29 Jul 2022 Inilah Cara Mengatasi Pintu yang Bermasalah!

Inilah Cara Mengatasi Pintu yang Bermasalah!

Pintu merupakan sebuah akses keluar masuk di sebuah rumah, dan juga merupakan sebuah sarana untuk menutup sebuah ruangan. Oleh karena itu, jika sebuah pintu di rumah mengalami masalah , aktivitas pengguna pun menjadi ikut terganggu.

Permasalahan yang muncul biasanya berupa engsel pintu yang berderit atau bagian bawah pintu yang bergesekan dengan lantai di musim tertentu. permasalahan lain yang bisa muncul adalah, kualitas pintu yang memburuk karena terkena perubahan musim atau karena sudah tua.

Seluruh permasalahan dengan pintu tersebut dapat Anda atasi dengan menyimak beberapa penjelasan di bawah ini:

Cara Mengatasi Pintu Rumah yang Selalu Berbunyi

Sumber foto: https://pixabay.com

Ketika pintu rumah Anda selalu berbunyi saat dibuka dan ditutup, tentunya hal itu akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Bunyi pintu tersebut bahkan dapat membuat suasana rumah menjadi sedikit horror, terutama saat sepi. Untuk mengatasi pintu yang berbunyi, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Mencari Tahu Penyebab Pintu Berbunyi

Sebuah benda pasti memiliki masa pakai atau estimasi waktu pemakaian. Jika benda sudah digunakan bertahun-tahun, tentu akan mengalami kerusakan atau rapuh. Pintu yang sudah tua dan usang, biasanya engselnya sudah tidak bekerja dengan baik lagi sehingga menimbulkan bunyi berdecit yang tidak nyaman.

Anda perlu mencari tahu dan mengecek kondisi engsel pintu di rumah Anda apakah bunyi pada pintu Anda memang disebabkan oleh engsel pintu yang sudah tua, berkarat, atau mengalami korosi. Jika sudah mengetahui sumber permasalahannya, Anda dapat mengikuti tips berikut ini untuk mengatasinya.

Inilah Cara Mengatasi Pintu yang Berderit

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pintu yang berderit:

  • Menggunakan minyak pelumas khusus pada engsel pintu.

  • Menggunakan minyak goreng untuk melumasi engsel.

  • Menggunakan oli bekas atau oli baru untuk melumasi engsel.

  • Membersihkan engsel dari debu dan kotoran.

Anda dapat membaca penjelasan lengkap mengenai poin-poin dalam mengatasi pintu yang berderit dalam artikel yang berjudul Pintu Rumah Selalu Berbunyi, Bagaimana Cara Mengatasinya? berikut ini.

Tips Jitu Supaya Pintu Tidak Bergeser dengan Lantai

Sumber foto: https://pixabay.com

Apakah bagian pintu di rumah Anda bergeser dengan lantai? Sehingga bunyi deritnya mengganggu keseharian Anda. Selain itu, gesekan tersebut menyebabkan lantai di rumah Anda juga jadi membekas dan tidak terlihat cantik lagi. Pintu yang bergeser biasanya disebabkan oleh longgarnya engsel pintu atau pergerakan bangunan. Selain itu, debu dan kotoran yang menumpuk juga bisa menjadi penyebab pintu bergeser dengan lantai. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui hal-hal di bawah ini untuk memperbaiki pintu yang bersentuhan dengan lantai.

Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Anda perlu mempersiapkan peralatan yang akan Anda butuhkan sebelum mulai memperbaiki pintu yang bergesekan dengan lantai. Peralatan yang akan dibutuhkan antara lain karton atau kayu setebal 1 mm, obeng berukuran sedang, dan pisau yang kokoh.

Cara Jitu untuk Memperbaiki Pintu yang Bergeser dengan Lantai

Berikut ini adalah cara jitu atau andalan yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki pintu yang bergeser atau menggores lantai, lakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Mengecek kondisi pintu terlebih dulu.

  • Melepaskan sekrup pada engsel pintu.

  • Menempatkan karton di belakang engsel pintu.

Tips Supaya Pintu Tidak Bergeser dengan Lantai

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan supaya pintu tidak lagi bergeser dengan lantai:

  • Menggunakan pelumas

  • Mengencangkan sekrup pada pintu geser

Penjelasan lengkap mengenai poin-poin di atas dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul Tips Andalan agar Pintu Tidak Bergeser dengan Lantai.

Cara Membetulkan Pintu yang Bergesekan dengan Lantai

Sumber foto: https://pixabay.com

Pintu yang bergesekan dengan lantai jadi masalah yang cukup meresahkan, karena dapat menimbulkan bunyi yang mengganggu saat pintu dibuka dan ditutup. Faktor penyebab pintu bergesekan dengan lantai ada banyak, salah satunya adalah engsel pintu yang longgar atau pintu yang memuai karena hujan. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan beberapa poin di bawah ini untuk memperbaiki pintu yang bergeser tersebut:

Mengecek Kondisi Pintu

Hal yang paling utama untuk dilakukan adalah mengecek kondisi pintu terlebih dahulu untuk memastikan apakah pintu tersebut masih simetris antara kusen pintu dengan lantai. Anda juga perlu mengecek semua sekrup pada engsel, apakah ada yang longgar atau tidak.

Melepaskan Sekrup

Tahap selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki pintu yang bergesekan dengan lantai adalah melepaskan sekrup pada engsel.

Menempatkan Karton di Belakang Engsel

Selanjutnya, Anda perlu menarik engsel dari kusen pintu kemudian meletakkan karton berukuran 1 mm atau kayu pada bagian belakang engsel supaya sesuai. Jika pintu masih bergesekan dengan lantai, Anda bisa melepaskan pintu dan mengikis bagian tepi bawah pintu.

Memastikan Tingkat Kekeringan Daun Pintu

Anda selanjutnya dapat memastikan tingkat kekeringan daun pintu. Karena daun pintu yang lembab akan memuai dan ukurannya bisa menjadi lebih besar daripada ukuran sebelumnya, sehingga dapat bergesekan dengan lantai.

Menjemur Daun Pintu Hingga Kering

Anda perlu menjemur daun pintu pada sinar matahari dengan durasi yang cukup lama sampai daun pintu Anda kering. Jika daun pintu suda kering, ukuran daun pintu akan kembali seperti semula. 

Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai cara membetulkan pintu yang bergesekan dengan lantai pada artikel yang berjudul Bagaimana Cara Membenarkan Pintu yang Bergesek dengan Lantai.

Cara Supaya Pintu Tidak Terbanting Saat Menutup

Sumber foto: https://pixabay.com

Pintu yang sering terbanting saat menutup, lama kelamaan akan menyebabkan beragam permasalahan. Faktor penyebab mengapa pintu bisa terbanting saat menutup sebenarnya sederhana, salah satunya adalah karena kekuatan pintu saat menutup terlalu kencang.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi pintu yang mudah terbanting menutup. Simak beberapa penjelasan di bawah ini untuk mengatasi permasalahan pintu tersebut:

Perhatikan Engsel Supaya Pintu Tidak Terbanting Menutup

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah posisi engsel, apakah pemasangannya benar atau tidak. Engsel pintu yang sudah tua atau engsel yang pemasangannya kurang tepat akan membuang titik engsel kurang seimbang.

Menggunakan Bantalan Supaya Pintu Tidak Terbanting Menutup

Selanjutnya Anda dapat mencoba memberikan bantalan. Bantalan tersebut dapat ditaruh di sepanjang tepi bagian kusen pintu. Dan pada bagian atas serta bawah pintu. Pilih bantalan pintu yang lembut supaya tidak merusak bagian lain dari pintu.

Menggunakan Pneumatik Supaya Pintu Tidak Terbanting Menutup

Anda dapat menggunakan sistem kerja pneumatik. Sistem kerja pneumatik ini dianggap cukup efektif dalam beberapa kasus. Perangkat tersebut memiliki tenaga udara yang biasanya ditempelkan pada rangka dan tepian pintu.

Sistem pneumatik ini akan menahan laju dari gerakan dan secara perlahan akan mengayunkannya untuk menutup. Dengan begitu, tidak akan ada pintu yang terbanting menutup dengan suara yang mengejutkan lagi.

Cara lain supaya pintu di rumah Anda tidak mudah terbanting menutup bisa Anda baca dalam artikel yang berjudul Cara Menghentikan Pintu agar Tidak Terbanting Saat Menutup.

Jika Anda sedang mencari engsel pintu dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual engsel pintu, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pintu seperti door closer, gagang pintu, hak angin dan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK