu yang Kokoh

Setelah membeli dan menyiapkan kusen Anda perlu memasukkan batangan kayu ke dalam lubang kusen pintu. Penggunaan kayu ini dimaksudkan agar kusen menjadi lebih kokoh.

Membuat Kusen Pintu yang Kokoh

 

  1. Menyesuaikan Ukuran Kusen dengan Lubang Pintu

Selanjutnya, Anda perlu memasang kusen pada lubang pintu dengan tepat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu menyesuaikan posisi kusen dengan lubang pintu terlebih dahulu.

Menyesuaikan Ukuran Kusen dengan Lubang Pintu

  1. Membuat Lubang pada Sisi Kusen

Jika Anda telah melakukan pengukuran dan menyesuaikan posisi kusen dengan lubang pintu yang diinginkan, maka selanjutnya Anda perlu membuat lubang pada sisi-sisi kusen. Pada tahap ini, Anda dapat memanfaatkan penggunaan bor untuk melubangi beberapa bagian sisi kusen. Sebagai patokan sekaligus untuk dapat memudahkan pengerjaan, Anda dapat melubangi bagian atas, tengah, dan bawah kusen dengan ukuran yang sesuai.

membuat lubang  pada sisi kusen

  1. Melakukan Pengeboran Beton

Setelah melakukan pengeboran kusen, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara melepaskan kusen pintu dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan lubang pintu sebelumnya. Langkah selanjutnya, Anda perlu melubangi bagian-bagian sisi beton rumah dengan titik yang sama seperti ketika Anda melubangi kusen pintu. Setelah melubangi titik-titik yang telah ditentukan, Anda perlu memasang paku fischer di lubang-lubang tersebut.

melakukan pengeboran tembok

  1. Memasang Kusen Pintu

Setelah Anda memasang paku fischer, pasangkan kembali kusen di lubang pintu. Kemudian rekatkan kusen pintu dengan dinding menggunakan sekrup yang disesuaikan dengan ukuran lubang sebelumnya.

memasang kusen pintu

  1. Memasang Engsel Pintu

Jika kusen sudah terpasang, kemudian pasang engsel pintu. Sebaiknya Anda memasang engsel pintu dengan jarak 20 cm dari ujung bawah dan atas pintu. Ukuran tersebut merupakan standar ukuran yang banyak digunakan tukang pintu. Selanjutnya, rekatkan engsel menggunakan sekrup.

memasang engsel pintu

  1. Memasang Daun Pintu

Kemudian, Anda perlu merekatkan satu lempeng pada engsel pintu dengan kusen karenanya Anda perlu membuat beberapa lubang yang sesuai pada engsel dan kusen pintu. Setelah itu, gunakan sekrup untuk merekatkan engsel pintu dengan kusen.

memasang daun pintu

  1. Memasang Handle Pintu

Agar dapat membuka dan menutup pintu dengan nyaman, Anda perlu memasang handle pintu kamar mandi. Pemasangannya cukup mudah karena Anda cukup memasang sekrup pada lubang-lubang di handle pintu.

memasang handle pintu

  1. Memasang Slot Pintu Kamar Mandi

Untuk menjaga privasi, Anda memasang slot pintu di kamar mandi. Caranya sama seperti memasang handle. Anda cukup membuat lubang kecil pada kusen sebagai tempat sekrup. Kemudian pasang sekrup pada lubang tersebut.

memasang slot pintu kamar

 

Demikian beberapa cara memasang pintu kamar mandi anti ribet, tanpa tukang. Anda juga dapat menerapkannya sendiri di rumah. Tentu dengan tetap memperhatikan dan mengedepankan keamanan diri sendiri maupun orang lain agar tercipta berbagai kemudahan yang mampu meningkatkan kenyamanan Anda maupun keluarga dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.

Agar pintu Anda lebih bagus, pastikan memilih handle pintu yang serasi. Dapatkan handle pintu kekinian di Vinindo Corporation. Tersedia berbagai jenis dan model handle pintu yang terbuat dari bahan berkualitas dan dijamin produk asli. Vinindo Corporation merupakan peraih Top Brands Award 2022. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK