01 Jul 2021 Cara Pemasangan Kait Angin Jendela dengan Mudah

Cara Pemasangan Kait Angin Jendela dengan Mudah

Sangat mudah dalam mengetahui cara pemasangan kait angin. Kait angin merupakan salah satu aksesoris jendela yang sangat dibutuhkan.

Setiap rumah pastinya memiliki minimal 1 jendela setiap rumah. Hal itu dikarenakan jendela berguna untuk mengatur sirkulasi udara baik udara masuk ataupun keluar.

Dibutuhkan kait angin atau hak angin untuk membuat jendela tersebut tetap terbuka. Sehingga Anda hanya perlu membuka nya dan mengaitkannya apabila ingin mengeluarkan sirkulasi udara. 

Pada setiap jendela umumnya memakai 2 pengait. Itu dikarenakan untuk meningkatkan kekuatan apabila ada angin besar yang menerpa jendela tidak akan terbanting dan membuat kaca jendela pecah.

Seringkali ada saja dikarenakan pengaitnya tidak kuat atau pada saat cara pemasangan kait angin tidak benar akan membuat jendela terbanting dengan kusen. Hal itu dapat sangat berbahaya karena dapat menimbulkan suara keras hingga kaca pecah.

Penjelasan Mengenai Kait Angin Jendela

Kait angin atau biasa disebut dengan pengait jendela merupakan sebuah aksesoris jendela yang membuatnya tetap terbuka. Sehingga rumah akan tetap mendapatkan angin dari luar yang menyegarkan.

Dengan adanya pengait tersebut akan membuat rumah terlihat lebih indah ketika dilihat dari luar. Oleh karena itu Anda dapat dengan mudah mengetahui cara pemasangan kait angin pada setiap jendela di rumah.

Anda dapat membeli kait pengait ini di toko bangunan terdekat. Tetapi biasanya pengait ini sudah termasuk kedalam paket ketika Anda membeli jendela.

Pada dasarnya alat ini memiliki 2 bagian utama, yaitu bagian hook dan bagian rumah kait. Bagian hook yaitu bagian yang berfungsi sebagai pengait yang biasanya ujungnya berbentuk seperti kail pancing, dan rumah kait merupakan bagian untuk menyangkutkan hook tersebut.

Pemasangan kedua bagian utama itu memiliki cara yang sama yakni dengan prinsip pemasangan baut. Pemasangan baut harus kencang jangan sampai kendor ataupun lepas untuk lebih menambah keamanan.

Seringkali kita melihat banyak sekali model dan jenis dari hak angin ini. Mulai model dengan gaya retro hingga modern, bahkan ada jenis pengait hidrolik.

Bahan yang digunakan untuk pengait juga sangat beranekaragam. Seperti ada pengait dari bahan alumunium, besi biasa, chrome dan sebagainya.

Untuk memasang kait angin ini ada beberapa ukuran atau panjang dari hooknya. Anda bisa memilih ukuran hook itu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sendiri.

Ukuran yang biasanya ada di toko bangunan yaitu mulai dari terpendek dengan ukuran 3 inchi hingga terpanjang yaitu 16 inchi. Umumnya pada setiap rumah, orang menggunakan yang berukuran 8 inchi tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.

Cara Pemasangan Kait Angin dengan Mudah

Sangat mudah sebenarnya untuk mengetahui cara pemasangan kait angin. Anda tidak perlu banyak membutuhkan alat-alat yang sulit didapatkan.

Alat-alat yang diperlukan ketika memasang antara lain yaitu obeng, baut, dan bor jika diperlukan. Peralatan tersebut sangat mudah ditemukan bahkan setiap keluarga mungkin memiliki peralatan tersebut.

Anda bahkan tidak perlu repot untuk menyewa tukang ketika akan memasang. Hal tersebut akan membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih.

Tidak terlalu sulit dalam cara pemasangan kait angin ini. Hanya ada beberapa langkah saja hingga pemasangan selesai, tidak membutuhkan waktu yang lama juga.

  1. Langkah pertama adalah Anda harus menentukan letak untuk hook dan rumah kait. Untuk hooknya tempatkan di kusen jendela sedangkan untuk rumah kait ditempatkan di bagian bawah maupun sisi jendela.

  2. Pastikan letak kedua bagian tersebut harus lurus tidak ada pergeseran dari kedua bagiannya.

  3. Jika posisi sudah dikira pas dengan yang diinginkan, lakukanlah memasang hook terlebih dahulu pada bagian kusen jendela. Dengan cara menyekrup hook pada kusen menggunakan sekrup atau baut.

  4. Setelah hook terpasang di kusen, langkah selanjutnya yaitu memasang rumah kait pada jendela dengan cara yang sama ketika memasang hook pada kusen.

  5. Langkah terakhir yaitu mencoba kait angin, apakah sudah berfungsi dengan baik atau masih melenceng.

  6. Apabila ada kesalahan lepas kembali bagiannya lalu lakukan langkah awal hingga sampai akhir hingga berhasil berjalan sesuai fungsi.

Dalam cara pemasangan kait angin ini dibutuhkan ketelitian untuk mengukur posisi yang pas dari hook maupun rumah. Hal tersebut dilakukan agar ketika dikaitkan, hook tidak akan melenceng dan akan membuat tidak menarik dilihat.

Selain berfungsi sebagai aksesoris rumah yang membuat indah dipandang. Alat ini juga berfungsi untuk menahan jendela agar tidak tertutup.

Pemilihan bahan juga harus diperhatikan sebelum membelinya. Pilihlah dengan bahan yang kuat agar dapat menahan beban dari jendela dan dorongan dari angin.

Pemilihan ukuran pun harus diperhatikan ketika ingin membeli. Hal itu dikarenakan agar saat dipasang, kait angin tidak lepas dan membuat jendela terbentur dengan kusen, Sehingga membuat rusak.

Semua aspek dalam jendela dan hok angin perlu diperhatikan agar sesuai dengan spesifikasi yang sudah ada. Tentu semua orang akan bisa dalam melakukan cara pemasangan kait angin oleh sendiri dan mudah.

Jika Anda membutukan hak angin / penahan jendela stainless steel yang berkualitas, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Selain kait angin jendela kami juga menjual berbagai macam produk tarikan laci, door pull, pegangan pintu, dan akesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Share this article
BACK