15 Nov 2021

11 Cara Efektif Menjaga Keamanan Rumah Anda

11 Cara Efektif Menjaga Keamanan Rumah Anda

Keamanan rumah merupakan hal yang sangat vital. Rumah yang tidak aman membuat penghuninya merasa tidak nyaman. Terlebih jika rumah tersebut sering Anda tinggal keluar kota. Pastinya Anda merasa ada yang janggal pada rumah Anda.

Bermacam cara dibawah ini yang dapat Anda coba untuk menjaga keamanan rumah Anda. Yuk, simak caranya.

Selalu Kunci Pintu dan Jendela Rumah

Tanamkan kebiasaan jika keluar masuk rumah wajib mengunci pintu. Kebiasaan ini akan menghindarkan Anda dari kecerobohan yang mengakibatkan rumah Anda kemalingan. Jangan lupa juga kunci jendela dan pasang teralis yang kuat agar tidak bisa dicongkel oleh maling.

Pasang Kamera CCTV

Pemasangan kamera CCTV dapat membantu Anda lebih mudah mengawasi rumah kapanpun, dan dimanapun. Letakkan kamera CCTV pada jalur masuk ke rumah dan pastikan tempatnya tersembunyi agar tidak bisa dirusak oleh maling.

Jangan Biarkan Halaman Rumah Kotor

Halaman rumah yang bersih dari sampah menandakan adanya kehidupan di rumah tersebut. Begitu pula halaman yang kotor menandakan rumah tersebut sedang tidak dihuni. Rumah yang terlihat tidak dihuni menjadi sasaran empuk maling. Oleh karena itu, pastikan halaman rumah Anda tetap bersih.

Nyalakan Lampu di Malam Hari

Menyalakan lampu di malam hari membuat rumah kita terang dan memudahkan dalam pengawasannya. Hal ini dapat mencegah orang lain melakukan tindak kejahatan karena sudah pasti rumah tersebut sedang dihuni. Bila Anda sering keluar rumah ada baiknya memasang lampu otomatis yang dapat menyala di malam hari.

Amankan Garasi

Barang berharga yang ada di garasi sebaiknya berikan tempat khusus seperti lemari. Tujuannya agar tidak tercecer dimana-mana.

Rapikan Rumput di Sekitar Rumah

Kondisi rumput merupakan salah satu cara maling untuk mengetahui rumah kosong atau berpenghuni. Rumput yang panjang sebaiknya Anda rapikan dan bersihkan juga halaman sekitar rumah.

Jangan Menyimpan Barang Berharga Sembarangan

Jangan menyimpan barang sembarangan merupakan cara efektif untuk menjaga keamanan rumah. Gunakan penyimpanan khusus seperti brankas untuk menyimpan barang berharga Anda. Letakkan barang berharga Anda di kamar pribadi dengan tujuan agar pergerakan orang dapat terbatasi.

Pagari Rumah

Pagar bukan hanya hiasan tambahan untuk rumah. Tapi, lebih dari itu fungsi utamanya adalah untuk menjaga keamanan rumah. Memagari rumah dapat menjaga barang-barang yang ada di halaman rumah kita dari kehilangan. Tentunya dengan pagar yang tidak disukai maling seperti ujungnya yang berduri.

Bersosialisasi dengan Tetangga di Sekitar Anda

Kenapa ini penting? Karena bersosialisasi dengan tetangga dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan yang kuat. Rasa kekeluargaan tersebut memungkinkan kita untuk saling menjaga dan mengayomi. Anda dapat memanfaatkan peran tetangga untuk menjaga rumah saat sedang berlibur. Beri mereka tugas ringan seperti menyalakan lampu di malam hari, melapor jika ada tamu, dan lainnya.

Gunakan Hewan Peliharaan

Ternyata, hewan peliharaan di rumah sangat bermanfaat untuk keamanan rumah, loh! Anda dapat memelihara hewan yang mempunyai suara kencang dan dapat mengenali orang asing yang masuk ke rumah Anda. Beberapa jenis hewan seperti burung kakatua, kucing dan anjing dapat Anda pelihara di rumah sebagai satpam yang menyamar.

Jauhkan Benda yang Mudah Terbakar

Keamanan rumah bukan hanya menghindari untuk mencegah kemalingan. Tapi, lebih dari itu terdapat hal lain seperti untuk mencegah kebakaran. Korek api, gas LPG, dan bahan yang mudah terbakar lainnya wajib Anda letakkan dengan baik dan benar. Misalnya, jauhkan lap dapur dari kompor. Bila perlu simpan nomor pemadam kebakaran dan selalu sedia APAR di rumah Anda.

Kebanyakan orang saat ini mengabaikan keamanan rumahnya karena sudah merasa cukup aman. Hal tersebut itulah yang memunculkan perilaku ceroboh dan memudahkan maling untuk melancarkan aksinya. Ada baiknya selalu waspada terhadap orang asing yang berkeliling di sekitar rumah Anda. Jika rumah sering tidak dihuni lebih baik Anda memasang kamera CCTV yang bisa dikontrol pada jarak jauh dan memberitahukan kepada satpam komplek.

Hal yang terpenting adalah selalu membereskan barang pada tempatnya dan tidak ceroboh. Mengevaluasi sistem keamanan secara berkala dan selalu meningkatkan keamanannya. Anda dapat melakukan cara-cara tersebut untuk menjaga keamanan rumah dan barang. Selamat mencobanya.

Percayakan kebutuhan gembok kunci untuk rumah Anda kepada Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam jenis gembok seperti gembok kode, gembok pagar, gembok kuningan, gembok bulat anti maling dan lain sebagainya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK