09 Aug 2022

Inilah Cara Mengasah Tata Kayu yang Tepat

Inilah Cara Mengasah Tata Kayu yang Tepat

Tata kayu atau yang bisa disebut juga dengan pahat merupakan salah satu jenis perkakas pertukangan yang berupa bilah besi dengan bagian ujung yang tajam, berfungsi untuk melubangi atau mengukir sebuah benda keras seperti kayu, batu, atau logam.

Tata kayu atau pahat ini memiliki pegangan yang terbuat dari kayu atau logam. Tata kayu ini digunakan dengan cara ditekan pada benda atau bahan yang ingin diukir atau dilubangi, kemudian dilakukan dorongan dengan bantuan palu pada ujung bagian pegangan tata kayu.

Tata kayu ini, bagi seorang tukang kayu menjadi salah satu peralatan yang sangat penting. Tata kayu atau pahat ini dapat digunakan untuk membuat lubang pada pintu, dan juga untuk membuat ukiran pada daun pintu, daun jendela, maupun pada kursi, meja, dan barang-barang yang terbuat dari kayu lainnya.

Tata kayu atau alat pahat memiliki fungsi yang sangat penting, oleh karena itu untuk memilih tata kayu pun Anda tidak boleh sembarangan. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih tata kayu tentu saja adalah ketajaman tata kayu tersebut, hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Karena ada berbagai macam jenis tata kayu dengan ukuran yang berbeda-beda, dan fungsinya pun juga berbeda.

Namun jika Anda sebelumnya telah memiliki tata kayu atau alat pahat, dan ternyata tata kayu yang Anda miliki telah tumpul atau tidak dapat digunakan, jangan terburu-buru membuangnya dan menggantinya dengan yang baru. Anda bisa mengasah tata kayu atau pahat tersebut terlebih dahulu, kemudian menggunakannya kembali.

Mengasah tata kayu atau pahat ini bukan hal yang sulit, Anda dapat melakukannya sendiri tanpa memanggil tenaga ahli. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengasah tata kayu atau alat pahat dengan tepat:

Persiapkan Alat-Alat yang Akan Digunakan

Sebelum Anda mulai mengasah tata kayu yang Anda miliki, tentu saja Anda perlu mempersiapkan beberapa barang dan peralatan yang akan Anda butuhkan untuk mengasahnya. Berikut ini adalah beberapa peralatan yang akan Anda butuhkan:

  • Persiapkan sebaskom air untuk membasahi batu gosok yang Anda persiapkan.

  • Persiapkan juga batu gosok kasar. Batu gosok kasar ini akan berguna untuk mengasah tata kayu yang sudah tumpul.

  • Persiapkan sebuah batu gosok halus. Batu gosok halus ini berfungsi untuk untuk mempertajam tata kayu atau alat pahat yang Anda miliki.

Sebuah tata kayu tentu akan tumpul jika sudah digunakan berkali-kali namun jarang diasah. Bahkan memungkinkan muncul karat juga pada tata kayu tersebut. Sehingga Anda perlu mengasahnya untuk mengembalikan fungsinya kembali secara optimal.

Cara Mengasah Tata Kayu

Sumber foto: https://pixabay.com

Setelah Anda mempersiapkan beberapa peralatan yang akan Anda butuhkan untuk mengasah tata kayu atau pahat tersebut, Anda dapat mulai mengasahnya. Terdapat dua langkah dalam mengasah sebuah tata kayu atau pahat, perhatikan penjabarannya berikut ini:

  • Tahap pertama adalah mengasah tata kayu dengan menggunakan batu kasar, inilah yang harus Anda lakukan:

  • Basahi permukaan batu dengan air supaya pasir pada batu larut saat pengasahan

  • Asah pada bagian bidang miring saja

  • Gosok dengan cara mendorong ke depan satu arah

  • Lakukan berulang selama satu menit sampai tajam

  • Setelah satu menit jadi tajam beralih ke batu halus

  • Tahap kedua adalah mengasah tata kayu dengan menggunakan batu halus untuk mempertajam

  • Basahi permukaan batu dengan air supaya pasir pada batu larut saat pengasahan

  • Asah pada bagian bidang miring saja

  • Gosok dengan cara mendorong ke depan satu arah

  • Lakukan berulang selama satu menit sampai tajam

  • Setelah satu menit jadi tajam

  • Tes ketajaman pakai kuku, jika kuku terkelupas, sudah tajam dan dapat digunakan lagi.

Jika tata kayu Anda sudah sangat tumpul dan bahkan berkarat, Anda bisa memulai proses mengasahnya dari tahap pertama. Sedangkan jika Anda hanya butuh mempertajamnya saja, Anda bisa melakukan proses pengasahan langsung menuju ke tahap kedua.

Anda dapat memperoleh tata kayu yang berkualitas dari D X-plore di Vinindo Corporation. Percayakan kebutuhan Anda kepada kami. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK