28 Jun 2022

Ketahui Alat Perkakas yang Harus Dimiliki Bengkel!

Ketahui Alat Perkakas yang Harus Dimiliki Bengkel!

Pemeliharaan berbagai mesin kendaraan tentu perlu menggunakan berbagai perlengkapan dan kelengkapan yang sesuai. Tidak semua kendaraan bermesin memiliki masalah vital dengan penanganan berlebih. Terkadang, ada beberapa masalah pada mobil yang hanya perlu dicek karena kurang kencangnya beberapa item seperti mur dan baut. 

Untuk dapat mengatasi berbagai hal tersebut, perlu dilakukan pengecekan secara mandiri dan berkala. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki peralatan bengkel multifungsi untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan mesin kendaraan. Lalu apa saja peralatan perkakas yang harus selalu dimiliki bengkel? Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

1. Dongkrak

Sumber : https://www.freepik.com/ 

Dongkrak dan kursi roda menjadi salah satu alat wajib yang ada di dalam mobil. Fungsi utama alat ini khususnya dapat digunakan ketika kaki ban mobil mengalami masalah. Dongkrak dapat mengangkat bodi mobil ketika keadaan darurat. Sementara itu, kunci roda dapat digunakan untuk membuka mur baut pada pelek roda.

2. Kunci Pas dan Kunci Ring

Set of tools in a tool kit isolated Free Photo

Sumber : https://www.freepik.com/ 

Kunci pas dan kunci ring memiliki fungsi yang sama untuk dapat digunakan membuka mur dan baut. Biasanya, kunci pas dan kunci ring terdiri dari satu kunci yang saling berlawanan. Ukuran kunci tersebut biasanya berkisar antara 6-7 dan 30-32.

3. Kunci Inggris

Sumber : https://www.freepik.com/ 

Kunci inggris umumnya memiliki fungsi yang sama seperti kunci pas maupun kunci ring yaitu untuk membuka mur dan baut. Perbedaannya, kunci inggris memiliki rahang yang dapat disesuaikan dan juga berguna untuk membuka mur dan baut yang ukurannya tidak ada pada kunci pas atau kunci ring.

Dilansir dari website blibli.com, kelebihan dari kunci inggris adalah lebar kunci yang bisa diatur. Satu kunci inggris bisa menggantikan beberapa ukuran kunci pas sekaligus.

4. Kunci Busi

Kunci busi merupakan alat khusus karena bentuknya yang universal atau sama. Fungsi utama kunci busi adalah untuk memudahkan membuka dan mengencangkan busi pada mesin.

5. Kunci L

Kunci L atau Allen Key merupakan jenis kunci dengan bentuk seperti huruf L. Fungsi kunci ini adalah untuk membuka dan mengencangkan baut dengan kepala persegi empat atau enam dan menjorok ke dalam. Umumnya terdapat beberapa ukuran kunci L, yaitu 2 mm hingga 22mm.

6. Obeng

Obeng merupakan salah satu jenis alat yang telah cukup banyak dimiliki. Salah satu jenis obeng yang digunakan untuk membuka baut adalah obeng dengan mata berjenis minus dan plus atau kembang. Meskipun demikian, ada baiknya obeng Anda memiliki material kokoh dan presisi untuk membuka, mengencangkan baut agar tidak cepat rusak.

7. Tang

Tang memiliki fungsi umum untuk memegang, mencabut, memotong, hingga memutar dan melonggarkan benda kerja. Meskipun demikian, spesifikasi fungsi tang sangat dipengaruhi oleh variasi jenisnya yang beragam.

8. Cairan pembersih

Cairan pembersih dan pelumas umumnya memiliki banyak fungsi. Beberapa fungsi dari cairan tersebut adalah untuk menghilangkan kelembaban, melumasi, membersihkan, menetrasi, melindungi, hingga mampu menghilangkan karat.

9. Kabel jumper

Kabel jumper merupakan salah satu jenis peralatan yang umumnya digunakan untuk menjadi media suplai listrik dari aki mobil satu ke aki mobil lainnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan mobil pada bagian aki. 

Cara kerjanya cukup mudah, tetapi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kabel kubu positif dan negatif terlebih dahulu karena akan sangat berbahaya jika sampai terjadi kesalahan.

10. Towing hook

Towing hook merupakan salah satu peralatan bengkel yang penting untuk dimiliki dan perlu selalu Anda persiapkan. Alat ini dapat digunakan jika kendaraan mobil tidak lagi dapat menyala atau beroperasi namun harus segera dibawa ke bengkel. Towing hook dapat memudahkan Anda dalam menarik mobil hingga sampai ke bengkel terdekat.

 

Demikian penjelasan mengenai beberapa alat perkakas yang perlu dimiliki bengkel. Semoga, artikel tersebut dapat membantu Anda dalam menentukan berbagai perkakas pilihan.

Setelah mengetahui alat perkakas yang harus dimiliki untuk kebutuhan bengkel, kini saatnya Anda mendapatkan alat-alat tersebut dengan kualitas terbaik. Temukan alat-alat perkakas di Vinindo Corporation. Kami menyediakan alat perkakas dengan lengkap. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK