07 May 2021 Berbagai Jenis Engsel Pintu Rumah dan Ukuran yang Dimilikinya

Berbagai Jenis Engsel Pintu Rumah dan Ukuran yang Dimilikinya

Jenis engsel pintu rumah tentu saja berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan yang dimilikinya. Apa arti pintu bila tidak memiliki engsel. Bila tidak menggunakan engsel, pintu rumah tidak bisa digerakkan. 

Padahal, pintu digunakan sebagai akses untuk masuk dan keluar. Walaupun seperti tidak terlihat, keberadaan yang dimilikinya sangat penting. Apalagi ada berbagai macam jenis yang dimiliki engsel pintu ini.

Jenis Engsel Pintu Rumah Beserta Ukurannya

Karena begitu pentingnya engsel pintu untuk sebuah rumah, tentu saja tidak lengkap rasanya bila Anda tidak mengetahui jenis-jenisnya. Ini dia jenis engsel pintu yang biasanya digunakan di rumah-rumah:

  1. Engsel pintu kupu-kupu

Pemberian nama engsel pintu kupu-kupu disebabkan karena bentuknya yang sangat mirip dengan kupu-kupu. Biasanya, engsel kupu-kupu memiliki bentuk yang tipis serta terbuat dari logam.

Biasanya, engsel kupu-kupu juga dibuat dari bahan kuningan. Engsel ini biasanya digunakan untuk penghubung antara daun pintu dan bingkai pintu. Karena bahan engsel kupu-kupu ini tidak begitu berat, tentunya pintu yang digunakan juga tidak begitu berat.

Biasanya, engsel kupu-kupu digunakan untuk menghubungkan pintu yang dibuat dari bahan uPVC dan alumunium. 

Sedangkan jika dari segi ukuran, jenis engsel kupu-kupu ini memiliki ukuran 1,5 inci, 2 inci, hingga 4 inci. Tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan.

  1. Engsel sendok

Jenis engsel pintu rumah lainnya adalah engsel sendok. Nama engsel sendok diberikan disebabkan karena bentuk yang dimilikinya. Biasanya, engsel ini digunakan untuk daun pintu lemari, kotak penyimpanan hingga kabinet. 

Ada 2 jenis engsel sendok ini. Pertama, engsel lurus. Biasanya, jenis ini digunakan untuk pintu luar, sesudah dipasang biasanya hanya bagian pintu saja yang terlihat dari luar.

Jenis lainnya adalah engsel bengkok. Engsel bengkok sering digunakan untuk pintu dalam. Baik engsel lurus maupun bengkok, keduanya tidak memiliki perbedaan dalam proses pemasangan. Selain itu jarak lubang juga tidak memiliki perbedaan. 

Ukuran engsel ini terbagi menjadi 2 yaitu mini dan standar. Untuk pintu rumah ukuran biasa, Anda dapat memilih ukuran standar, sedangkan untuk pintu separuh, Anda bisa memilih ukuran mini. 

  1. Engsel patrom

Engsel pintu yang memiliki bentuk H menjadi engsel yang biasanya digunakan untuk pintu dengan bobot yang ringan seperti pintu yang menggunakan bahan alumunium. 

Engsel patrom sangat cocok untuk pintu rumah yang sedang direncanakan untuk diperluas di lain hari. Varian dari engsel patrom ini sangat banyak. 

Sedangkan ukuran, ukuran engsel patrom cukup beragam, ada engsel dengan ukuran 80 X 50 mm, ada juga ukuran 140 X 60 mm. Anda bisa memilih sesuai dengan ukuran pintu yang nantinya Anda pasang. 

  1. Engsel piano

Jenis engsel pintu rumah yang lainnya adalah engsel piano. Memiliki nama engsel piano disebabkan karena sejarah yang dimilikinya. Engsel ini dulunya digunakan untuk daun penutup piano.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, engsel piano digunakan untuk daun jendela, daun pintu pada lemari dan daun pintu. Engsel piano lebih banyak dipilih karena tingkat kepraktisan yang dimilikinya.

Biasanya engsel piano ini dijual dengan bentuk per meter atau dalam bentuk gulungan, sehingga dapat Anda gunakan untuk beberapa jendela atau beberapa pintu sekaligus. 

  1. Engsel panel

Bentuk engsel panel sangat mirip dengan engsel kupu-kupu. Namun, perbedaannya, engsel ini sangat kokoh dan tebal. Engsel panel sengaja dirancang untuk daun jendela dan pintu dengan bahan yang berat dan tebal.

Biasanya, engsel panel digunakan untuk daun pintu dari kayu merbau, kayu bangkirai atau kayu jati. Engsel panel bukan hanya diproduksi dari bahan logam saja karena tidak sedikit engsel panel yang diproduksi dari bahan plastik.

Mirip dengan engsel kupu-kupu, jenis engsel ini memiliki beberapa ukuran yaitu ukuran 4 inci, ukuran 3 inci, serta ukuran 6 inci. Karena memiliki bahan yang kuat dan tebal, harga yang dimiliki engsel ini cukup mahal. 

  1. Engsel koboi

Jenis engsel pintu rumah, engsel koboi biasanya digunakan untuk daun pintu yang bisa digerakkan atau diayunkan. Engsel ini memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan jenis engsel lain. 

Engsel koboi sangat cocok untuk pintu seperti di restoran, karena ingin memunculkan kesan yang berbeda dari jenis lainnya. Contohnya Anda bisa memasangnya untuk menghubungkan pintu dari pintu utama restoran ke dapur. 

  1. Engsel bubut

Engsel bubut memiliki bentuk silinder serta terdapat lubang pada bagian tengahnya. Kemudian di bagian porosnya merupakan inti penggerak dari putaran engsel. Biasanya, engsel ini dibuat dari besi serta digunakan untuk melengkapi pintu pagar besi. 

Memilih engsel yang paling tepat untuk rumah sebenarnya mudah, karena Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan jenis pintu yang ingin Anda pasang. Bila ingin melakukan improvisasi, pastikan memilih jenis engsel pintu rumah yang masih sesuai.

Share this article
BACK