30 Aug 2022 Perbandingan dan Perbedaan Betel Topi Papak dan Lancip

Perbandingan dan Perbedaan Betel Topi Papak dan Lancip

Betel topi atau pahat yang memiliki pegangan berbentuk seperti topi merupakan salah satu perkakas pertukangan yang berupa bilah besi yang memiliki ujung yang tajam. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, betel topi ini memiliki pegangan yang terbuat dari bahan plastik dengan ujung yang bentuknya menyerupai topi.

Dalam penggunaannya, betel topi ini ditekankan pada material, kemudian diberikan dorongan dengan bantuan sebuah palu. Betel topi ini dapat digunakan untuk melakukan penipisan pada sebuah material atau benda seperti kayu, batu, maupun besi. Selain itu, betel topi juga bisa digunakan untuk membuat lubang atau kikisan pada sebuah tembok.

Bagian ujung betel topi terbuat dari baja yang keras sehingga awet dan tidak mudah hancur. Berbagai jenis betel topi telah beredar di pasaran. Masing-masing jenis memiliki fitur dan fungsi yang berbeda.

Memang sebuah betel atau pahat adalah benda atau perkakas yang sangat penting digunakan untuk mengerjakan sebuah bangunan, terutama untuk pekerjaan yang menggunakan material kayu. Namun, ternyata sebuah betel dapat digunakan untuk melubangi, mengikis, Bahkan membongkar bagian-bagian yang berhubungan dengan pekerjaan beton atau dinding batu.

Pelubangan dan pengikisan beton atau dinding batu dapat menggunakan betel topi lancip dan betel topi papak. Betel topi lancip dan betel topi papak memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Betel topi lancip memiliki ujung baja yang lancip dan tajam, sedangkan betel topi papak memiliki ujung baja yang berbentuk pipih dan tajam. Anda bisa memahami perbandingan dan perbedaan lainnya mengenai betel topi lancip dan betel topi papak dari D-Xplore melalui penjelasan berikut ini:

Spesifikasi Betel Topi / Pahat D-Xplore

Sebelum mengetahui mengenai fungsi dari betel topi papak dan betel topi lancip dari D-Xplore, Anda perlu mengetahui beberapa spesifikasi betel topi D-Xplore berikut ini:

  • Betel topi atau pahat dari D-Xplore terbuat dari bahan baja yang berkualitas.

  • Tersedia dalam dua ukuran, yaitu 10 inch dan 12 inci.

  • Pegangan betel topi D-Xplore ini terbuat dari bahan karet dan PVC yang berfungsi untuk melindungi tangan pengguna dari slip saat penggunaannya.

Fungsi Betel Topi / Pahat

Fungsi utama sebuah betel adalah untuk memotong, mengupas, memahat, mengukir, dan melubangi sebuah benda. Fungsi lain dari betel adalah:

  • Membuat sebuah bentuk siku pada bagian tepi benda yang akan dipahat.

  • Membuat sebuah benda menjadi berbentuk bulat atau oval.

  • Membuat sebuah cekungan pada suatu benda.

  • Meratakan atau merapikan hasil pahatan.

  • Mengukir sebuah benda.

Selanjutnya adalah fungsi khusus dari betel topi lancip betel topi papak. Betel topi lancip dari D-Xplore memiliki fungsi untuk melubangi beton, sedangkan betel topi papak berfungsi untuk mengikis beton.

Contoh Penggunaan Betel / Pahat

Sumber foto: https://pixabay.com

Salah satu contoh penggunaan betel topi atau pahat adalah untuk membuat mengikut beton, yaitu dengan menggunakan betel topi papak. Perhatikan penjelasannya:

  • Pegang betel topi papak pada bagian pegangannya, mendekati area pipih yang menyerupai topi.

  • Tempatkan sisi datar pada betel topi papak yang tajam pada objek yang akan dikikis.

  • Pegang betel topi dengan kuat menggunakan satu tangan, dengan jari telunjuk yang mengarah pada mata pisau.

  • Gunakan tangan lainnya untuk memukul betel topi papak dengan palu.

  • Pukulkan palu pada betel topi papak, dan buatlah kikisan yang Anda inginkan.

Anda bisa mendapatkan betel topi lancip dan betel topi papak yang berkualitas melalui tautan berikut ini Betel Topi/Pahat Beton D-Xplore.

Jika Anda sedang mencari Betel Topi/Pahat Beton D-Xplore dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK