25 Mar 2021 Cara Menyimpan Alat Pertukangan Dan Perbengkelan Agar Tidak Terselip

Cara Menyimpan Alat Pertukangan Dan Perbengkelan Agar Tidak Terselip

Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia teknik maupun pertukangan, tentunya tidak asing lagi dengan berbagai macam jenis perlengkapan yang terkait dengan pertukangan dan bengkel. Bahkan saking banyaknya jenis alat pertukangan yang ada, diperlukan kecermatan dan ketelitian dalam proses penyimpanannya agar alat-alat tersebut tidak hilang atau terselip.

Alat-alat pertukangan seperti tang, obeng, sekrup, baut, palu, gergaji, dan lain sebagainya perlu disimpan dengan cermat dan juga hati-hati. Pasalnya, alat-alat pertukangan yang berukuran relatif kecil cenderung lebih mudah terselip dan kemudian hilang jika tidak dilakukan penyimpanan secara benar.

Cara Menyimpan Alat Pertukangan Dan Perbengkelan Yang Baik

Mengingat fungsinya yang relatif cukup penting, maka anda perlu memperhatikan cara menyimpan alat pertukangan agar tidak mengalami kendala ketika ingin menggunakan perkakas tersebut. Guna meminimalisir kemungkinan hilangnya perlengkapan alat-alat tukang dan perbengkelan, ada baiknya jika anda menyimpan perkakas tersebut secara cermat dan juga teliti.

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyimpan alat-alat pertukangan dan juga perbengkelan agar tidak hilang ataupun terselip.

1. Menyimpan Perlengkapan Tukang Dan Bengkel Pada Box Tool Khusus

Salah satu cara terbaik yang bisa digunakan untuk menyimpan perlengkapan tukang dan juga perbengkelan adalah dengan menyimpannya di dalam box tool khusus. Dengan menyimpan perkakas tersebut di dalam box khusus maka akan lebih memudahkan anda dalam mengelola dan juga menemukan perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan.

Selain itu, menyimpan perlengkapan tukang dan juga perbengkelan menggunakan box khusus juga akan membuat proses penyimpanan perkakas anda menjadi lebih terorganisir dan rapi. Dengan demikian, anda tidak perlu bingung lagi mencari-cari perkakas tukang maupun perbengkelan yang sedang dibutuhkan.

Sebenarnya ada cukup banyak model dan juga jenis box tool khusus yang bisa digunakan untuk menyimpan perlengkapan tukang. Anda bisa membeli box-box tersebut pada toko peralatan khusus atau bahkan bisa juga membuatnya secara mandiri dengan menggunakan kayu sesuai dengan daya kreativitas yang anda miliki.

Cara menyimpan alat pertukangan menggunakan box tool khusus ini memiliki cukup banyak keunggulan. Selain memudahkan dalam proses pencarian, perlengkapan tukang dan bengkel tersebut juga akan semakin lebih mudah dibawa kemana-mana sehingga anda bisa menggunakan perkakas tersebut kapanpun dan dimanapun.

2. Menyimpan Perkakas Sesuai Dengan Jenisnya

Selain menyimpan di dalam box tool khusus, ada baiknya juga kalau anda menyimpan perlengkapan tukang dan perbengkelan tersebut dengan berdasarkan pada bentuk atau jenisnya. Misal untuk perkakas yang ukurannya agak besar seperti obeng, kunci pas, kunci sok, obeng, ataupun tang bisa disimpan dalam box tersendiri.

Sedangkan untuk perlengkapan yang berukuran lebih kecil seperti paku, sekrup, mur baut, dan ataupun juga mata bor bisa disimpan dalam box tool yang terpisah agar tidak bercampur dan tiap-tiap jenis perlengkapan bisa tertata ataupun terorganisir dengan cukup baik. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya jika box tool khusus tersebut kemudian dikunci menggunakan gembok agar perlengkapan di dalamnya tidak tercecer.

Selain itu, ada baiknya juga kalau box tool penyimpanan perkakas tukang dan bengkel tersebut disimpan pada tempat-tempat yang strategis dan jauh dari jangkauan anak-anak. Hal ini untuk menghindari perkakas tersebut digunakan sebagai mainan oleh anak-anak. Perlengkapan yang sering dijadikan sebagai bahan mainan untuk anak-anak relatif lebih sering hilang apabila dibandingkan dengan yang tidak.

3. Biasakan Untuk Mengembalikan Perkakas Sesuai Dengan Tempatnya

Ketika menggunakan perkakas tukang maupun bengkel, terkadang banyak diantara anda yang tidak mengembalikan perkakas tersebut pada tempat yang semestinya. Bahkan cenderung menaruhnya kembali secara sembarangan. Hal ini tentu saja bukanlah merupakan kebiasaan yang baik karena hal tersebut rawan membuat perlengkapan anda menjadi tercecer dan kemudian hilang.

Maka dari itu, cara menyimpan alat pertukangan yang tidak kalah penting berikutnya adalah dengan membiasakan untuk mengembalikan perkakas sesuai dengan tempat penyimpanan awalnya. Selain bisa digunakan untuk menjaga dan merawat perlengkapan bengkel yang anda miliki, menyimpan kembali perkakas dalam tempatnya juga akan menurunkan risiko perlengkapan tersebut menjadi hilang ataupun tercecer.

Mengembalikan perlengkapan ke tempat awal penyimpanannya menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk menjaga perlengkapan yang anda miliki. Hal ini dikarenakan perlengkapan tersebut mendapatkan manajemen penggunaan yang baik dan juga teratur sehingga lebih terpantau karena semua perlengkapan harus dikembalikan sesuai ke tempat penyimpanannya masing-masing.

Demikianlah beberapa cara menyimpan alat pertukangan yang baik dan benar untuk menurunkan risiko perkakas terselip maupun ‘ketlingsut’. Kini berbekal dengan beberapa tips yang telah disampaikan di atas, anda tidak perlu bingung lagi apabila ingin menyimpan perkakas bengkel dan tukang agar lebih aman dan juga awet dan tidak mudah hilang.

Share this article
BACK