16 Nov 2021

10 Tips Ampuh Agar Rumah Anda Anti Maling

10 Tips Ampuh Agar Rumah Anda Anti Maling

Semua orang tidak ingin kemalingan begitu juga dengan Anda, bukan? Bagaimana untuk mencegahnya? Salah satunya adalah dengan membuat rumah anti maling. Cara membuatnya bagaimana? Yuk, baca sampai akhir 10 tips ampuh agar rumah Anda anti maling sebagai berikut!

Pasang Pengaman Ganda di Pintu dan Jendela

Ini merupakan hal pertama dan utama yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah anti maling. Pintu, jendela, dan celah-celah yang terbuka sangat berpotensi mengundang kejahatan. Anda harus menggunakan kunci tambahan pada pintu dan jendela yang hanya bisa dibuka dari dalam rumah. Ada jenis kunci pengaman seperti slot pintu, gembok, dan rantai.

Pastikan Rumah Tetap Terang

Memasang lampu yang cukup terang membuat rumah terhindar dari kemalingan. Mereka akan takut untuk beraksi di rumah yang terang karena akan mempersulit gerak-gerik mereka. Ada baiknya memberikan celah untuk matahari masuk ke halaman rumah Anda. Ini memungkinkan rumah tetap terang saat di siang hari.

Siapkan Sistem Keamanan Anti Maling

Sistem keamanan anti maling ada banyak yang bisa digunakan. Seperti CCTV, alarm, jebakan, serangan anjing, dan satpam rumah. Sesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar rumah Anda. Bila keamanan yang dibutuhkan sangat tinggi lebih baik menyewa jasa satpam pribadi.

Pasang CCTV

Memasang CCTV memungkinkan Anda untuk tetap bisa menjaga rumah dan mengawasi rumah 24 jam tanpa henti. CCTV dapat menghindarkan rumah Anda dari target maling dan berguna sebagai barang bukti yang sah saat ada kejadian di rumah Anda. Letakkan CCTV pada area yang tidak bisa dijangkau oleh maling. Sehingga, mereka tidak akan merusaknya.

Amankan Jaringan Wi-Fi

Di era digital saat ini kejahatan bukan hanya menggunakan fisik tapi lebih banyak melalui non fisik seperti penyadapan wi-fi. Orang yang menyadap wi-fi Anda akan mengambil semua informasi di perangkat yang terkoneksi dengan jaringan tersebut. Untuk itu amankan jaringan wi-fi Anda agar rumah anti maling digital.

Jaga Kebersihan Halaman Rumah

Rumah yang kotor dapat menjadi indikasi bahwa sedang tidak ada penghuni di dalamnya. Sebaiknya selalu jaga kebersihan rumah Anda khususnya di halaman depan yang terlihat oleh orang lain. Pangkas semua tanaman yang membuat rumah Anda terlihat kotor dan bila perlu cat ulang halaman depan rumah.

Siapkan Brankas Anti Maling

Brankas anti maling adalah alat yang digunakan untuk menyimpan barang berharga seperti emas, berlian, sertifikat, dan lainnya. Simpan brankas ini di tempat rahasia yang tidak diketahui oleh pembantu Anda. Ingat selalu kode keamanan yang ada di brankas tersebut untuk tetap bisa membukanya saat diperlukan.

Jalin Hubungan Baik dengan Tetangga

Kenapa ini penting? Karena bersosialisasi dengan tetangga dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan yang kuat. Rasa kekeluargaan tersebut memungkinkan kita untuk saling menjaga dan mengayomi. Anda dapat memanfaatkan peran tetangga untuk menjaga rumah saat sedang berlibur. Beri mereka tugas ringan seperti menyalakan lampu di malam hari, melapor jika ada tamu, dan lainnya.

Menanam Tanaman Berduri Dekat Jendela

Menanam tanaman berduri dekat jendela membuat maling akan kesusahan untuk memasuki rumah melalui jendela rumah. Rekomendasi tanaman yang cocok adalah bidara, mawar, dan kaktus.

Jaga Rumah Agar Tidak Kosong

Rumah yang kosong dapat meningkatkan resiko kemalingan. Pastikan rumah Anda terlihat berpenghuni walaupun kosong.

Itulah tips ampuh membuat rumah anti maling yang bisa Anda coba terapkan sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar Anda. Selalu waspada pada orang asing adalah salah satu cara untuk mencegah rumah kemalingan.

Sistem yang canggih sekalipun akan kebobolan menghadapi maling jika ada orang dalam di sekitar Anda. Simpan segala barang berharga di tempat tersembunyi dan jangan bolehkan orang lain tahu letak keberadaannya. Evaluasi secara berkala sistem keamanan yang ada di rumah Anda untuk mengetahui letak celah keamanan yang bisa dihindari sedini mungkin. Jangan lupa juga pertimbangkan sisi keselamatan yang ada pada sistem keamanan rumah Anda.

Demi menjaga rumah atau bangunan Anda tetap aman, silahkan hubungi Vinindo Corporation untuk mendapatkan gembok kunci yang berkualitas. Kami menyediakan berbagai macam jenis gembok seperti gembok kode, gembok pagar, gembok kuningan, gembok bulat anti maling dan lain sebagainya Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK