21 Jul 2023

Pastikan Sudah Ditinjau! ini Dia Berbagai Aksesoris dan Handle untuk Pintu Kayu

Pastikan Sudah Ditinjau! ini Dia Berbagai Aksesoris dan Handle untuk Pintu Kayu

Pintu merupakan komponen penting dalam desain interior rumah, terdapat berbagai jenis pintu yang dapat digunakan. Salah satunya adalah pintu kayu. Selain meninjau tampilan dan kualitas kayu yang bagus. Pemilihan handle pintu dan aksesoris ternyata sama pentingnya karena juga berperan penting dalam menjaga fungsi dan estetika pintu kayu. 

Pada artikel ini, akan dibahas sejumlah serba-serbi pentingnya pemilihan handle yang sesuai. Mulai dari pembahasan tentang jenis handle untuk pintu kayu, material handle yang tepat, fungsi aksesoris pintu kayu, serta handle dan aksesoris yang tepat untuk pintu kayu. Lantas, seperti apa penjelasannya? Berikut adalah pembahasannya.

Pentingnya Pemilihan Handle yang Sesuai

Pemilihan handle yang sesuai sangat penting untuk dilakukan, karena berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan saat menggunakan pintu kayu. Handle yang tepat akan memberi kemudahan dalam membuka dan menutup pintu secara lancar.

Sementara itu, jenis handle yang tidak sesuai dapat menyebabkan kesulitan dan bahkan kerusakan pada pintu. Karena selain membantu proses buka-tutup pintu, handle sendiri memiliki peran yang cukup penting, yakni dalam memberikan sentuhan estetika dan gaya pada pintu kayu.

Jenis-jenis Handle untuk Pintu Kayu

Sejumlah jenis handle yang biasanya diaplikasikan pada pintu kayu. Ada berbagai jenis handle yang variatif dan memiliki keunggulannya masing-masing. Bahan material yang digunakan dalam handle pintu sendiri sifatnya juga beragam. 

Dan Berikut ini adalah penjelasan mengenai masing-masing jenis handle untuk pintu kayu mulai dari handle lengan, sampai handle pintu geser.

1. Handle Lengan

Yang pertama ada handle lengan. Jenis handle lengan adalah jenis yang paling umum digunakan pada pintu kayu. Handle ini terdiri dari pegangan yang panjang dengan dua ujung yang digunakan untuk membuka dan menutup pintu. Handle lengan tersedia dalam berbagai desain dan material, seperti logam, kayu, atau plastik.

2. Handle Engsel

Handle engsel merupakan tipe handle yang dipasang di bagian sisi pintu yang berlawanan dengan engsel. Fungsinya adalah untuk membantu mengangkat atau menurunkan pintu dengan mudah. Handle engsel ini biasanya memiliki bentuk pegangan yang lebih kecil dan ramping.

3. Handle Mortise

Berikutnya ada handle mortise, handle jenis ini biasanya digunakan pada pintu dengan jenis mortise lock. Handle mortise terpasang secara menyeluruh pada pintu dan memiliki desain yang lebih dekoratif. Handle mortise memberikan kesan elegan dan klasik pada pintu kayu.

4. Handle Pintu Geser

Handle yang terakhir adalah handle pintu geser digunakan pada pintu geser atau sliding door. Handle ini memiliki desain yang ramping dan ditempatkan pada sisi pintu yang dapat digeser. Handle pintu geser memberikan kemudahan pada pengguna dalam membuka dan menutup pintu geser dengan nyaman.

Material Handle yang Tepat

Material handle pintu yang dipilih juga perlu diperhatikan. Karena berperan penting untuk memastikan kekuatan, keawetan, dan tampilan yang sesuai pada handle. Beberapa material handle yang umum digunakan pada pintu kayu adalah sebagai berikut

1. Logam

Komponen logam, seperti stainless steel atau besi, populer karena kekuatan dan ketahanannya terhadap korosi. Material ini memberikan tampilan yang modern dan cocok untuk berbagai desain interior.

2. Kayu

Handle yang memiliki material kayu memberikan sentuhan alami dan hangat pada pintu kayu. Sebaiknya kayu yang digunakan dapat disesuaikan dengan jenis kayu pintu, sehingga tercipta harmoni visual yang baik.

3. Plastik

Handle plastik juga sering digunakan pada pintu dengan desain yang lebih sederhana atau modern. Handle plastik hadir dalam berbagai warna dan gaya yang dapat disesuaikan dengan selera dan gaya interior Anda.

Fungsi Aksesoris Pintu Kayu

Selain handle, terdapat beberapa poin penting yang perlu diketahui tentang aksesoris. Yang mana aksesoris sendiri berperan penting dalam fungsi dan keamanan pintu kayu. Seperti misalnya kunci yang merupakan aksesoris penting yang digunakan untuk mengamankan pintu dan mencegah akses yang tidak diinginkan. Ada berbagai jenis kunci yang variatif. 

Engsel yang dapat menghubungkan pintu dengan bingkai pintu. Sampai berbagai bentuk aksesoris lainnya yang dapat mengoptimalkan peranan pintu sebagai media keluar masuk.

Berbagai Aksesoris dan Handle Tepat untuk Pintu Kayu

Ada berbagai tipe handle dan aksesoris yang tepat digunakan untuk pintu kayu. Selain mengoptimalkan peranan pintu kayu, aksesoris dan handle ini juga dapat mempercantik tampilan pintu agar terkesan tidak monoton. 

1. Memilih Jenis Handle yang Tepat

Yang pertama kali harus dilakukan adalah memilih jenis handle yang tepat. Di antaranya pilihan handle yang seringkali digunakan pada pintu kayu telah disebutkan pada poin sebelumnya. Mulai dari handle lengan, handle engsel, handle mortise, hingga handle pintu geser.

Pilihan handle dikembalikan sesuai dengan kenyamanan, relevansi, dan fungsionalitas dari pintu kayu itu sendiri. Maka dari itu, pastikan anda memilih handle dengan bijak.

2. Kunci

Pilihlah kunci yang sesuai dengan tingkat keamanan yang diinginkan. Kunci dengan sistem keamanan yang canggih seperti kunci elektronik atau kunci sidik jari dapat menjadi pilihan yang baik untuk keamanan pintu kayu.

3. Engsel

Pastikan engsel yang dipilih kuat dan tahan lama. Engsel dengan bahan logam yang berkualitas tinggi dan sistem peredam suara dapat memberikan keamanan dan kenyamanan saat membuka dan menutup pintu.

4. Penahan Pintu (Door Stopper)

Pilihlah penahan pintu yang terbuat dari bahan yang fleksibel seperti karet untuk melindungi dinding dari benturan pintu. Penahan pintu dengan desain yang estetis dapat menjadi tambahan dekoratif pada pintu kayu.

5. Pelat Penguat (Strike Plate)

Pastikan pelat penguat terbuat dari logam yang kuat dan kokoh. Pelat penguat yang terpasang dengan baik pada bingkai pintu dapat meningkatkan keamanan dan stabilitas pintu kayu.

6. Pengunci Lantai (Floor Bolt)

Pilih pengunci lantai yang mudah diaktifkan dan dinonaktifkan. Pengunci lantai yang terbuat dari bahan yang tahan lama dan sistem pengunci yang kuat dapat memberikan perlindungan tambahan pada pintu kayu.

Memilih handle dan aksesoris yang tepat untuk pintu kayu adalah langkah penting dalam menjaga fungsi, keamanan, dan estetika pintu. Pastikan untuk memilih handle yang sesuai dengan jenis pintu kayu Anda, memperhatikan material yang berkualitas, serta memilih aksesoris yang mendukung fungsi dan keamanan pintu. 

Dengan pemilihan yang tepat, handle dan aksesoris akan memberikan sentuhan yang indah pada pintu kayu Anda dan meningkatkan pengalaman penggunaan pintu secara keseluruhan.

Jika Anda sedang mencari handle pintu dengan kualitas terbaik, percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Selain menjual handle pintu, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan pintu seperti engsel pintu, door closer dan lainnya. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK