20 May 2022

Tips Merawat Setiap Bagian Rumah Supaya Awet Terjaga

Tips Merawat Setiap Bagian Rumah Supaya Awet Terjaga

Kebiasaan merawat rumah termasuk sebagai aktivitas krusial yang harus dilakukan setiap orang. Pada dasarnya kediaman memiliki fungsi yang begitu penting. Terutama supaya bisa selalu rapi dan bersih bagi penghuni.

Belum lagi kalau sering kedatangan tamu sehingga keadaan rumah wajib terjaga. Kita harus membuat semua orang nyaman serta betah di dalamnya. Apalagi dapat menunjukkan kalau kualitas kesehatan disana terjamin.

Menjaga keawetan juga tergolong sebagai usaha paling penting untuk pemilik kediaman. Terlebih banyak uang yang dipakai untuk membangun rumah tersebut. Jadi, tidak boleh kurang perawatan yang menyebabkan masalah lanjutan.

Pentingnya Menghemat Tenaga Listrik Dalam Rumah Tercinta

Definisi hemat energi yaitu kesadaran seseorang dalam pemakaian daya listrik. Terutama dalam masa digital yang penggunaannya terlalu melimpah. Tentu bisa mengganggu perekonomian sehingga wajib pandai menghematnya.

Salah satu alasan kenapa penting menghemat energi yakni agar tidak muncul pencemaran sampai kerusakan. Terlebih disebabkan harus menggunakan PLTU atau PLTA. Belum lagi Anda bisa sekaligus menghemat pengeluaran listrik.

1. Mematikan Lampu Saat Siang

Melihat pentingnya menghemat tenaga listrik, menjadi pertimbangan krusial dalam rumah. Tips hemat yang penting Anda jalankan yaitu mematikan lampu saat siang. Kemudian jangan melupakan mengganti menjadi smart lamp LED.

2. Pemakaian Setiap Alat Elektronik Harus Tepat

Selanjutnya dalam pemakaian setiap alat elektronik, pastikan melakukan penggunaan tepat. Misalnya kulkas harus pada suhu ideal, begitu juga perlu mematikan microwave. Tidak ketinggalan mematikan pompa air kalau penuh.

3. Memanfaatkan Cahaya Matahari dan Angin Alami

Trik penting lainnya adalah memanfaatkan cahaya matahari dan angin alami setiap hari. Tujuannya agar tidak perlu menyalakan lampu atau kipas angin. Jangan ketinggalan, pastikan selalu membeli alat elektronik hemat energi.

Simak: 25 Tips Membuat Rumah Menjadi Hemat Energi Listrik

 

Prosedur Perawatan Jendela Kayu Supaya Selalu Bagus

Setiap rumah pastinya memiliki jendela dan tidak jarang dalam jumlah banyak. Tidak heran jika harus dijaga dengan maksimal bagi setiap penghuni. Apalagi fungsi jendela bisa untuk fungsional maupun estetis sekaligus.

Bisa dibilang jendela sangat krusial karena bisa membuat cahaya keluar optimal. Belum lagi akan ditutup buka setiap hari sehingga harus selalu terjaga. Terutama dengan selalu menyiapkan bahan jendela terbaik.

1. Memilih Bahan Anti Rayap

Berkaitan dengan cara merawat jendela kayu, dapat dimulai dengan memilih bahan anti rayap. Semua kayu pasti bisa terkena rayap sehingga wajib menyiapkan perlindungan. Tidak lain dari cat kayu berkualitas tinggi.

2. Membersihkan Jendela Dengan Cairan serta Lap

Selain itu jangan melupakan kalau setiap beberapa waktu membersihkan jendela dengan cairan serta lap. Pastikan juga memakai cairan khusus supaya lebih mengkilap. Hindari air karena bisa menyebabkan munculnya jamur.

3. Menghindari Goresan

Prosedur lainnya dalam menjaga jendela kayu yaitu memahami cara menghindari goresan. Begitu juga berkaitan dengan langkah mengecat ulang permukaan. Kalau perlu selalu menambah beberapa bagian yang sudah dirasa berlubang.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap lagi, silahkan cek artikel berikut ini, Cara Merawat Jendela Anda agar Tetap Bagus

 

Alasan Mengecat Ulang Bagian Rumah Dianggap Penting

Salah satu cara terbaik membuat rumah semakin terjaga memang dengan mengecat ulang. Ternyata manfaat mengecat ulang cukup melimpah dan sangat diwajibkan. Terutama dalam maksud mempertahankan keawetan sampai keindahan rumah.

Ketahanan bisa dibilang perlu Anda update supaya masalah tidak muncul. Apalagi kalau berkaitan dengan langkah melindungi sinar matahari terik. Jika terus menerus dicat ulang, ada peluang ketahanan puluhan tahun bertambah.

Apalagi ternyata terdapat manfaat bagus pada kesehatan yaitu dari debu. Pada dasarnya setelah sekian lama terpasang, cat bisa menangkap debu dari kediaman. Tentunya memiliki dampak buruk karena mengandung banyak kuman.

Belum lagi jika terdapat pada zona lembab, ada kemungkinan pertumbuhan jamur. Inilah tujuan terbaik mengecat ulang supaya jamur dan debu terhempas. Hal ini ternyata juga ampuh mengatasi lembabnya cat rumah.

Sementara itu berkaitan dengan frekuensi, ada baiknya dilakukan 5-7 tahun sekali. Memang banyak cat menyebut bisa tahan lebih dari 10 tahun. Meski begitu akan lebih baik mencegah dalam waktu dekat.

Sebenarnya dapat dibedakan tergantung spot cat Anda pasang, begitu juga tipe bahannya. Tempat rumah Anda berdiri juga mempengaruhi frekuensi. Jadi, bisa 2-3 tahun kalau dekat jalan dan ada iklim buruk.

Cari tahu alasan lebih lengkapnya pada artikel berikut ini, Pentingnya Mengecat Ulang Bagian-bagian Rumah

 

Daftar Proses Perawatan Rumah Tahunan Paling Krusial

Melakukan perawatan rumah terkadang dianggap sebagai hal yang merepotkan. Padahal tidak perlu dilakukan setiap hari melainkan tahunan juga bisa. Apalagi berkaitan dengan menjaga sektor yang dianggap bersifat krusial.

Salah satu proses merawat tersebut yaitu berhubungan dengan mengecek kondisi rumah. Anda wajib melihat atap, dinding, saluran air dan listrik. Tentu hal ini dimaksudkan supaya tidak terjadi kebocoran di dalamnya.

Umumnya berkaitan dengan air dan listrik, harus dilakukan oleh ahlinya langsung. Tujuannya supaya bisa mengecek secara detail karena cukup ahli. Belum lagi bisa melakukan pencegahan maupun memperbaiki kerusakan lanjut.

Kemudian jangan lupa selalu melihat keadaan perabot rumah tangga dan elektronik. Tentunya dengan maksud mengetahui supaya fungsinya masih bagus. Tidak ada salahnya untuk diganti apabila sudah tua dan menurun kerjanya.

Proses grooming kediaman lainnya yakni mulai menyortir barang kurang perlu. Apalagi kalau dikumpulkan dalam waktu lama pasti menjadi kurang berguna. Jangan lupa bagian luar seperti taman juga perlu diperhatikan keadaannya.

Simak artikel berikut untuk menambah informasi proses perawatan rumah tahunan, List Perawatan Rumah Yang Harus Anda Lakukan Tiap Tahun

 

Pilihan Variasi Cat Pagar Supaya Nuansanya Kuat

Pagar merupakan bagian rumah yang begitu penting karena manfaat estetika dan keamanan. Tidak heran kebanyakan kediaman sudah memiliki pagar sendiri. Supaya tambah bagus, pastinya penting untuk melakukan mengecat seluruhnya.

Sekarang terdapat beberapa variasi cat bagus seperti sintetis dan aluminium. Kalau cat sintetis memiliki warga begitu pekat dan kering sangat cepat. Sedangkan aluminium punya hasil perak sehingga menguatkan visualnya.

Variasi cat bagus lainnya yaitu epoxy, efek khusus, kayu atau duco. Kalau berbicara epoxy terkenal karena tahan terhadap panas. Sementara itu jika efek khusus, sesuai namanya mengeluarkan motif dan tekstur.

Selain memilih jenisnya, pastikan untuk mempertimbangkan warna apa yang diinginkan. Misalnya seperti Super Black dan Gold sebagai pilihan utama. Tentunya sangat elegan dan begitu cocok pada setiap pagar rumah.

Rekomendasi lainnya yaitu grey atau abu-abu di mana tergolong paling natural. Tapi jika ingin berbeda, dibolehkan juga memilih warna pink. Tapi tetap disarankan berdasarkan model, tema serta nuansa kediaman Anda.

Simak variasi lainnya pada artikel berikut, Variasi Cat Pagar agar Terlihat Kuat

 

Tips Memperbaiki Pintu dan Jendela dari Kerusakan

Walau memiliki rumah modern, bukan berarti meninggalkan pemakaian kusen kayu. Terutama untuk bagian pintu maupun jendela dalam kediaman. Tidak heran penting untuk Anda memahami apa saja penyebab rusaknya kusen rumah.

Salah satu alasan kenapa kusen mengalami kerusakan yaitu karena salah memilih bahan. Kalau terlalu muda ada kemungkinan nantinya kurang kuat. Termasuk sulit dibentuk dan kurang maksimal dipakai dalam kediaman.

Kerusakan lainnya yakni disebabkan karena kurang berhati-hati saat instalasi pada rumah. Begitu juga pemilihan paku salah dari tukang yang memasang. Jadi, pastikan hanya dilakukan oleh tenaga ahli supaya sempurna terpasang.

Kalau sudah terlanjur rusak dan ingin memperbaiki sendiri, Anda bisa mencoba persiapan dulu. Misalnya membeli dempul, amplas sampai kuas dari toko bangunan. Tidak ketinggalan plitur sebagai tambahan utamanya disini.

Dalam memperbaiki, pastikan untuk mencari bagian retak dan menutup dengan dempul. Kemudian wajib menunggu sampai mengeras lalu bisa merapikannya. Selanjutnya tinggal Anda amplas dan mewarnai lagi dengan cat kayu.

Bergam trik perawatan tersebut pada dasarnya harus dilakukan setiap pemilik rumah. Terutama kalau ingin kediamannya selalu bagus dan terlihat terjaga. Terlebih iklim Indonesia memiliki cuaca yang kadang kurang bersahabat.

Selain itu penting supaya memahami detail yang perlu dilakukan setiap beberapa waktu tertentu. Baik harian bahkan yang terlama hingga tahunan. Kemudian cantiknya rumah pribadi akan terjaga awet sampai puluhan tahun.

Simak cara perbaikannya lebih lengkap lagi pada artikel berikut, Cara Memperbaiki Kusen Pintu dan Jendela yang Rusak

Dalam melakukan perawatan setiap bagian rumah, tentunya Anda membutuhkan beberapa alat pertukangan untuk menyelesaikannya. Percayakan kebutuhan alat pertukangan Anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam alat pertukangan dengan berbagai macam model. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK