28 Jun 2022

Gunakan Cara Berikut Ini untuk Menghilangkan Bunyi pada Engsel Pintu!

Gunakan Cara Berikut Ini untuk Menghilangkan Bunyi pada Engsel Pintu!

Apakah pintu di rumah Anda berbunyi saat dibuka dan ditutup? Sehingga Anda dan keluarga merasa tidak nyaman karena bunyi tersebut? Tentu saja bunyi pada pintu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Bunyi pada pintu saat dibuka dan ditutup menjadi salah satu tanda bahwa ada kondisi yang kurang pas atau kurang baik pada pintu tersebut.

Biasanya permasalahan yang menyebabkan bunyi tersebut terjadi pada engsel pintu. Engsel pintu sendiri menurut website pinhome.com adalah pengait benda agar proses membuka-tutup pintu akan jauh lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak energi. Biasanya terbuat dari besi, kuningan plastik, maupun logam campuran dengan bentuknya pun beragam. 

Namun Anda tidak perlu khawatir, kami akan menjabarkan beberapa cara untuk mengatasi engsel pintu yang berbunyi tersebut supaya Anda tidak perlu memanggil tukang untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak penjelasan berikut ini:

Cari Tahu Penyebabnya

Sumber foto: https://www.pexels.com

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki permasalahan pada engsel pintu adalah mengetahui penyebab bunyi tersebut. Pada umumnya, engsel pintu yang sudah tua lebih sering menimbulkan suara karena kering dan terdapat karat pada beberapa bagiannya. Namun, bukan berarti bahwa pintu dan engsel yang baru terbebas dari karat dan kering.

Kekeringan pada engsel pintu karena pemasangan yang kurang pas atau kurang tepat. Anda tidak perlu terburu-buru mengoleskan minyak pelumas pada engsel pintu atau melepasnya jika engsel tersebut berderit.

Lakukan Penanganan yang Tepat

Jika Anda sudah menemukan penyebab pasti bunyi pada engsel pintu, Anda bisa mempersiapkan solusi yang perlu Anda lakukan. Cara memperbaiki permasalahan pada engsel pintu bergantung pada sumber masalahnya. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bunyi pada engsel pintu yang dapat Anda lakukan:

Memberi Pelumas

Sumber foto: https://www.pexels.com

Pemberian minyak pelumas pada engsel pintu dilakukan jika kondisi engsel sudah terlanjur kering dan haus. Anda hanya perlu membasahi engsel dengan minyak pelumas, maka engsel pintu di rumah Anda tidak akan berbunyi lagi. Anda bisa menggunakan minyak pelumas engsel pintu yang banyak dijual di toko bangunan atau toko perlengkapan material.

Selain itu, ada juga beberapa minyak pelumas yang dapat Anda gunakan dan dapatkan dari barang-barang sehari-hari yang ada di rumah Anda. Minyak pelumas yang dapat digunakan pada engsel pintu antara lain minyak kelapa, minyak goreng, minyak zaitun, krim body lotion, baby oil, oli kendaraan, dan lain sebagainya.

Memperbaiki Kondisi Sekrup

Jika engsel pintu pada rumah Anda termasuk baru, kemungkinan besar munculnya suara pada engsel pintu disebabkan oleh sekrup yang kurang kencang. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan mengencangkan kembali sekrup pada engsel pintu dengan bantuan obeng.

Namun, jika permasalahan terdapat pada rumah sekrup engsel pintu, penanganan yang bisa Anda lakukan tentu berbeda. Cara untuk memperbaiki permasalahan pada rumah sekrup adalah dengan melepas daun pintu terlebih dahulu, kemudian melepaskan slop besi penghubung engsel pintu dan sekrup yang kendor, baik pada bagian daun pintu maupun kosen.

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memasukkan fisher sekrup pada rumah sekrup, fisher sekrup ini berfungsi sebagai bantalan. Setelah semua sekrup telah dikencangkan, Anda bisa memasang kembali daun pintu. Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan pelumas supaya hasilnya optimal.

Membersihkan dari Debu dan Kotoran

Membersihkan debu dan kotoran dari engsel pintu sangat sering diabaikan, namun Anda tidak boleh melewatkannya. Sebelum Anda melumasi engsel pintu atau memasang kembali pintu yang telah diperbaiki engselnya, lebih baik Anda terlebih dulu membersihkan engsel pintu dari debu dan kotoran.

Itulah proses yang perlu Anda perhatikan untuk memperbaiki engsel pintu yang berbunyi di rumah Anda. Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu memanggil tukang ahli.

Dan jika Anda membutuhkan engsel pintu untuk kebutuhan rumah anda, temukan di Vinindo Corporation. Kami menyediakan engsel pintu dengan lengkap dan kualitas terbaik. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK