02 May 2022

Simak! Cara Praktis Menghitung Kebutuhan Material!

Simak! Cara Praktis Menghitung Kebutuhan Material!

Meningkatnya kebutuhan properti akhir-akhir ini, khususnya di kota-kota besar, tentu perlu diiringi dengan adanya perencanaan pembangunan yang baik. Karenanya Anda perlu lebih dahulu melakukan penghitungan kebutuhan material untuk dapat memudahkan alokasi keuangan pada berbagai kegiatan pembelian material maupun berbagai barang penunjang yang diperlukan untuk memaksimalkan proses pembangunan.

Terdapat beberapa cara menghitung kebutuhan material bangunan yang bisa Anda cari berdasarkan masing-masing item pekerjaan yang dilakukan. Seperti contoh misalnya pada sebuah pekerjaan dinding batu bata maka akan ada rincian pemasangan dan penataan batu bata, plester, aci, dan pengecatan. Kemudian pada setiap item pekerjaan perlu dicari volume dan analisis harga satuan bangunan untuk melihat persentasi penggunaan material. 

Artikel berikut akan membahas mengenai beberapa informasi seputar cara praktis untuk dapat menghitung kebutuhan material yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi simak terus pembahasannya sebagai berikut.

Data Menghitung Kebutuhan Bangunan

Anda dapat mulai melakukan persiapan berbagai kebutuhan material dengan cara mendata berbagai kebutuhan bangunan kemudian membuat rancangan analisis terhadap berbagai persiapan proses pembangunan yang akan dilaksanakan. Contoh kegiatan tersebut dapat diketahui pada penjelasan berikut.

  1. Menyusun pertanyaan mengenai apa saja pekerjaan yang perlu dilakukan dalam proses pembangunan.

  2. Mendata rincian kegiatan pekerjaan pembangunan.

  3. Menghitung jumlah volume item material bangunan yang dibutuhkan. 

  4. Data analisa harga satuan pekerjaan dapat menggunakan berbagai jenis standar kualitas, seperti SNI atau Standar Nasional Indonesia, analisis BOW, dan standar perusahaan atau membuat standar analisa sendiri.

  5. Jumlah volume material bangunan dikalikan analisa harga satuan maka akan diperoleh jumlah material yang dibutuhkan.

  6. Perlu adanya perkiraan safety factor, wise, material terbuang serta angka keamanan yang ditambahkan kedalam hasil akhir perhitungan untuk mengantisipasi kekurangan material.

  7. Setelah mengetahui berapa jumlah material bangunan yang diperlukan, Anda dapat langsung mendatangkan atau membeli di toko bahan bangunan.

Rumus Menghitung Kebutuhan Material Bangunan

Perhitungan bahan bangunan yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu pekerjaan dapat, secara umum dapat dilakukan dengan menggunakan rumus sebagai berikut.

Kmb = Vp x Kms

Keterangan:

Kmb : Kebutuhan material bangunan.

Vp : Volume pekerjaan.

Kms : Kebutuhan material persatuan.

Contoh mengenai Cara Menghitung Kebutuhan Material Bangunan

Sebagai contoh Anda berencana untuk membangun dinding batu bata dengan ukuran lebar 6 m dengan ketinggian 3m. Maka berapa banyak jumlah batu bata yang dibutuhkan dalam proses pembangunan tersebut jika ukuran batu bata panjang x lebar x tinggi adalah 5cm x 10cm x 20cm? Simak penjelasan cara penghitungan kebutuhan material tersebut sebagai berikut.

  • Volume pasangan dinding batu bata : 6m x 3m = 18 m2.

  • Berdasarkan data analisa harga satuan bisa, kebutuhan batu bata per meter persegi adalah 70bh. Karenanya jika Anda perlu mengkalikan hasil volume yang telah dihitung dengan banyaknya kebutuhan material persatuan sebagai berikut.

Kmb = Vp x Kms

70 bh x 18 m2 = 1.260bh batu bata.

  • Berdasarkan hasil penghitungan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa untuk membangun dinding batu bata dengan ukuran lebar 6 m dengan ketinggian 3m, Anda memerlukan 1.260 bh batu bata dengan ukuran panjang x lebar x tinggi 5 cm x 10 cm x 20 cm.

  • Anda juga dapat menggunakan rumus penghitungan material tersebut untuk menghitung berbagai kebutuhan bangunan lain seperti kebutuhan pasir maupun semen.

Demikian beberapa cara praktis untuk menghitung kebutuhan material yang dapat Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya untuk mematangkan perencanaan pembangunan. Akan lebih baik jika Anda juga memiliki daftar berbagai kebutuhan material penting terlebih dahulu dan menetapkan sejumlah anggaran untuk dapat dialokasikan kepada berbagai kebutuhan pembangunan yang akan dilakukan.

Temukan material - material yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari - hari pada toko kami. Dapatkan penawaran harga terbaik serta kualitas material yang terbukti awet. Kami juga merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK