24 Feb 2023

Cara Anda Mengecat Tembok Sudah Benar? Cek Penjelasannya di Sini!

Cara Anda Mengecat Tembok Sudah Benar? Cek Penjelasannya di Sini!

Mempercantik interior dan eksterior rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Antara lain, mendekorasi kamar, mengubah posisi sofa ruang tamu, berkebun, membuat kolam ikan hingga mengecat tembok.

Mengecat tembok menjadi aktivitas yang menyenangkan karena dapat mengubah suasana rumah sesuai dengan nuansa warna cat yang dipilih. Kendati demikian, banyak orang yang keliru untuk mengecat rumah dengan cara yang tepat. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Cara Cat Tembok yang Salah

Jika Anda ingin mengecat tembok rumah sendiri, sebaiknya memahami apa saja hal-hal yang membuat proses mengecat menjadi tidak maksimal. Berikut adalah kesalahan dalam mengecat tembok yang serin terjadi. 

Mengecat tanpa cat primer

Meski terkesan sepele, menggunakan cat dasar sangat penting sebelum Anda mengecat dengan warna cat favorit Anda.

Mengecat saat dinding kotor

Tekstur dinding yang tidak rata, retak dan banyak kotoran serta debu berpengaruh dengan hasil cat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membersihkan terlebih dahulu bagian tembok sebelum dicat. 

Mencelupkan seluruh rambut kuas ke cat

Alih-alih ingin hasil yang maksimal dan cat merata, mencelupkan seluruh rambut kuas justru membuat cat yang menempel di tembok tidak merata dan berpotensi menggumpal.

Cara Mengecat Tembok Rumah Dengan Benar

Siapkan Dahulu Peralatan

Perlengkapan mengecat harus lengkap dan tersedia di dekat Anda agar mudah dijangkau. Beberapa di antaranya adalah kuas cat, roller, kaleng cat, ampelas, dan lain-lain.

Bersihkan Dahulu Tembok Sebelum Dicat

Anda bisa mengelap tembok dengan lap basah atau menyemprot tembok dengan selang air secara menyeluruh. Setelah disiram, pastikan kotoran yang ada di tembok sudah bersih. Jika ada noda membandel, Anda dapat membasuhnya dengan air detergen lalu di lap menggunakan spons. 

Tutup Bagian yang Tidak Ingin Dicat

Seringkali tembok rumah yang lebih dari 10 tahun mengalami keretakan hingga terdapat banyak lubang dan semen mengelupas. Untuk mengatasinya sebelum mengecat Anda dapat menambal terlebih dahulu dengan acian kemudian diamplas.

Benahi Bagian Lembab dan Tutup Retakan Pada Tembok

Sebelum mulai mengecat, pastikan kondisi tembok kering dan halus, tanpa ada bagian lembab. Tetapi jika Anda ingin mengecat ruangan yang cenderung lembab, pastikan tembok dilapisi terlebih dahulu dengan material acian kedap air yang dilanjutkan dengan cat primer yang mengandung emulsi polimer. Setelah itu Anda bisa mengecat seperti biasa.

Aduk Cat Terlebih Dahulu Agar Tidak Menggumpal

Mengaduk cat menjadi salah satu langkah terpenting sebelum mengecat rumah. Anda dapat mengaduk cat selama 2-5 menit tanpa ditambahkan air. Jika Anda ingin mengecat dinding luar rumah, Anda dapat menggunakan cat yang mengandung pelapis anti bocor.

Mengaplikasikan Warna Dasar Tembok

Warna putih menjadi pilihan utama sebagai warna dasar tembok sebelum dicat menggunakan cat utama dengan warna yang sama. Tetapi jika Anda ingin cat utama dengan warna lain, Anda cukup mengamplas tembok terlebih dahulu agar hasil cat terlihat mulus. Pengaplikasian warna putih sebagai warna dasar juga berfungsi agar warna cat utama terlihat lebih terang. 

Tetapi yang mesti diingat, Anda harus mengecat warna dasar dengan warna utama di hari atau waktu yang sama, karena jika tidak akan muncul gradasi atau perbedaan warna pada bagian tembok tertentu yang membuat tampilan cat tidak merata.

Menggunakan Kuas Kecil

Selain kuas cat yang berukuran standar, Anda juga dapat menggunakan kuas kecil untuk menggapai sudut tembok atau bagian lainnya yang tidak bisa dicat menggunakan kuas biasa. Selain kuas kecil, Anda juga dapat menggunakan roller kecil untuk menjangkau sudut tembok yang sangat tinggi.

Menggunakan Teknik Pengecatan

Teknik mengecat agar tampilan tembok cantik dan rapi adalah mengecat secara berlawanan arah. Misalnya, jika cat pertama Anda cat dengan posisi kuas horizontal, maka posisikan pengecatan kedua secara vertikal. Hal ini sangat penting agar bagian-bagian yang tidak kena cat bisa tertutup secara sempurna.

Membersihkan Peralatan

Jika sudah selesai mengecat dan tidak ada tambahan warna cat lagi, segeralah mencuci semua peralatan cat sebelum mengeras. Terlebih jika Anda ingin menggunakan peralatan untuk ruangan dan warna lain.

Tips Menyimpan Cat Agar Awet

Rapikan semua alat dan cat yang masih tersisa lalu taruh di tempat yang bersih. Khusus untuk cat yang masih tersisa, pastikan ditaruh di wadah tertutup. Buanglah cat di tempat yang semestinya. 

Itulah langkah-langkah cara mengecat tembok yang benar. Anda dapat menggunakan semua tips ini untuk mengecat rumah Anda dengan cat favorit Anda. Anda juga bisa menyesuaikan warna cat dengan karakter atau suasana yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin nuansa rumah yang hangat, Anda dapat mengecat dengan warna-warna soft atau pastel, misalnya sage green, coklat muda, abu-abu, atau warna earth tone lainnya. 

Segera kunjungi DXplore Shop untuk mendapatkan kuas dengan kualitas terbaik dan memberikan kenyamanan karena cekungan pada gagang. Percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK