26 Jul 2022

Do's and Dont's, Hal-Hal yang Perlu Dilakukan dalam Merawat Handel pintu!

Do's and Dont's, Hal-Hal yang Perlu Dilakukan dalam Merawat Handel pintu!

Sebelum membeli handel pintu, ada baiknya bagi Anda untuk mempertimbangkan berbagai hal. Selain desain dan estetika, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor lokasi rumah yang sesuai dengan jenis handel pintu pilihan Anda. 

Faktor tempat tinggal dapat mempengaruhi perawatan dan risiko kerusakan handel pintu di tengah berbagai kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Karenanya, agar handel pintu tetap awet dalam kondisi baik dan mampu digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka Anda perlu melakukan perawatan yang tepat dan sesuai.

Artikel berikut akan membahas mengenai hal-hal yang perlu dan tidak perlu Anda lakukan dalam proses pemeliharaan dan perawatan handel pintu sehari-hari. Penjelasan dan informasi lengkapnya dapat Anda simak berdasarkan ulasan berikut.

1. Gunakan Lap Kering Bersih untuk Membersihkan Handel Pintu

Untuk merawat handel pintu, Anda dapat menggunakan lap kering yang bersih untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan debu yang menempel agar tidak menumpuk. Sehingga, dapat mencegah masuknya debu ke dalam pori-pori handel pintu.

2. Hindari Penggunaan Bahan Kimia Korosif

Ketika menggunakan handel pintu, terutama yang terbuat dari bahan-bahan non-stainless steel yang tidak memiliki lapisan luar, ada baiknya bagi Anda untuk menghindari penggunaan bahan-bahan kimia asam.

Hal tersebut dapat mengikis dan merusak lapisan luar dari handel pintu. Sehingga, mempengaruhi kenyamanan dari para pengguna. Selain bahan kimia asam, ada beberapa jenis bahan kimia lain yang perlu Anda hindari. Sesuaikan dengan bahan dasar handel pintu yang Anda gunakan agar tidak merusak lapisan pelapis gagang pintu.

3. Lepas Handel ketika Melakukan Pengecatan

Ketika melakukan pengecatan di sekitar area pintu, sebaiknya Anda tidak membiarkan handel tetap terpasang. Hal tersebut dapat menyebabkan adanya resiko dari percikan cat atau finishing kayu yang dapat merusak tampilan dari handel pintu. 

Bahkan, tidak jarang sisa cat yang digunakan meresap dan masuk ke dalam silinder (lubang kunci). Sehingga, sistem kerja pada kunci pintu dapat rusak dan tidak dapat berjalan secara maksimal.

4. Hindari Handel Pintu dari Berbagai Bentuk Benturan, Gesekan, dan Benda-Benda Tajam

Selanjutnya, agar handel pintu rumah Anda tetap awet dan tahan lama, Anda perlu menghindarkan handel dari segala bentuk ancaman benturan, gesekan, dan berbagai benda tajam lainnya. 

Handel pintu yang memiliki banyak goresan karena benturan atau gesekan akan membuat nilai estetikanya semakin berkurang. Selain itu, hal-hal tersebut juga dapat mempengaruhi fungsi handel pintu di tengah kehidupan sehari-hari yang tidak dapat berjalan secara maksimal.

6. Hindari Membungkus Handel pintu dengan Lakban dan Selotip

Hal lainnya yang perlu Anda hindari dalam penggunaan handel pintu sehari-hari adalah membungkus handel dengan menggunakan lakban atau selotip karena kegiatan atau kepentingan tertentu. 

Daya rekat dari penggunaan lakban dan selotip mampu mengikis dan merusak lapisan dari handel pintu. Sehingga, dapat mempengaruhi bentuk tampilan dan kenyamanan pengguna.

Demikian beberapa penjelasan mengenai hal-hal yang perlu dan tidak perlu Anda lakukan untuk merawat dan memelihara handel pintu rumah agar tetap awet dan tahan lama. Semoga informasi tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai rekomendasi dan alternatif cara perawatan handel pintu sehari-hari.

Jika Anda sedang mencari handel pintu dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual handel pintu, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pintu seperti engsel pintu, gagang pintu, door closed dan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK