03 Mar 2022

Tips Andalan agar Pintu Tidak Bergeser dengan Lantai

Tips Andalan agar Pintu Tidak Bergeser dengan Lantai

Hayo pintu rumah siapa yang bergeser dengan lantai? Bunyi deritnya tentu saja menganggu keseharian anda. Kondisi tersebut dapat terjadi karena longgarnya engsel serta sedikit gerakan bangunan. Debu atau kotoran juga dapat menjadi penyebab pintu bergeser dengan lantai, loh. Jika kondisi pintu sudah bergeser maka ikutilah tips andalan agar pintu tidak bergeser dengan lantai di bawah ini.

1. Persiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum memperbaiki pintu yang geser, ada baiknya jika anda mempersiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan seperti :

  • Karton atau kayu 1 mm

  • Obeng berukuran sedang

  • Pisau yang Kokoh.

2. Cara Andalan Memperbaiki Pintu yang Menggores Lantai

pintu dan lantai

Cara andalan untuk memperbaiki pintu yang menggores lantai dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut :

  • Cek Kondisi Pintu Terlebih Dahulu

Pintu tidak luput dari perhatian penghuni rumah karena jika mengalami kendala maka akan sulit untuk dibuka dan ditutup. Coba cek kondisi pintu secara berkala. Mungkin pintu anda sudah bergeser dan tidak lagi sinkron dengan kusen serta lantainya. Bagaimana mengetahuinya? Gampang sekali! Saat terlihat celah di bagian bawah lebih lebar, artinya ada sekrup yang kendur.

Anda dapat melepas sekrup tersebut  lalu penuhi lubang dengan lem dan batang korek api yang telah disediakan. Kemudian pasangkan sekrup pada posisi semula. Bila keadaan pintu masih sama, manfaatkan pisau serbaguna di sekitar engsel agar dapat memotong lapisan cat. Lakukan dengan rapi agar lem tidak merata ke semua sisi engsel. Mengikisnya juga harus hati-hati agar tangan mulus anda tidak tergores pisau.

  • Lepaskan Sekrup

Cara melepaskan sekrup tidak membutuhkan skill khusus, ya. Cukup gunakan obeng yang sesuai dengan sisi atas sekrup dan ketuk dengan sebuah palu. Tujuannya tentu saja untuk melonggarkan sekrup yang ada pada pintu.

  • Menempatkan Karton dibelakang Engsel Pintu

Langkah yang terakhir, tempelkan karton 1 mm dibelakang engsel saat engsel telah berjarak dengan kusen pintu. Kemudian kencangkan dengan obeng. Cek kembali cara kerja pintu. Saat pintu sudah tidak menimbulkan bunyi atau berderit, maka dapat dipastikan kerja keras anda membuahkan hasil yang memuaskan.

3. Tips agar Pintu Tidak Bergeser dengan Lantai

pintu terbuka

Nah, kami juga mempunyai tips agar pintu rumah anda tidak bergeser dengan lantai loh. Bagaimana caranya?

  • Gunakan Pelumas

Biasanya kesalahan teknis terjadi pada bagian kunci pintu dan bagian rel aluminium. Cara mengatasinya sangat mudah sekali. Gunakan pelumas yaitu minyak aerosol yang harganya terjangkau. Ada banyak toko online maupun offline yang menjual pelumas tersebut sehingga sangat mudah untuk didapatkan. Semprotkan pelumas pada kunci pintu dan bagian rel aluminium bagian atas dan bawah. Pelumas memiliki bahan dasar sintetis sehingga memiliki kinerja yang tinggi terhadap pintu yang bergeser. Tidak hanya itu, pelumas juga dapat mencegah karat dan korosi. Gunakan sesuai kebutuhan agar hasilnya juga maksimal.

  • Mengencangkan Sekrup Pada Pintu Geser

Nah, tips selanjutnya untuk memperbaiki pintu yang bergeser dengan mengencangkan sekrup pada pintu. Tips ini sederhana sekali namun begitu berarti. Sebagaimana mekanisme pintu mengencangkan dan melonggarkan, sekrup pada pintu geser juga serupa. Putar ke kanan untuk melonggarkan dan putar ke kiri agar mengencangkan. Berhubung pintu sedang bergeser, maka engsel harus dikencangkan ke arah kiri. Gunakan sedikit tenaga agar terpasang dengan sempurna. Kedepannya pintu tidak akan bergeser dengan lantai lagi.

  • Menjemur Pintu agar Tidak Lembab

Pintu yang lembab dapat mengakibatkan suara menderit yang cukup mengganggu. Karenanya, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan membongkar dan menjemur pintu rumah secara langsung di bawah sinar matahari. Sehingga, kondisi pintu dapat kembali kering dan mampu berfungsi seperti sedia kala.

  • Bersihkan Engsel dari Debu dan Kotoran

Jangan menganggap enteng ketika debu atau kotoran telah bersarang pada engsel pintu. Akibatnya bisa fatal loh, tidak hanya membuat engsel berbunyi tapi juga menimbulkan masalah lainnya. Itulah alasan kenapa Anda harus membersihkan engsel dari debu atau kotoran menggunakan lap bersih atau sikat gigi yang sudah tidak digunakan. Baru deh olesi engsel dengan pelumas. 

  • Cat ulang bagian pintu berpori-pori

Langkah yang harus dilakukan setelah pintu dalam keadaan kering adalah melakukan pengecatan ulang bagian pintu yang berpori-pori. Waduh ternyata pintu juga bisa mengalami masalah pori-pori layaknya wajah ya. Eits jangan panik!  Dengan cat yang telah diaplikasikan akan membuat pintu tahan terhadap air sehingga tidak dalam keadaan lembab. Gunakan cat yang terdapat kandungan minyak. Seperti yang kita ketahui bahwa air dan minyak merupakan komponen yang tidak dapat menyatu. Jadi dapat dipastikan cara ini ampuh mengatasi gesekan pada lantai. Pemilihan warna cat dapat disesuaikan dengan warna kesukaan anda.

4. Cara Supaya Pintu Tidak Terbanting Saat Menutup

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi pintu yang mudah terbanting menutup. Simak beberapa penjelasan di bawah ini untuk mengatasi permasalahan pintu tersebut:

Perhatikan Engsel Supaya Pintu Tidak Terbanting Menutup

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah posisi engsel, apakah pemasangannya benar atau tidak. Engsel pintu yang sudah tua atau engsel yang pemasangannya kurang tepat akan membuang titik engsel kurang seimbang.

Menggunakan Bantalan Supaya Pintu Tidak Terbanting Menutup

Selanjutnya Anda dapat mencoba memberikan bantalan. Bantalan tersebut dapat ditaruh di sepanjang tepi bagian kusen pintu. Dan pada bagian atas serta bawah pintu. Pilih bantalan pintu yang lembut supaya tidak merusak bagian lain dari pintu.

Menggunakan Pneumatik Supaya Pintu Tidak Terbanting Menutup

Anda dapat menggunakan sistem kerja pneumatik. Sistem kerja pneumatik ini dianggap cukup efektif dalam beberapa kasus. Perangkat tersebut memiliki tenaga udara yang biasanya ditempelkan pada rangka dan tepian pintu.

Sistem pneumatik ini akan menahan laju dari gerakan dan secara perlahan akan mengayunkannya untuk menutup. Dengan begitu, tidak akan ada pintu yang terbanting menutup dengan suara yang mengejutkan lagi.

Sekarang anda sudah mengetahui harus melakukan apa saat pintu bergesekan atau menggores lantai, kan? Jika sudah memperbaiki sesuai tips yang kami berikan namun tidak ada hasilnya, lepas pintu dan kikis bagian bawahnya.

Apabila rumah Anda memiliki pintu tanam, percayakan kebutuhan slot pintu Anda pada Vinindo Corporation. Vinindo Corporation adalah spesialis slot pintu tanam di Surabaya. Kami juga merupakan peraih Top Brands Award 2022 sehingga produk yang kami tawarkan adalah berkualitas dan original. Segera hubungi kami untuk mendapatkan slot pintu terbaik.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK