30 May 2021

5 Hal Penting Dalam Pemilihan Handle Pintu Kamar Mandi

5 Hal Penting Dalam Pemilihan Handle Pintu Kamar Mandi

Handle pintu kamar mandi tentu saja sangat penting bagi suatu ruangan. Semua pemilik rumah di seluruh dunia pasti memperhatikan hal ini karena memang sangat berpengaruh dalam suatu interior rumah.

Mungkin Anda pernah menemukan suatu rumah dan toilet atau wc di dalam rumah itu tidak menggunakan pintu, melainkan suatu kain seperti tirai atau sejenis itu. Anda tentu merasa aneh, beda dan tidak nyaman ketika berada di dalam kamar mandinya tersebut bukan?

Atau ketika suatu tempat mandi dalam sebuah rumah menggunakan pintu namun tidak menggunakan handle atau pegangan yang seharusnya, tentu hal tersebut juga menjadi sedikit agak mengganjal atau tidak nyaman.

Oleh karena itu, pemilihan handle pintu toilet juga harus diperhatikan dengan serius sehingga tempat basah tersebut juga dapat berfungsi dengan maksimal. Terdapat banyak hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihannya.

Sebelum menuju ke pembahasan tersebut, akan menjadi lebih baik jika Anda mengenal lebih dalam mengenai handle sehingga dapat benar-benar memahami semua hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih handle pintu toilet.

Apa itu Handle Pintu Kamar Mandi

Pada dasarnya, handle adalah suatu kata yang berasal dari bahasa Inggris dan memiliki arti memegang. Handle bisa disebut juga sebagai tarikan pintu, pegangan pintu, jadi, handle merupakan suatu pegangan yang terdapat pada pintunya sehingga orang dapat dengan mudah membuka atau menutupkan suatu ruangan dalam hal ini yaitu toilet atau wc.

Handle juga mempunyai nilai estetika tambahan untuk ruangan mandi sehingga juga dapat dijadikan sebagai penghias pintunya. Berdasarkan jenisnya, handle di bagi jadi dua jenis yaitu Pull dan Lever.

Handle jenis Pull dan jenis Lever tentu saja mempunyai perbedaan masing-masing. Sedangkan dari aspek bahan, handlenya ini juga dibagi kembali yaitu berbahan Stainless Steel, Brass atau Kuningan, Besi, kayu, dan lain sebagainya.

Banyak bahan tersebut tentu membuat semua orang bisa memilih sesuai dengan selera dan juga sesuai dengan pintunya sehingga bisa menjadi penghias yang mempercantik penampilan toilet atau wc atau juga interior rumah.

Selain itu, di samping dari jenis dan juga bahan, pemilihan tarikan pintu kamar mandi bisa berdasarkan material. Terdapat dua material yaitu solid (padat) atau juga material yang kosong tengahnya.

Dengan beragamnya perbedaan tarikan pintu tersebut Anda tentu setuju bahwa untuk memilih pegangan pintu tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, karena memang terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Hal yang harus diperhatikan agar Anda atau siapa saja bisa memperoleh manfaat atau fungsi maksimal dari handlenya ini. Lalu apa saja fungsi dari handle tersebut? Perhatikan pembahasan selanjutnya di bawah ini.

Fungsi Handle Pintu Kamar Mandi

fungsi handle pintu kamar mandi

Handle atau tarikan pintu atau juga pegangan pintu suatu kamar mandi memiliki beberapa fungsi seperti :

  • untuk memudahkan semua orang dalam membuka dan menutup kamar mandinya,
  • menjadi pemanis atau penghias pintu kamar mandi, dan juga
  • sebagai faktor penting dalam keberadaan pintu.

Sudah menjadi hal umum ketika seseorang menyebutkan bahwa suatu pintu rusak padahal hanya pegangan atau tarikannya saja yang rusak. Hal tersebut tentu menandakan bahwa tarikan pintu memiliki peranan yang penting dan pengaruh besar.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat peristiwa dimana seseorang mengatakan bahwa suatu pintu telah rusak hanya karena pegangan atau handlenya saja yang rusak. Agar dapat memperoleh fungsi dan peranan maksimal, maka perhatikan 5 hal penting berikut.

5 Hal Penting Dalam Memilih Handle Pintu WC

Dalam pemilihan handle ini tentu saja terdapat beberapa hal yang perlu dan bahkan harus diperhatikan agar Anda mendapatkan hasil atau fungsi maksimal dari tujuan pemasangan handle pintu pada kamar mandi di rumah.

1. Posisi

Hal penting pertama yang harus diperhatikan yaitu posisi handle atau pegangan pintu. Cara memasang gagang pintu kamar mandi jangan sampai terbalik mana yang di dalam dan mana yang di luar. Dan hal itu perlu diperhatikan karena terdapat beberapa bagian rumah yang tidak memerlukan fungsi atau sistem penguncian.

2. Keamanan

Dikarenakan pada pembahasan kali ini yaitu tentang posisi handle atau pegangan pintu akan dipasangkan pada pintu toilet, jadi tentu saja pegangan atau handle tersebut harus dipastikan memiliki sistem penguncian yang baik atau pintu kamar mandi setelah dipasang handle menjadi alat penutup kamar mandi yang aman.

3. Kenyamanan

Selain keamanan, kenyamanan juga tentu saja harus diperhatikan. Beberapa faktor mengenai kenyamanan memegang pegangan pintu dipengaruhi oleh usia siapa yang akan menggunakannya apakah anak-anak, orang tua, atau bahkan orang cacat.

4. Keindahan

Karena handlenya ini juga dapat berfungsi untuk mempercantik atau juga memperindah tampilan rumah terutama pada pintu toilet, maka Anda tentu saja perlu memperhatikan bentuk, desain, dan juga finishing dari handlenya tersebut.

5. Ketebalan

Dan hal penting terakhir dari 5 hal yang diperlukan dalam memilih pegangan pintu yaitu penting memperhatikan ketebalan pegangan pintu tersebut. Mengukur ketebalan handle sangat penting karena rata-rata handle memiliki ketebalan yang standar sehingga kurang unik jika memakai ukuran itu-itu saja. 

Baca juga : Setelah memilih pegangan pintu kamar mandi, saatnya tahu cara memasang pegangan pintu

Kelima hal penting dalam memilih handle pintu pada kamar mandi di atas tentu akan sangat bermanfaat dan juga membantu ketika Anda akan membeli sebuah handle untuk kamar mandi.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam handle pintu termasuk handle pintu kamar mandi. Segera kunjungi katalog handle pintu Vintage kami untuk melihat jenis handle pintu yang kami miliki. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK