05 Apr 2021 10 Alat Pertukangan yang Harus Dimiliki dari Palu Sampai Oli!

10 Alat Pertukangan yang Harus Dimiliki dari Palu Sampai Oli!

Dalam memiliki rumah, banyak kejutan yang akan terjadi di rumah. Mungkin saja engsel pintu kamar yang tiba-tiba macet, atau keran kamar mandi yang mendadak mati.

Kerusakan seperti itu memang ditanggung pemilik rumah. Namun, untuk meminta bantuan tentunya ini akan sedikit rumit. Bisa saja meminta bantuan, tetapi pasti tidak bisa langsung diperbaiki.

Karena itu, tidak ada salahnya jika anda menyiapkan sendiri alat pertukangan di rumah. Alat-alat tersebut akan berguna di saat-saat mendesak seperti ini. Berikut 10 alat tukang yang seharusnya ada di rumah. Simak sampai selesai!

Palu dan Paku

Sepasang alat tukang ini wajib ada di rumah. Tak hanya berguna saat ada barang rusak saja, tapi paku dan palu banyak manfaatnya. Contohnya jika anda ingin menambahkan gantungan baju atau yang lainnya.

Obeng

Obeng juga menjadi salah satu alat pertukangan yang wajib ada di rumah. Fungsi obeng memang tidak begitu banyak, tapi bisa saja sewaktu-waktu anda butuhkan. Misalnya saat baut di lemari tiba-tiba kendur, anda bisa segera menanganinya. 

Tang

Buat apa butuh tang? Jangan salah, tang bisa dijadikan media untuk membuka tutup galon seandainya tidak ada pisau. Itu hanya permisalan, ya. Tentunya, fungsi tang adalah untuk membengkokkan kawat, mengelupas kabel, atau memotong besi. Permasalahan yang mungkin tidak pernah terpikir oleh anda, tapi bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Kuas

Alat pertukangan yang tidak boleh ketinggalan adalah kuas. Untuk apa kuas? Untuk berkreasi jika anda kebetulan suka berkreasi seperti membuat hiasan-hiasan dinding DIY. Selain itu, kuas juga bisa digunakan untuk membersihkan kipas angin, lho! Miliki kuas yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan, karena kuas banyak ukurannya.

Baut dan Mur

Jika sudah menyediakan obeng, sediakan pula pasangannya, yakni baut dan mur. Mungkin baut dan mur terdengar sepele dan tidak begitu diperlukan. Namun, sewaktu-waktu anda bisa dihadapkan dengan masalah yang membutuhkan kedua benda itu. Misalnya saja saat akan merakit lemari belajar, maka baut dan mur dibutuhkan untuk menyatukan beberapa komponennya.

Kunci Inggris

Ini juga merupakan alat pertukangan  yang berpasangan dengan mur dan baut. Fungsi kunci inggris adalah untuk mengencangkan atau mengendorkan mur. Jadi, banyak hal yang bisa diperbaiki dengan kunci ini, termasuk mur di kendaraanmu yang kendor. Kunci Inggris punya beberapa ukuran. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Pita Ukur

Untuk apa alat tukang ini ada di rumah? Wah, jangan salah, anda akan memerlukan pita ukur jika anda termasuk orang yang rajin mendekor kamar. Seperti memasang wallpaper dinding misalnya. Tanpa pita ukur, anda akan kewalahan melakukan kegiatan ini. 

Lem

Alat pertukangan  yang satu ini juga jadi keperluan yang seringkali tidak disadari. Misalnya saja untuk merekatkan jadwal kuliah atau hiasan-hiasan lain di dinding. Di rumah biasanya butuh lem kertas juga lem aibon. Apalagi untuk anda yang suka berkreasi mendekor ulang kamar, lem pasti akan sangat dibutuhkan.

Mesin Bor

Punya mesin bor di rumah tampaknya agak anti mainstream, ya. Namun, bukannya mesin bor ini tidak diperlukan, lho! Lagi-lagi, jika anda rajin mendekor ulang kamar rumah anda sesuai keinginan, makan mesin ini tentu akan dibutuhkan.

Mesin bor berguna untuk membuat lubang di bidang tertentu seperti dinding. Anda bisa memilih alat pertukangan berupa mesin bor tangan untuk pekerjaan sederhana di kamar.

Oli

Selanjutnya adalah oli. Apa fungsi oli di rumah? Tentu banyak fungsinya, terutama bagi kita yang punya kendaraan. Namun, oli juga punya fungsi lain, lho! Misalnya saja, jika engsel di pintu rumah mulai berderit. Itu tandanya engsel tersebut seret. Memberikan oli bisa membuat engsel kembali licin dan tidak berderit lagi.

Sebagai catatan, jangan sembarangan saat menggunakan oli, ya, karena alat pertukangan satu ini licin dan membuat area sekitar menjadi kotor.

Tips jika anda sudah menyediakan semua alat tukang tersebut di rumah adalah menyimpannya dengan benar. Anda bisa menggunakan tool box atau kardus khusus untuk alat-alat itu. Jika perlu, tandai alat tersebut dengan nama atau inisial. Hal ini penting agar peralatan tersebut tidak hilang. Barang hilang bisa terjadi karena saling pinjam dan sebagainya tentu sudah lumrah. Namun, tidak ada salahnya mengantisipasi, bukan? 

Itulah 10 alat pertukangan yang harus ada di rumah. Nah, apa saja yang sudah ada di rumah anda? Semoga bermanfaat, ya!

Share this article
BACK