08 Jan 2021 7 Jenis Handle Pintu yang Ada

7 Jenis Handle Pintu yang Ada

PERHATIAN: Info tips dan keterangan mengenai handle pintu ini diberikan hanya sebagai bantuan. Cara pemasangan handle pintu memerlukan petunjuk dan cara yang tepat untuk mengerjakannya. Melakukan ini di luar petunjuk dan cara yang tepat bisa merusak pintu dan bahkan berbahaya. Kami tidak bertanggungjawab atas kerugian yang terjadi. Hubungi kami sebagai distributor handle pintu untuk kebutuhan anda.

Siapa sangka, ternyata jenis handle pintu sangatlah bermacam-macam. Pabrikan membuatnya berdasarkan berbagai alasan serta tujuan. Tentu terobosan ini menambah gairah dalam dunia interior dan exterior design karena Anda memiliki lebih banyak pilihan untuk mempercantik property. Seperti apakah model yang tersedia tersebut?

Model handle konvensional memang sekarang tidak terlalu menjadi pilihan utama. Banyak dari Anda pasti menginginkan sesuatu yang baru dan berbeda untuk menambah estetika rumah. Hal ini karena desain masa kini akan memudahkan selera banyak orang, terutama untuk hunian berkonsep modern, minimalis, hingga klasik.

Untungnya, gagang pintu di pasaran sekarang sangat bervariasi. Mulai dari fitur, bahan, hingga modelnya banyak yang menarik untuk dipilih. Ini artinya, lebih mudah bagi Anda untuk menyesuaikannya sesuai model unit akses keluar masuk rumah. Warna yang tersedia juga memiliki nilai seni tinggi dan bermacam harganya.

Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui seperti apakah sebenarnya model di pasaran sekarang. Cara ini akan lebih mudah bagi Anda dalam memilih satu yang paling sesuai hunian atau property lainnya. Tidak perlu lama-lama lagi, di bawah ini adalah 7 ternyata jenis handle pintu super elegan dan cantik.

Lever on Backplate dan Lever on Rose

Jika diperhatikan, gagang tersebut adalah tipe standar. Banyak dari Anda pasti menggunakan jenis ini. Tampilannya lebih seperti perpaduan dari tuas besi yang kemudian ditambahkan dengan piringan kunci. Piringan ini diletakkan di bagian balik handle nya. Tipe lever backplate dibedakan lagi menjadi dua produk berbeda.

Produk tersebut adalah dengan atau tanpa kunci. Bentuknya pun beragam, mulai dari persegi, melengkung, klasik, hingga tradisional. Jenis handle pintu selanjutnya dikenal dengan nama lever on rose. Sebenarnya, sekilas memang hampir sama dengan sebelumnya yakni lever on plate. Namun, tentu terdapat beberapa perbedaan.

Yang paling terlihat adalah terdapat beberapa ornament berbentuk bundar atau persegi pada sekeliling gagang. Bukan tanpa alasan, ornament tersebut dibuat dengan tujuan tertentu. Utamanya, pembuatannya adalah untuk membuat tampilan handle menjadi lebih halus. Kemudian, ornament ini juga digunakan untuk menyembunyikan suatu instalasi yang ada di dalamnya.

Ukuran dari handle pintu cantik ini lebih kecil dibandingkan dengan lever on backplate. Slot kunci juga tidak disematkan. Namun, untuk modelnya memang beragam dilihan dari bahan yang dipakai. Sebagai contoh adalah lapisan kromium, stainless steel, sampai bentuk gagang melengkung. Semuanya nampak indah dan estetik.

Gagang Berbentuk ‘D’ Serta Pilihan Lain

Beberapa dari Anda sebaiknya menggunakan gagang berbentuk huruf ‘D’. Para desainer interior mengatakan bahwa jenis handle pintu ini cocok sekali dengan model gerbang atau unit tanpa kaitan berkonsep sistem geser. Bentuk D dianggap mencerminkan kesan klasik dan bersih karena cukup sederhana.

Tipe lain untuk digunakan adalah gagang tarik tanpa adanya tuas. Biasanya tipe ini juga dikenal dengan nama flush pull handle. Pilihan ini tepat sekali untuk jenis pintu geser. Seperti namanya, Anda tidak akan menemukan adanya tuas dalam style tersebut. Sebagai gantinya, pabrikan membuat bagian seperti ceruk dilengkapi kaitan kecil.

Inilah bagian yang bisa dijadikan pegangan. Proses membuka dan menutup pitu geser pun lebih mudah. Tidak ada hambatan berarti ditemukan. Masih adakah jenis handle pintu lainnya? Tentu saja dan biasanya disebuat dengan kenop pintu kuno. Tahukah anda, model ini kabarnya telah menjadi model yang telah digunakan selama ratusan tahun.

Ciri khasnya adalah bentuk bulat standar tanpa terlalu banyak hiasan. Untuk mengoperasikannya, Anda hanya perlu untuk memutar kenopnya dengan perlahan. Ada berbagai macam jenis gaya yang dapat untuk dipilih. Misalnya saja seperti tradisional, antik, sampai dengan modern. Cocok sekali dengan berbagai desain rumah keren masa kini.

Gagang Lemari Tangkup dan Tarik

Kita mulai dari jenis handle pintu lemari tangkup. Banyak dari Anda pasti sudah pernah menjumpainya. Biasanya disebut juga dengan nama cabinet cup handle. Seperti namanya, item ini sering diaplikasikan pada lemari dapur serta pakaian. Bentuknya menonjol dengan desain semi bundar. Hampir sama dengan flush pull diatas.

Beraga, bentuk dan warna tersedia di pasaran meski memang modelnya tidak terlalu banyak. Pilihlah sesuai kebutuhan hunian. Jenis lainnya adalah gagang lemari tarik. Seringkali item tersebut dipasang pada berbagai tipe lemari. Jika dilihat, bentuknya hampir mirip dengan bangku taman dengan dudukan panjang serta dua kaki.

Nah, gagang huruf D seperti yang sudah disebutkan sebelumnya merupakan salah satu contohnya. Versi lain adalah model handle pintu panjang. Di pasaran ada banyak sekali brand untuk dipilih. Mereka menawarkan desain, warna, ukuran, serta fungsi yang variatif. Jangan sampai semua aspek tersebut justru membuat bingung.

Sebelum membeli, pastikan Anda mencari banyak referensi. Sesuaikan juga dengan model gerbang dan rumah yang Anda miliki. Jangan lupakan mengenai aspek ketahanan serta keamanannya. Intinya, jangan hanya melihat jenis handle pintu dari kecantikannya saja, melainkan pertimbangkan fungsinya dengan baik.

VININDO Corporation menyediakan berbagai macam jenis handle pintu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Saat ini kami lagi mencari reseller handle pintu yang bersedia bekerja sama dengan kami menjual handle pintu Vintage dan Aomori kami. Silahkan hubungi kami jika anda tertarik menjadi reseller handle pintu kami.

Share this article
BACK