18 Feb 2022

Memilih Engsel Pintu yang Tepat dan Cara Pemasangannya

Memilih Engsel Pintu yang Tepat dan Cara Pemasangannya

Walaupun engsel berbentuk kecil namun ternyata menjadi komponen vital dalam hal pemasangan jendela, pintu, dan sebagainya. Jenis dan model engsel  ini bermacam-macam sesuai kebutuhan penghuni rumah. Beberapa diantaranya adalah engsel kupu-kupu yang populer dan sering digunakan oleh banyak orang. Tersedia dalam ukuran 3 inchi sampai 6 inchi. Namun tidak dapat digunakan untuk jenis jendela atau pintu yang memiliki beban berat. Selanjutnya Engsel Lurus yang termasuk kedalam varian engsel sendok. Saat engsel dipasang tidak akan tampak karena bentuknya yang kecil. Cara pemasangannya sama dengan engsel yang lain. Hanya ukuran pintu yang jadi pembeda. 

Berikutnya Engsel Sendok yang diperuntukkan untuk pintu kabinet, lemari dan furniture sejenis. Engsel Panel direkomendasikan untuk properti dengan beban yang berat. Modelnya mirip seperti engsel kupu-kupu, Hanya saja lebih besar dan lebih tahan lama. Variasi ukuran engsel ini mulai dari 3 inchi – 6 inchi. Dan yang terakhir Engsel Gudang. Diaplikasikan pada pintu gudang atau pintu garasi. Berbentuk panjang mengerucut serta memiliki berat pada daun pintunya. Terdapat beberapa lubang di setiap sisi yang digunakan sebagai pengunci agar menempel kokoh pada pintu terkait.

Cara memilih engsel pintu yang tepat

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis engsel di atas, ada baiknya jika anda menyimak tips bagaimana  Memilih Engsel Pintu yang Tepat dan Cara Memasangnya.

1. Perhatikan berat, lebar, tinggi, dan arah bukaan pintu

Hal pertama yang harus diperhatikan agar dapat memilih engsel pintu yang tepat adalah dengan memperhatikan berat, lebar, tinggi dan kemana arah bukaan pintu. Tujuannya tentu saja supaya mengetahui kekuatan engsel dan jenis mana yang selaras. Jangan memilih secara asal-asalan dapat menyebabkan engsel cepat rusak.

2. Perhatikan material pembuatan engsel dengan fungsi dan penempatan

Selanjutnya, perhatikan material engsel, fungsi serta penempatannya. Material engsel yang dapat digunakan ada beberapa jenis seperti kuningan, baja dan stainles stell. Bahan stainless memiliki banyak peminat karena tahan terhadap karat. Pilih engsel dengan lempengan pelat dari bearing besi dan spare yang rapat. Tidak semua engsel tahan terhadap kelembaban. Itulah pentingnya menyesuaikan antara material engsel dengan fungsi dan penempatannya. 

3. Sesuaikan ukuran engsel dengan pintu

Setelah mengetahui bahan engsel, anda juga harus memperhatikan ukuran engsel dengan pintu. Gunakan engsel berukuran 4-5 inci Jika pintu rumah berukuran 220 cm dan memiliki lebar 90cm. Kami rekomendasikan untuk memilih ukuran 5 inci karena dapat menahan beban berat. Sedangkan pintu berukuran 21 cm cukup dipasang dua engsel saja. Sedangkan pintu dengan ukuran 220 cm, gunakan 3 buah engsel. 

4. Hati-hati saat sedang memasang engsel

Berhati-hatilah saat melakukan pemasangan engsel pintu. Karena jika salah dalam pemasangan juga akan mempengaruhi saat pintu akan dibuka atau ditutup. Selain itu, engsel berpotensi mengalami kerusakan. Mintalah bantuan kepada orang terdekat saat anda mengalami kesulitan ketika akan memasang engsel.

Cara memasang engsel pintu

  • Pilih engsel dengan kualitas yang tepat serta sesuaikan dengan kebutuhan

  • Ukur dan tentukan titik pemasangan engsel

  • Gunakan pahat untuk membuat coakan pada pintu, namun jika pintu terbuat dari PVC maka gunakan bor untuk melubanginya

  • Setelah itu pasang engsel dan kencangkan dengan baut dengan kuat

  • Engsel sudah terpasang pada pintu

Itulah pembahasan tentang bagaimana cara memilih engsel pintu yang tepat serta cara memasangnya. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi yang terbaik agar anda tidak salah dalam memilih dan memasang engsel.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam engsel pintu stainless steel yang kokoh dengan berbagai macam model. Selain engsel pintu, kami juga menyediakan door pull, kunci pintu, pegangan pintu, bodi kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK