28 Jun 2022

Ingin Tahu Cara Memilih dan Merawat Gergaji? Simak Tips Berikut!

Ingin Tahu Cara Memilih dan Merawat Gergaji? Simak Tips Berikut!

Gergaji adalah salah satu perkakas yang wajib dimiliki. Gergaji menurut wikipedia adalah perkakas berupa besi tipis bergigi tajam yang digunakan untuk memotong atau pembelah kayu atau benda lainnya. Gergaji memiliki beragam jenis dengan fungsi yang berbeda. Supaya Anda dapat mengetahui jenis gergaji apa yang tepat untuk Anda gunakan, Anda perlu mengetahui kebutuhan Anda terlebih dahulu.

Selain mengetahui kebutuhan Anda dan menyesuaikan jenis gergaji yang sesuai dengan kebutuhan, Anda juga perlu mengetahui cara merawat gergaji supaya gergaji yang Anda miliki tetap bisa digunakan dengan baik. oleh karena itu, di bawah ini kami sajikan penjelasan mengenai bagaimana cara memilih dan merawat gergaji yang tepat.

Jenis-Jenis Gergaji dan Fungsinya

Sumber foto: https://www.pexels.com

Terdapat berbagai macam gergaji yang bisa digunakan untuk memotong berbagai benda yang berbeda, simak penjelasannya di bawah ini:

Coping Saw

Coping saw merupakan jenis gergaji yang dapat digunakan untuk memotong bentuk rumit pada bagian yang sempit pada tripleks dan papan. Gergaji ini bentuknya seperti huruf ‘U’ yang akan memudahkan untuk memotong dalam lengkungan atau lekukan. Mata gergajinya dapat diganti jika sudah tumpul atau patah.

Handsaw atau Ripsaw

Gergaji ini khusus digunakan untuk membelah dan memotong balok kayu. Mata gergaji ini terlihat besar seperti pahat yang juga berfungsi untuk mengikis serat kayu. Gergaji jenis ini dirancang untuk memotong kayu yang jalur uratnya searah. Kelemahan jenis gergaji ini adalah mata gergajinya tidak dapat diganti, jadi harus dipertajam menggunakan kikir khusus jika tumpul.

Crosscut Saw

Jenis gergaji ini digunakan untuk memotong kayu secara melintang. Gergaji ini memiliki gigi penyeimbang yang lebih kecil.

Backsaw

Backsaw merupakan gergaji berukuran kecil yang sangat tepat jika digunakan untuk membuat potongan diagonal seperti membuat sambungan bingkai foto atau lemari.

General Purpose Saw

Gergaji jenis ini adalah gergaji yang paling banyak digunakan. Gergaji jenis ini dapat digunakan untuk memotong kayu yang seratnya searah atau melintang. Gergaji ini juga dikenal dengan sebutan keyhole saw, yaitu gergaji yang berukuran kecil untuk memotong bagian yang super sempit.

Hacksaw

Hacksaw merupakan gergaji yang khusus digunakan untuk memotong logam. Gergaji jenis ini juga dapat digunakan untuk memotong plastik atau pipa yang keras. Mata gergaji jenis ini halus, dan jarak antar mata gergajinya pun rapat. Gergaji ini terbuat dari besi baja dan carbon steel. Jika mata gergaji jenis hacksaw ini tumpul, dapat dikikir dan diganti dengan mata gergaji yang baru.

Tips Merawat Gergaji Anda

Sumber foto: https://pixabay.com

Supaya gergaji yang Anda miliki tetap dapat digunakan sewaktu-waktu dan terhindar dari karat, Anda harus merawatnya dengan cara yang baik dan tepat. Berikut ini akan kami jabarkan mengenai cara perawatan gergaji yang sebaiknya Anda lakukan:

  1. Jangan menyimpan gergaji di dalam kotak perkakas karena mata gergaji akan lebih mudah rusak. Gantung gergaji pada dinding.

  2. Lindungi mata gergaji dengan pelindung yang terbuat dari plastik atau bahan-bahan lainnya.

  3. Hindari menggunakan gergaji untuk memotong besi, beton, atau batu untuk menjaga ketajaman mata gergaji. Sebaiknya Anda menyingkirkan paku dari kayu sebelum Anda menggergajinya.

  4. Untuk mencegah karat pada gergaji, gosoklah mata gergaji dengan lilin atau mengoleskan cairan anti karat pada mata gergaji Anda.

Itulah tips mengenai cara memilih dan merawat gergaji yang perlu Anda cermati. Pastikan Anda memilih gergaji yang paling tepat sesuai dengan yang Anda butuhkan dan merawat gergaji tersebut sebaik mungkin supaya tetap awet dan dapat digunakan sewaktu-waktu tanpa perlu mengganti mata gergaji yang rusak. Semoga tips yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Setelah mengetahui jenis-jenis gergaji, fungsi dan tips merawatnya, saatnya Anda menemukan gergaji dengan kualitas terbaik. Anda bisa mendapatkan gergaji tangan di Vinindo Corporation. Kami menyediakan gergaji tangan dengan lengkap. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK