12 Jan 2023

Cara Jitu Membuat Kuas Cat Kering Kembali Bersih dan Halus!

Cara Jitu Membuat Kuas Cat Kering Kembali Bersih dan Halus!

Setelah digunakan untuk mengecat tembok dan didiamkan beberapa saat, bulu kuas biasanya akan mengering dan mengeras dengan sisa catnya. Tentunya, Anda tidak bisa mengecat dinding dengan kuas yang kering. Namun, kuas yang kering dan keras dapat dibuat halus kembali, sehingga Anda tidak perlu membeli kuas baru. Bagaimana caranya? 

Sederhananya, untuk cat berbahan dasar air Anda cukup membersihkan dengan air sabun hangat. Sedangkan, untuk cat berbahan minyak perlu dibersihkan menggunakan thinner. Supaya lebih jelas, mari simak penjelasan seputar cara membuat kuas kering kembali bersih dan halus berikut ini!

Cara Membersihkan Kuas Cat

Penting mengetahui bagaimana cara untuk membersihkan kuas cat agar bisa menjadi seperti baru dan bisa dipakai kembali yaitu dengan memperhatikan langkah-langkah dari awal sampai akhir seperti ini.

Alat dan Bahan

Sebelum membuat kuas cat yang kering menjadi bersih dan halus kembali, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan yang bisa ditemukan aau dibeli di toko bangunan terdekat di rumah, seperti berikut ini :

  • Ember 

  • Thinner 

  • Detergen 

  • Air yang hangat 

  • Sekrap 

  • Botol plastik bekas air mineral, potong menjadi dua bagian 

Cara Mengatasi Kuas Cat yang Kering Kembali Lentur

Anda telah menyiapkan bahan yang diperlukan, selanjutnya kita akan membahas cara mengatasi kuas cat kering agar lentur kembali. Mengapa hal ini penting untuk Anda ketahui? Sebab, salah satu alat yang perlu dibersihkan adalah kuas.

Membersihkan kuas yang terkena cat sangat mudah dengan thinner cat. Namun jika Anda tidak ingin tangan Anda terkena thinner dan sisa cat, Anda bisa memasukkan thinner cair atau minyak tanah ke dalam kantong plastik tahan air. 

Kemudian masukkan kuas yang sudah terkena cat ke dalam kantong plastik dan remas-remas kantong tersebut hingga cat yang menempel di kuas perlahan terkelupas dan larut di dalam thiner..

Selengkapnya, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

Tuang thinner ke dalam botol plastik

Pertama, Anda perlu menuangkan thinner secukupnya pada bagian bawah botol plastik bekas, pastikan thinner menutupi seluruh bulu kuas.

Celupkan kuas kering

Celupkan kuas yang kering dan kaku ke dalam botol plastik berisi thinner tersebut, lakukan selama kurang lebih sepuluh menit.

Kikis Kuas dengan Sekrap

Setelah direndam dengan thinner, kikis setiap lapisan bulu kuas dengan pengikis untuk menghilangkan sisa cat yang masih menempel. Gosok hingga bulu kuas agak lembut dan bebas dari sisa cat yang kering dan keras.

Tuangkan air panas ke dalam ember

Tuangkan air panas ke dalam ember dan tambahkan deterjen secukupnya.

Celupkan kuas ke dalam air sabun hangat

Lalu, celupkan kuas ke dalam air detergen hangat sambil meremas bulu kuas untuk membersihkannya. Setelah direndam dan dibersihkan dalam larutan pembersih yang hangat, pastikan bulu kuas sudah lembut dan lentur kembali agar bisa digunakan untuk mengecat dinding.

Cuci dengan air bersih

Apabila bulu kuas yang kering dan keras sudah terlihat lembut dan lentur kembali, cucilah dengan air bersih hingga sisa detergen hilang. Terakhir, keringkan kembali kuas lembut dan simpan terbalik sebelum digunakan untuk mengecat kembali.

Itulah cara membersihkan dan menghaluskan kuas cat dinding yang sudah lama dan mengeras. Semoga membantu!

Segera kunjungi DXplore Shop untuk mendapatkan kuas dengan kualitas terbaik dan memberikan kenyamanan karena cekungan pada gagang. Percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya.

Share this article
BACK