01 Jul 2021

Tips dan Cara Menyetel Door Closer yang Baik dan Benar

Tips dan Cara Menyetel Door Closer yang Baik dan Benar

Menyetel Door Closer sebenarnya, tidak terlalu rumit. Hanya saja perlu perhatian khusus agar pemasangannya bisa sempurna dan dapat digunakan. Alat ini memang sangat penting fungsinya terutama untuk kantor.

Di mana sebagian besar ruangan saat ini sudah menggunakan AC. Bila pintu tidak ditutup kembali bisa saja menyebar keluar dan membuatnya cepat rusak. Karena, suhu panas dari luar dapat masuk.

Sehingga, mesin akan bekerja lebih keras. Kalau sudah begini, biaya listrik juga semakin tinggi. Tidak hanya sampai disitu saja. Semakin tinggi kinerjanya membuat kerusakan terhadap berbagai komponen dapat terjadi.

Fungsi kedua dari penggunaan penutup pintu otomatis ini adalah sebagai keamanan. Terkadang faktor lupa berpengaruh besar. Ruangan belum ditutup menimbulkan niat jahat mengambil sesuatu, terlebih bila tahu didalam ada barang berharga.

Cara Menyetel Door Closer dengan Benar

Sebelum memasangnya, perhatikan dulu beberapa bagian penting. Di mana alat tersebut bisa digunakan untuk semua jenis pintu mulai dari alumunium sampai kayu. Paling tepat jika ukurannya 210 x 85 cm.

Walaupun, terlihat ringan sebenarnya, akses masuk ke ruangan tersebut punya berat tertentu. Usahakan beratnya sendiri minimal 40 sampai 60 kilogram. Biasanya, lebih dari itu fungsinya kurang begitu maksimal.

Sebelum menyetel Door Closer ada poin yang harus diperhatikan yaitu beberapa bagiannya. Di mana mempunyai 2 poin penting yaitu bagian badan fungsinya mengatur jalannya alat tersebut baik menarik atau menutup.

Tersedia juga cairan hidrolik berperan dalam menentukan kecepatan. Sehingga, saat menutupnya tidak terlihat terbanting keras. Selanjutnya, bagian lengan adalah penghubung dari badan serta pintu kusen. Dimana dibagi menjadi 2 bagian.

Pertama adalah regular arm, pintu itu akan segera menutup setelah dibuka secara otomatis. Selanjutnya, Hold open arm. Menjaganya untuk tetap berada keadaan open bila memang harus terbuka dalam waktu lama.

Misalnya saja, Anda sedang memasukkan barang dan cukup berat atau membawa barang perabotan mudah pecah. Pasti harus hati-hati bukan. Keadaan pintu wajib dalam posisi hold open. Agar mudah masuk.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara memasang peralatan ini? Perhatikan dengan baik berbagai langkah di bawah ini. Sebenarnya, mudah tetapi kalau kurang teliti pasti mudah untuk rusak dan akhirnya harus ganti baru.

1. Persiapkan Peralatan Menyetel Door Closer

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan penyetelan. Hanya ada tiga yaitu, meteran, obeng dan tangga. Selanjutnya, siapkan Door closer. Hati-hati sedikit berat

Biasanya mencapai 1,3 kilogram perhatikan dulu sebelum naik ke tangga. Ada bagian besar dan kecil. Untuk paling besar menempel pada pintu, jaraknya pada tepian sisi pintu direkomendasikan 25 cm.

Jarak tersebut sebenarnya, bisa diubah menjadi 30 atau 20. Tetapi, setelah dilakukan berbagai percobaan paling tepat adalah jarak tersebut. Sementara untuk engsel gareng nya menempel pada bagian kusennya.

2. Perhatikan Baut Saat Menyetel Door Closer

Selanjutnya, perhatikan posisi bautnya, jangan sampai salah ada patokan dasar harus diperhatikan. Di mana baut tersebut wajib searah dengan engsel. Lihat pintunya jika letak engsel di kanan.

Otomatis baut harus ada di kanan juga. Begitu pula sebaliknya kalau berada di kiri. Baut disini punya 4 bagian. Pertama untuk mengencangkan ke bagian pintu. kedua mengatur kecepatan dari Door closer tersebut.

Jika, ingin cepat maka putar dari kiri menuju kanan atau berlawan arah dari putaran jarum jam. Tetapi, bila ingin perlahan saja putarlah sebaliknya, searah dengan detik jarum jam. 

3. Uji Coba Door Closer

Tahap akhir adalah melakukan uji coba. Jadi, buka pintu kemudian tutup kembali. Lihat bagaimana kecepatannya. Bila dirasa kurang tepat maka lakukan penyetelan ulang. Jika, ruangan AC disarankan cepat.

Karena, udara panas luar terlalu berbahaya untuk pendingin udara. Walaupun, masuk hanya beberapa detik saja, suhu akan berubah. Mesin menjadi cepat panas, hasilnya sama saja harus perawatan dengan biaya mahal.

Tips dan Trik Lain dalam Menyetel Door Closer

Bila terasa sudah tepat dalam melakukan penyetelan perhatikan kembali posisi Door Closer. Apakah sudah tepat dalam memasangnya atau masih salah. Perlu diingat saat Anda salah melakukannya risiko besar dapat terjadi.

Biasanya lengan alat penutup otomatis tersebut cepat rusak bahkan, tidak perlu waktu lama satu minggu dibiarkan mungkin, langsung rusak. Kembali ke kualitas barangnya. Poin kedua adalah perhatikan berat dari pintu.

Maksimal disarankan adalah 60 kilogram. Kalau Anda memiliki berat lebih dari itu usahakan memilih tipe heavy duty. Jadi, pada Door Closer ini cara kerjanya adalah daya pegas dengan hadirnya cairan.

Bila terus dipaksakan mendorong beban berat maka, bisa saja terjadi kebocoran dalam cairan tersebut. Salah satu pertandanya mudah diketahui, pada body Anda akan melihat seperti oli keluar.

Kalau sudah begini alat tersebut tidak dapat digunakan dan Anda wajib untuk membeli yang baru. Jadi, perhatikan benar dalam Menyetel Door Closer sehingga, pemakaiannya bisa awet dan tahan lama.

Jika Anda membutuhkan door closer / penutup pintu otomatis dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Selain door closer kami juga menjual berbagai macam door pull, kunci pintu, pegangan pintu, bodi kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK