06 May 2022

Tips Menata Ruangan Rumah Anda

Tips Menata Ruangan Rumah Anda

Menata ruangan rumah memang tak semudah yang dipikirkan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari penempatan perabotan rumah, pemilihan furniture yang cocok dengan desain rumah, menata letak furniture dan masih banyak lagi. Semua hal tersebut dilakukan demi mendapatkan ruangan yang tampak menarik dan nyaman untuk dihuni.

Jika ruangan terlihat rapi dan tertata, maka penghuninya akan merasa nyaman dan dapat meningkatkan mood mereka ketika berada di dalam rumah. Karena hal tersebut, tidak heran jika banyak orang memilih untuk mencari jasa interior rumah yang profesional untuk mendesain interior ruangan di rumah mereka agar sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki cukup dana untuk menyewa jasa desainer interior, karena biayanya yang tergolong mahal. Jika Anda salah satunya, maka tidak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa membuat ruangan di rumah Anda terlihat menarik dan nyaman dengan beberapa tips menata ruangan rumah di bawah ini.

1. Tips Mengatur Ruangan yang Sempit

Yang pertama adalah tips mengatur ruangan yang sempit. Seperti yang kita tahu, salah satu tantangan yang sering dihadapi ketika ingin memiliki ruangan yang menarik dan tertata rapi adalah luas ruangan yang sempit. Akibat sempitnya ruangan, kita tidak bisa leluasa mendekorasi ruangan sesuka hati.  Salah penataan sedikit saja maka ruangan justru akan  terlihat penuh sesak dan tidak menarik.

Meski begitu, bukan berarti ruangan sempit tidak dapat terlihat menarik. Untuk menata ruangan yang sempit, sebenarnya kunci utamanya adalah dengan mengoptimalkan setiap sudut ruangan agar tidak ada yang tidak termanfaatkan dengan baik. Anda bisa memanfaatkan area dinding untuk memajang televisi ataupun peralatan elektronik lain daripada harus menggunakan rak khusus yang memakan banyak tempat.

Selain itu, Anda juga bisa menempatkan cermin di beberapa titik ruangan agar membuat ruangan terkesan lebih luas dan estetik. Dan yang paling penting adalah memilih furniture yang praktis dan ringkas dengan warna yang cerah sehingga ruangan bisa terlihat lebih lapang dan tidak penuh.

Untuk tips lebih lengkap lagi, simak ulasannya pada artikel berikut ini, Tips Mengatur Ruangan yang Sempit.

2. Ide agar kamar tidur bisa menjadi lebih besar dan bagus

Kamar tidur yang terlihat sempit terkadang bukan disebabkan karena luas kamarnya, namun karena pemilihan barang-barang atau perabotan yang ada di dalam kamar tidak sesuai dengan luas kamar itu sendiri sehingga memberikan kesan yang penuh sesak atau padat.

Cobalah untuk menggunakan tempat tidur bertingkat atau yang terdapat tempat penyimpanan di bawahnya sehingga dapat memaksimalkan ruang penyimpanan. Selain itu, kamu juga bisa memilih jenis lemari yang dapat menyatu dengan dinding agar lebih efisien tempat. Kedua cara tersebut dapat membuat kamar tidur menjadi lebih besar dan menarik.

Simak ide-ide menarik lainnya pada artikel berikut ini, Ide agar Kamar Tidur bisa menjadi Lebih Besar dan Bagus.

3. Cara Jitu Menata Kamar Tidur Anda agar Terlihat Rapi dan Nyaman

Setiap orang pasti ingin tidur di dalam kamar tidur yang rapi dan nyaman, Namun ada banyak orang yang malas atau mungkin tidak sempat merapikan kamar tidur karena kesibukan tertentu. Padahal menjaga kamar tidur tetap rapi dan nyaman memiliki banyak manfaat bagi penghuninya lho. Mulai dari membuat rileks, mampu meningkatkan kualitas tidur, hingga memberikan aura positif.

Nah agar kamar tidur senantiasa rapi dan nyaman, sebaiknya siapkan waktu minimal hanya 10 menit sehari untuk membersihkannya. Sesibuk apapun Anda, waktu 10 menit tentu masih bisa kamu sisakan untuk sekedar menyapu setiap sudut kamar dan membuang sampah-sampah yang ada di kamar.

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan barang yang jarang dipakai. Daripada barang-barang tersebut berserakan di kamar Anda dan mengganggu pemandangan, lebih baik sediakan tempat untuk menyimpannya, sehingga kamar terlihat lebih rapi dan nyaman. 

Simak cara-cara jitu dalam penataan kamar lebih lengkap lagi pada artikel berikut ini, Cara Jitu Menata Kamar Tidur Anda agar Terlihat Rapi dan Nyaman.

4. Tips Membuat Ruangan Kerja Di Rumah

WFH ataupun remote working kini sedang diminati oleh kalangan milenial karena mereka dapat bekerja di rumah ataupun di tempat lainnya tanpa harus pergi ke kantor. Nggak heran jika saat ini ada banyak orang yang ingin memiliki ruangan kerja sendiri di rumah. 

Jika Anda salah satunya, maka pastikan anda memasukan beberapa komponen penting ke dalam ruangan kerja di rumah Anda. Mulai dari meja dan kursi kerja yang nyaman hingga kabel ekstensi yang merupakan kebutuhan penting di dalam sebuah ruangan kerja.

Selain itu, ruang kerja yang baik juga wajib memiliki pencahayaan yang baik. Sebab pencahayaan yang baik merupakan kunci meningkatkan produktivitas dan penampilan Anda saat harus melakukan Zoom meeting dan rumah. 

Sebagai tipsnya,  Anda bisa memanfaatkan pencahayaan alami dengan memilih area dekat jendela untuk dijadikan ruang kerja. Dengan begitu, sumber pencahayaan dan sirkulasi udara bisa lebih maksimal. Selain itu, Anda juga bisa memilih rak dan kabinet yang sesuai untuk menyimpan file-file, buku ataupun dokumen penting sehingga ruang kerja terlihat lebih tertata dan rapi.

Simak tips-tips menciptakan ruangan kerja yang nyaman di rumah lebih lengkap lagi pada artikel berikut ini, Tips Membuat Ruangan Kerja Di Rumah.

5. Tips Membuat Ruang Tamu Kecil Tampak Lebih Besar

Ruang tamu merupakan tempat yang diciptakan untuk menerima tamu yang datang ke rumah. Tidak heran jika pemilik rumah ingin memiliki ruang tamu yang bersih, rapi dan menarik. Namun lagi-lagi banyak yang menyalahkan ukuran ruang tamu yang sempit sebagai penyebab ruang tamu tidak bisa terlihat menarik. 

Padahal ada banyak tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat ruang tamu kecil tampak lebih besar lho. Diantaranya :

  • Mengaplikasikan Warna Netral

Warna netral seperti warna putih, krem, atau abu-abu terang merupakan pilihan yang tepat untuk ruangan yang sempit karena bisa memberikan kesan yang lebih luas dan cerah pada ruangan. Warna netral ini bisa Anda aplikasikan pada dinding ataupun perabotan seperti sofa ataupun meja yang ada di ruang tamu.

  • Tempatkan Cermin

Anda juga bisa menempatkan cermin besar di salah satu sisi ruang tamu Anda. Cermin yang memantulkan cahaya dapat membuat ruang tamu terlihat menjadi lebih cerah dan tampak lebih luas.

  • Pilih Furniture yang Ringan

Sebaiknya Anda memilih furniture yang memiliki tampilan yang ringan. Furniture yang ringan ini bisa dilihat dari warna, ukuran dan juga desainnya yang ringkas. Ada baiknya memiliki furniture seperti kursi, meja ataupun rak yang memiliki kaki dan berwarna soft, karena model perabotan tersebut mampu menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

Simak tips membuat ruang tamu kecil tampak lebih besar lebih lengkap lagi pada artikel berikut ini, Tips Membuat Ruang Tamu Kecil Tampak Lebih Besar

Nah itu dia beberapa tips menata ruangan rumah Anda yang bisa dicoba agar penampilan interior rumah Anda menjadi lebih menarik. Rumah yang kecil bukan berarti Anda tidak bisa memiliki ruangan yang menarik di dalamnya, dengan tips menata ruangan seperti kamar tidur, ruang kerja hingga ruang tamu agar tampak lebih luas di atas, Anda bisa tetap nyaman dan lebih percaya diri meski hanya memiliki rumah yang kecil. 

Dalam melakukan penataan sebuah ruangan, tentunya Anda membutuhkan beberapa alat pertukangan untuk menyelesaikannya. Percayakan kebutuhan alat pertukangan Anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam alat pertukangan dengan berbagai macam model. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK