03 Jan 2022

Cara Kerja Engsel Pintu dan Cara Merawatnya

Cara Kerja Engsel Pintu dan Cara Merawatnya

Bagaimana cara kerja engsel pintu dan cara merawatnya? Sebuah pertanyaan yang terlintas saat kamu tengah memandang ke arah pintu rumah kamu. Bagaimana bisa sebuah pintu dapat membuka dan menutup kembali dengan begitu mudah dan tanpa menimbulkan suara. Tentu saja karena cara kerja engsel yang tepat dan pemasangannya yang sesuai. Nah, pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang bagaimana cara kerja engsel pintu jika ditambahkan dengan soft close.

Bagaimana Cara Kerja Engsel Pintu ?

Engsel pintu bekerja maksimal dibantu dengan peredam hidrolik yang memungkinkan pintu tertutup tanpa menimbulkan bunyi atau suara. Namun ada baiknya jika anda menambahkan soft close pada pintu. Saat pintu ditutup dan mulai mengayun, soft close akan meredam dan memperlambat kecepatan pintu seperti siput. Goncangan pada pintu juga dapat diredam adanya bantalan yang menempel pada pintu. Anda dapat mengubahnya jika kurang menyukai cara tersebut dengan cara mengencangkan atau justru mengendurkan menggunakan obeng supaya pintu dapat menutup lebih cepat atau lebih lambat. Pada dasarnya cara kerja engsel secara keseluruhan sama baik yang menggunakan soft close maupun yang tidak menggunakannya. Sisi kanan dan kiri engsel akan saling membuka ketika pintu dibuka atau ditutup.

Cara Merawat Engsel Pintu

  1. Usahakan agar engsel pintu tidak basah

Engsel pintu pada umumnya terbuat dari bahan yang rentan berkarat. Selalu usahakan agar engsel pintu anda tidak terkena air agar tidak berkarat. Pilih jenis engsel yang bagus. Jika memungkinkan, cat bagian engsel menggunakan cat yang anti air.

  1. Gunakan Cairan anti karat

Jika engsel anda terlanjur berkarat, gantilah terlebih dahulu dengan jenis yang lebih bagus dari sebelumnya. Setelah itu pasang kembali dan semprotkan cairan khusus yang tahan terhadap karat. Selain membuat engsel menjadi awet, juga dapat membuat engsel tidak macet. Namun, hal ini tidak efektif jika diaplikasikan pada engsel yang berbahan dasar plastik.

  1. Lakukan Pembersihan

Cara merawat engsel juga dapat dilakukan dengan pembersihan secara rutin. Jika tidak dilakukan, engsel akan mudah berkarat dan kusam. Gunakan sikat gigi yang sudah tidak digunakan agar dapat membersihkan secara menyeluruh. Jika engsel anda berbahan plastik, tambahkan air sabun untuk membersihkannya.

  1. Gunakan Pelumas

Engsel pintu yang cenderung mengeluarkan bunyi atau berderit biasanya engsel yang sudah lama atau sudah tua. Jika terjadi hal demikian, gunakanlah pelumas sebagai solusinya. Jangan dibiarkan dalam jangka panjang, selain bunyinya yang mengganggu juga dapat menyebabkan engsel lebih cepat mengalami kerusakan.

  1. Ganti ketika engsel sudah rusak

Terkadang ada nih yang masih tetap mempertahankan engsel rusak dengan alasan ingin menghemat. Namun langkah tersebut tentu saja keliru ya. Usahakan untuk langsung mengganti engsel yang sudah rusak. Bayangkan saja jika tidak diganti, anda akan kerepotan ketika akan membuka dan menutup pintu. Bagaimanapun juga, pintu merupakan elemen penting yang ada pada rumah anda.

Baca juga : 8 Jenis Engsel Pintu Rumah dengan Standar Ukurannya

Cara Melumasi Engsel Pintu

  • Pilih pelumas yang tepat

Hal dasar dalam melumasi engsel sebagai bentuk perawatan adalah dengan memilih pelumas yang tepat. Gunakan produk pelumas yang ujungnya lancip agar mudah mengaplikasikan pada engsel pintu. Pelumas yang terbaik yaitu pelumas yang tahan terhadap bahan litium atau silikon.

  • Mencari Pin Engsel

Sebelum melumasi, cari terlebih dahulu pin engsel pada dua sayap engsel. Kemudian lepaskan pin tersebut. Jika anda mengalami kesulitan ketika ingin melepasnya, gunakan saja cairan khusus yang didiamkan selama 12 jam. Pin akan terlepas dengan sendirinya.

  • Mulai Lakukan Pelumasan Engsel Pintu

Nah, jika pin sudah terlepas maka anda dapat melakukan pelumasan pada engsel pintu. Bersihkan terlebih dahulu dari debu dan kemudian oleskan pelumas yang telah disiapkan. Pastikan pelumasan dilakukan secara merata. Jika sudah selesai, engsel pintu anda akan berfungsi dengan baik.

Baca juga : Sudah dibersihkan tapi engsel masih berbunyi? Begini 5 langkah perbaikinya

Percayakan kebutuhan engsel pintu Anda kepada Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam produk engsel pintu, door pull, pegangan pintu, dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK