25 May 2022 Mengenal Door Stopper dan Door Closer untuk Pintu

Mengenal Door Stopper dan Door Closer untuk Pintu

Ada berbagai permasalahan yang biasanya terjadi saat menggunakan pintu. Salah satunya mengeluarkan bunyi ketika berbenturan dinding. Apalagi musim angin kencang, seringkali pintu tertutup kuat dengan sendirinya yang mengakibatkan timbulnya bunyi keras.

Kondisi ni bukan hanya berpotensi membuat pintu rusak, tapi benda yang terkena seperti dinding juga rusak. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai door stopper. Apa itu door stooper, door closer dan bagaimana cara menggunakannya? Selengkapnya, simak uraian berikut.

Cara Memasang Door Stopper Supaya Berada pada Posisi Tepat

Door stopper merupakan alat atau komponen yang memiliki fungsi mengganjal pintu supaya tidak terbentur dinding dan menghindari timbulnya bunyi. Jadi, dinding akan terhindar dari lecet akibat benturan pintu.

Biasanya setiap pembelian produk ini sudah dilengkapi dengan fitur magnet kuat, sekrup dan anti karat. Jangan terburu-buru memasangnya supaya bisa berfungsi secara optimal. Pahami tata cara pemasangan door stopper berikut supaya berada pada posisi tepat.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama, persiapkan alat dan bahan, meliputi door stopper berjenis magnet, mesin bor, pena serta obeng. Bila tidak ada pena Anda bisa memakai pensil atau spidol sebagai penanda.

2. Tentukan Posisi Pemasangan

Selanjutnya, tentukan posisi pemasangan yang tepat. Secara ideal, pemasangan komponen ini dibuat sejajar dengan bagian bawah pintu. Pada bagian ini proses pemasangan lebih mudah dan tidak mengganggu kinerja dari pintu.

3. Tandai Posisi

Jika sudah selesai menentukan posisi paling tepat, mulai tandai menggunakan pena, pensil atau spidol. Bagian yang ditandai adalah dinding, caranya dengan menempelkan door stopper dan membuat gambar bulatan sesuai pola.

Kemudian, tentukan bagian diameter tengah memakai penggaris yang nantinya akan dibor. Pada sisi pintu bawah sejajar tanda yang sudah dibuat pada dinding tadi, terapkan serupa. Pastikan sudah sejajar supaya kutub magnet pintu dan dinding mampu bertemu.

4. Mulai Pasang

Setelah itu, Anda bisa memulai untuk memasangnya dengan cara memasukkan baut dalam lubang yang sudah dibuat memakai mesin bor pada sisi pintu serta sisi dinding. Supaya berfungsi dengan baik, jangan lupa mengencangkan door stopper.

Simak ulasan lebih lengkapnya pada artikel berikut ini, Cara Memasang Door Stopper Pada Posisi yang Tepat

Tips Menyetel Door Closer Supaya Terpasang dengan Baik

Selain door stopper, ada juga komponen lain yang biasanya dipasang di kantor, yaitu door closer. Door closer merupakan alat atau komponen penutup pintu secara otomatis dan mengontrol bantingan saat ditutup agar tidak keras.

Komponen satu ini memiliki fungsi sangat penting, terutama untuk ruangan ber AC. Jika kelupaan tidak ditutup, udara AC akan menyebar keluar yang membuatnya rentan mengalami kerusakan dikarenakan suhu panas dari luar masuk ke dalam.

Akibatnya tarif untuk membayar listrik menjadi semakin tinggi. Fungsi lainnya door closer yaitu dalam hal keamanan. Saat lupa menutup pintu, kemungkinan buruknya ada oknum jahat yang memanfaatkan momen untuk melancarkan aksi mencuri.

Anda bisa memakai komponen ini untuk seluruh jenis pintu, baik itu berbahan kayu maupun alumunium. Penggunaan paling tepat adalah pada ukuran 210 x 85 cm. Sebaiknya usahakan berat minimal yang dimiliki 40 hingga 60 kg.

Tips ini perlu Anda pertimbangkan karena biasanya nilai lebih dari tersebut akan membuat fungsi komponen menjadi kurang maksimal bahkan rentan rusak. Pahami dengan baik setiap bagian dan tata cara pemasangan yang biasanya sudah tertera pada keterangan produk.

Simak: Tips dan Cara Menyetel Door Closer yang Baik dan Benar

Tips Menyetel Door Closer Supaya Ringan

Door closer merupakan komponen yang berguna sebagai penutup pintu otomatis. Selain itu juga salah satu upaya untuk mengatasi kelupaan saat harus menutup pintu. Salah satu permasalahan yang sering dialami pengguna komponen ini adalah berat saat dipakai.

Ada beberapa tips menyetel yang bisa Anda coba terapkan supaya komponen menjadi ringan, sehingga tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra saat mendorong. Salah satunya lakukan pengecekan komponen, apakah bermasalah atau tidak.

Bila ternyata bermasalah, Anda bisa berkonsultasi kepada teknisi yang sudah ahli di bidangnya untuk membantu mengatasi. Tips lainnya, coba tambahkan pelumas pada beberapa bagian engsel, perbaiki pemasangan atau setelan jika ternyata ada kesalahan.

Tidak semua teknisi melakukan pemasangan dengan baik. Jika kondisi ini terjadi dan Anda tidak bisa memasangnya sendiri, gunakan teknisi lain yang lebih profesional. Tips terakhir tidak kalah penting diperhatikan yaitu pilih produk door closer berkualitas.

Simak tips lebih lengkapnya pada artikel berikut ini, Cara agar Door Closer Menjadi Ringan

Cara Merawat Door Closer Supaya Tidak Mudah Rusak

Door closer adalah komponen tambahan yang dipasang supaya pintu berjalan otomatis. Perannya penting dalam proses membuka serta menutup pintu. Bila tidak dirawat dengan baik, komponen ini bisa cepat rusak.

Anda perlu mengeluarkan biaya cukup besar untuk proses perbaikan karena harus menyewa ahli. Jadi, perawatan penting supaya jangka waktu pemakaian komponen lebih awet dan tidak mudah rusak, sehingga pengeluaran menjadi lebih hemat.

Beberapa kerusakan atau kendala yang biasanya dialami oleh pengguna door close diantaranya berat saat dibuka, komponen terlepas, tidak dapat menutup sendiri dan minyak bocor. Dua cara merawat bisa Anda lakukan sebagai upaya preventif terjadinya kerusakan, yaitu meliputi:

1. Pilih Komponen Berkualitas

Cara pertama yaitu pilih komponen berkualitas mengingat banyak produk berbagai jenis beredar dipasaran. Sebaiknya pilih yang sudah terbukti berkualitas tinggi untuk mengurangi intensitas perawatan serta meminimalisir potensi kerusakan.

2. Buka Sesuai dengan Kebutuhan

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah buka pintu sesuai kebutuhan. Sebab, pekerjaan pegas yang ada di dalam komponen menjadi lebih minim, sehingga mengurangi peluang door close mengalami kerusakan. 

Simak cara lebih lengkapnya pada artikel berikut ini, Cara Merawat Door Closer agar Tidak Cepat Rusak

Cara Mudah dan Cepat Memasang Door Closer

Pemasangan door close untuk rumah terutama kantor itu penting karena berkaitan dengan keamanan. Komponen ini merupakan penutup pintu dengan sistem otomatis, sehingga Anda tidak perlu menutup secara mandiri.

Sebenarnya pemasangan komponen satu ini bukanlah hal sulit, tapi masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya. Pastikan Anda memahami dengan pasti posisi arah saat membuka pintu supaya pemasangan tidak terbalik. Inilah cara mudah dan cepat memasang door closer:

  1. Pastikan bagian besar pada komponen ditempelkan pada pintu dan usahakan tidak terbalik supaya berfungsi dengan baik.

  2. Kemudian tempelkan engsel garengan atau bagian kecil pada kusen pintu.

  3. Jarak pasang bagian besar dibuat 25 cm dari area pinggir pintu.

  4. Kencangkan baut pada bagian besar serta kecil dan jangan salah putar.

  5. Kecepatan mengunci dan menutup bisa Anda atur sesuai keinginan.

  6. Sesudah terpasang dengan baik, lakukan uji coba untuk memastikan fungsinya sudah optimal.

Simak: Cara Memasang Door Closer dengan Cepat

Pentingnya Door Closer Dipasang pada Pintu Rumah

Door close penting dipasang pada pintu rumah karena berbagai alasan. Diantaranya karena mampu menjaga keamanan rumah, menghemat energi listrik untuk ruangan yang memiliki AC dan privasi lebih terjaga.

Sebelum membeli komponen ini, sebaiknya pertimbangkan berbagai hal terlebih dahulu. Seperti jenis pintu yang dipakai, estetika desain dari door closer maupun pintunya serta persiapan anggaran atau budget.

Ada tips tambahan yang bisa Anda pertimbangkan dalam pemasangan komponen pada pintu rumah. Salah satunya yaitu pastikan tidak berisik saat ditutup karena bisa mengganggu aktivitas ketika berada dalam rumah.

Bila Anda tertarik menggunakan salah satu atau kedua jenis komponen untuk pintu ini, pastikan memilih produk berkualitas. Bila tidak bisa memasangnya sendiri, gunakan jasa yang sudah benar-benar profesional untuk menghindari salah pasang.

Simak: Pentingnya Door Closer untuk Pintu Rumah Anda

Vinindo Corporation menjual berbagai macam door stopper dan door closer dengan kualitas terbaik. Selain door stopper, kami juga menyediakan door pull, kunci pintu, pegangan pintu, bodi kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK