19 May 2022

Fungsi Hak Angin Pada Pintu Selain untuk Membuka Jendela

Fungsi Hak Angin Pada Pintu Selain untuk Membuka Jendela

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa fungsi utama dari pintu adalah jalan keluar masuk sebuah ruangan atas sebuah bangunan sedangkan jendela adalah saluran masuknya cahaya dan sirkulasi udara.

Tahukah Anda bahwa ternyata fungsi dari pintu serta jendela tidak hanya itu-itu saja bahkan juga sangat memiliki manfaat untuk estetika. Beberapa orang memilih pintu dengan desain tertentu sebagai penguat identitas bangunan atau pembeda dengan rumah-rumah lainnya.

Pintu dan juga jendela bisa dijadikan sebagai ciri suatu bangunan sehingga tak heran beberapa orang tetap menggunakan jasa arsitek untuk menggabungkan interior dan eksterior dengan pemilihan bentuk pintu serta jendela yang unik.

Pintu dan jendela juga memiliki fungsi sebagai penghubung dan juga pelindung karena bisa dibuka dan ditutup saat dibutuhkan dan tentu diperlukan hak angin untuk melakukan aktivitas tersebut. Pintu dan jendela perlu dirancang serta dipasang dengan baik untuk mendapatkan fungsi yang maksimal.

Sebenarnya jika Anda ingin memasang hak angin atau kait angin maka Anda bisa melakukannya sendiri karena cara memasangnya juga cukup mudah. Hak angin juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting yaitu untuk membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Seperti Apa Hak Angin Pada Jendela dan Pintu?

hak angin vintage

Seperti pembahasan di atas di mana jendela dan pintu memiliki fungsi yang cukup penting, selain untuk estetika, pintu dan jendela memiliki fungsi vital dalam sebuah bangunan. Selain untuk akses keluar masuk, itu juga mengatur sirkulasi udara dan cahaya.

Begitu juga dengan jendela dimana Anda bisa mengatur pencahayaan ketika di siang hari untuk meminimalisir adanya penggunaan cahaya lampu. Selain itu keduanya juga berfungsi untuk menjaga privasi sehingga tidak heran beberapa orang memilih pintu dan jendela berbahan kokoh.

Begitu juga dengan hak angin di mana orang-orang akan memilih hak angin yang cukup kuat baik saat penggunaan pintu kaca atau jendela kaca hingga kayu. Untuk Anda yang masih sangat asing dengan istilah hak angin, mungkin Anda bisa menyebutnya sebagai kait angin.

Jadi hak angin juga biasa disebut sebagai angin di mana merupakan salah satu aksesoris yang biasanya dipasang pada jendela agar jendela bisa ditutup atau dibuka ketika dibutuhkan. hak angin ini juga memiliki bentuk yang beragam jadi Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Bahan yang digunakan juga beragam nama umumnya berbahan stainless, beberapa orang juga menyebutnya sebagai penahan jendela karena memang fungsinya untuk membuat jendela terbuka ketika dibutuhkan.

Apa Saja Fungsi Hak Angin Pada Jendela dan Pintu?

hak angin jendela vintage

Seperti pembahasan di atas di mana angin ini memiliki fungsi untuk membuka tutup jendela agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik. Adanya hak angin pada jendela membuat Anda bisa menutup pintu dan membiarkan udara masuk melalui jendela.

Sehingga privasi lebih terjaga dan lebih aman di mana hanya bagian kecil dari rumah yang terbuka, berbeda ketika pintu terbuka di mana tingkat keamanan menjadi lebih rendah. Sedangkan ketika Anda membuka jendela saja, maka sirkulasi tetap terpenuhi namun lebih aman.

Tidak hanya untuk keluar masuknya sirkulasi udara namun jendela yang terbuka membuat pencahayaan lebih baik. Anda bisa mematikan lampu di siang hari dan menggunakan cahaya matahari yang menembus atau melewati jendela.

Jadi fungsi dari hak angin cukup beragam di mana Anda tidak perlu membuka pintu untuk membuat angin dan cahaya masuk, namun cukup membuka jendela dengan mengaktifkan fungsi dari hak angin tersebut.

Jika Anda ingin memasang hak angin maka pilihlah yang berbahan dasar stainless steel karena tidak mudah berkarat dan lebih kuat agar Anda bisa menyangga daun jendela rumah tanpa rasa was-was dan tahan lama.

Jika Anda membutuhkan hak angin yang berkualitas, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Kami menjual produk dengan kualitas terbaik. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Related Articles

Share this article
BACK