19 Apr 2021 Perhatikan Cara Memasang atau Mengganti Engsel Pintu yang Benar

Perhatikan Cara Memasang atau Mengganti Engsel Pintu yang Benar

Engsel merupakan salah satu bagian dari pintu yang sangat penting. Tanpa ada bagian ini sebuah pintu tidak dapat digunakan dan terpasang dengan baik. Keduanya merupakan sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. 

Hampir setiap jenis pintu pasti menggunakan engsel pada bagian ujungnya untuk membuat pintu tersebut bisa dibuka atau ditutup. Untuk proses pemasangan maka anda membutuhkan tukang khusus yang sudah terbiasa untuk melakukan pekerjaan ini. Namun jika anda sulit menemukan tukang tersebut maka anda sendirilah yang harus memasang atau memperbaikinya.

Memasang atau mengganti engsel pintu bisa dimulai dengan memastikan letak dari engsel dan pintu itu sendiri. Proses pemasangan bisa berlanjut dengan memperhatikan beberapa hal penting. Hal tersebut sangat perlu untuk diperhatikan agar proses pemasangan bisa lebih tepat dan cepat. 

1. Letak Engsel 

Engsel yang digunakan minimal terdiri dari 2 buah yang diletakkan secara terpisah. Unsur pertama terletak 17,5 cm dari bagian atas pintu dan satu lagi berjarak 27,5 cm dari bagian bawah kusen. Untuk melakukan pemasangan anda bisa mengukur jarak tersebut kemudian menandainya terlebih dahulu. 

2. Cara Memasang

Tempelkan sayap engsel atau pelat dengan bentuk mendatar pada posisi yang sudah ditandai sebelumnya. Tanda tersebut bisa dibuat dengan menggunakan pensil dengan pola seperti bentuk asli dari engsel misalnya persegi panjang. Buatlah sedikit coakan pada pola dengan menggunakan tatah dan palu untuk memasang atau mengganti engsel pintu sehingga engsel bisa rata dengan permukaan pintu. 

3. Membuat Lubang Sekrup

Untuk mempermudah pembuatan lubang sekrup maka sebaiknya buat pola atau tanda terlebih dahulu dengan menggunakan engsel tadi. Tempelkan pada coakan dan gambar pola sesuai lubang pada engsel. Barulah buat lubang menggunakan obeng pada titik tersebut untuk memasang sekrup. Pastikan posisinya tepat dan tidak meleset. 

4. Menyambung Daun Pintu dan Kusen 

Tahap ini perlu dilakukan dengan menahan daun pintu hingga sayap engsel bertemu dengan kusen. Jika perlu gunakan ganjal bawah pintu untuk lebih memudahkannya. Hal ini bisa dilakukan untuk memastikan kedua engsel bisa menyatu dengan baik. Pastikan buku engsel sejajar untuk memudahkan memasukkan pin saat memasang atau mengganti engsel pintu. 

5. Mencoba Setelah Pemasangan 

Jika pin engsel sudah dimasukkan pada bukunya maka anda bisa mengecek dan mencoba menggerakkan pintu. Hal ini sangat perlu diperhatikan karena bisa menentukan apakah engsel terpasang dengan baik atau tidak. Jika engsel sudah bekerja dengan baik maka anda sudah bisa menggunakannya.

6. Selalu Gunakan Pengganjal 

Jika sedang memasang atau mengganti engsel pintu selalu gunakan pengganjal khusus terutama pengganjal pintu. Pada saat mengganti maka hal ini akan memudahkannya tanpa perlu memindahkan daun pintu. Selain itu, hal ini akan menahan pintu agar tidak terjatuh saat sedang membuka atau memasang engsel. 

7. Mulai Dari Atas 

Untuk menggantinya anda bisa memulainya dari bagian atas terlebih dahulu dengan melepaskan sekrupnya. Lakukan dengan hati-hati dan pastikan kondisi di sekitarnya tidak ikut rusak karena bagian engsel dibuka. Bukalah dan periksa jika terdapat kerusakan pada bagian lain yang bisa saja membuat engsel ikut rusak dan tidak terpasang dengan baik. 

8. Perhatikan Pemasangan Engsel Baru

Jika anda mengganti engsel dengan yang baru maka pastikan ukurannya sama dengan sebelumnya. Namun jika terpaksa menggunakan ukuran yang berbeda maka pastikan lubang pada sekrup anda sesuaikan. Anda bisa menambahkan dempul lalu menghampelasnya. Memasang atau mengganti engsel pintu yang baru harus hati-hati agar tidak longgar.  

Terlebih jika ukuran engsel baru sangat berbeda terutama jika lebih kecil. Anda harus selalu memastikan colokan dibuat sama dengan ukuran sayap engsel yang akan dipasang. Selalu ukur dan buat pola sebelumnya agar tidak salah ukuran dan tidak menjadi sulit saat memasangnya. 

9. Buku Engsel 

Buku engsel pada bagian pintu luar harus terletak di dalam rumah agar tidak dibobol oleh maling dengan melepaskan engselnya terlebih dahulu. Sayap engsel dengan buku engsel yang paling banyak harus dipasang pada bagian kusen pintu. Selebihnya perlu dipasang pada bagian pintu untuk menyesuaikan. 

Posisi buku engsel harus disesuaikan dengan kebutuhan karena jangan sampai menimbulkan risiko yang cukup berat. Selain itu, pemasangan buku harus sejajar satu sama lain sehingga pin bisa lebih mudah untuk dimasukkan dalam memperkuat engsel tersebut. Gunakan penahan khusus agar pemasangan bisa lebih mudah dan cepat. 

Beberapa hal diatas sangat perlu anda perhatikan dalam memasang atau mengganti engsel pintu. Cara memasangnya secara umum akan mudah untuk dipahami. Namun banyak hal yang harus diperhatikan sebelumnya agar pemasangan bisa lebih cepat tanpa tergesa-gesa. Dengan begitu engsel bisa terpasang dengan tepat dan pintu bisa digunakan. 

 

 

 

Share this article
BACK