01 Jul 2021 Tips Memilih Handle untuk Lemari dan Laci

Tips Memilih Handle untuk Lemari dan Laci

Apabila membuat lemari sendiri diperlukan handle sesuai karena menambah nilai estetikanya, selain untuk pegangan maka diharuskan mengetahui tips memilih handle. Dengan demikian membuat lemari lebih menarik.

Begitu juga dengan laci yang menjadi bagian lemari tersebut, diperlukan handle yang serasi karena tidak hanya berfungsi untuk membuka laci saja tetapi juga berfungsi untuk menambah keindahan lemari secara keseluruhan.

Lemari yang enak dipandang bisa ditempatkan di mana saja di seluruh bagian rumah. Terlebih bila lemari tersebut digunakan untuk menyimpan souvenir, haruslah menggunakan handle yang tepat agar menambah nilai estetikanya.

Tips Memilih Handle untuk Lemari dan Laci yang Paling Direkomendasikan

Laci merupakan bagian dari lemari. Diperlukan handle untuk membukanya. Terlepas dari fungsinya sebagai pegangan lemari dan laci, sangat penting untuk memilih dekorasi dan bentuknya. 

Terkadang kebingungan untuk memilih handle untuk lemari dan laci yang sesuai. Karena tidak bisa mencocokannya dengan estetikanya. Maka dari itu, harus mengetahui tips memilihnya sebagai berikut:

  1. Sesuaikan Bentuk Handle dengan Ukuran Lemari

Tips memilih handle yang pertama adalah diharuskan untuk menyesuaikan bentuk bentuk handle dengan ukuran lemari. Jangan sampai menggunakan handle besar untuk lemari kecil karena akan mengurangi nilai estetikanya. 

Ukuran lemari yang tidak sesuai dengan handle terkesan dipaksakan, sehingga terlihat asimetris. Maka dari itu, pilihlah ukuran sesuai dengan lemari dan laci jangan memaksakan karena tergiur dengan bentuknya yang bagus. 

  1. Pilihlah Warna yang Sesuai dengan Warna Laci dan Lemari

Tips selanjutnya, tentukan warna yang sesuai dengan lemari tersebut. Warna merupakan faktor penting untuk menambah nilai estetikanya. Contohnya bila lemari tersebut berwarna coklat, pilihlah handle berwarna hitam atau sama coklat.

Apabila laci berwarna merah muda, sebaiknya memilih handle berwarna silver atau perak. Dengan demikian menghasilkan harmoni warna untuk laci dan lemari. Terlebih bila digunakan untuk lemari hiasan. 

  1. Sesuaikan dengan Kunci

Setiap lemari dan laci akan dilengkapi dengan kunci. Maka, sebagai tips memilih handle sebaiknya untuk disesuaikan dengan kuncinya. Terkadang handle dan kunci dijual satu set. 

Meskipun handle dan kunci dijual terpisah, namun harus pandai memilih dan menyesuaikannya dengan kunci yang digunakan untuk lemari dan laci agar menghasilkan lemari dan laci yang serasi.

  1. Sesuaikan dengan Harganya

Pastikan untuk memilih harga yang sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing. Jangan terlalu memaksakan diri memilih yang mahal. Padahal akan digunakan untuk lemari biasa sehingga akan terlihat tidak serasi. 

Handle yang mahal biasanya memiliki banyak ukiran dan variasi dalam bentuknya sehingga terlihat elegan dan mewah, namun tidak cocok bila digunakan untuk lemari dengan kualitas standar. 

  1. Sesuaikan dengan Fungsi Lemari Tersebut

Ada banyak jenis lemari, mulai dari lemari untuk menyimpan pakaian, lemari untuk memajang pajangan rumah, serta lemari untuk menyimpan televisi. Dengan demikian, tips memilih handle harus disesuaikan dengan jenis lemari. 

Apabila handle digunakan untuk lemari pajangan, pilihlah handle dengan banyak ukiran dan dekorasi dikarenakan lemari pajangan disimpan di ruang tamu sehingga harus bernilai estetika agar tampak serasi dengan lainnya. 

  1. Pilihlah yang Mudah Dipasang

Meskipun pemasangan handle dilakukan oleh tukang kayu namun sebaiknya tetap memilih handle yang mudah dipasang karena tidak akan memakan waktu lama untuk memasangnya. Dengan demikian membayar jasa tukang akan jauh lebih murah. 

Memilih handle yang mudah dipasang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa membutuhkan jasa tukang sehingga akan jauh lebih murah. Maka dari itu, sebaiknya memilih handle yang mudah dipasang, terlepas akan dilakukan sendiri atau menggunakan jasa tukang. 

  1. Jangan Menggunakan Handle Bekas Pakai

Terkadang karena ingin hemat, banyak yang menggunakan handle bekas pakai dari lemari terdahulu. Meskipun hal tersebut terbilang praktis dan hemat namun kurang memiliki nilai estetika. Terlebih bila warnanya sudah pudar. 

Maka dari itu, tips memilih handle sebaiknya tidak menggunakan handle bekas pakai. Kecuali handle tersebut tergolong baru dan warnanya belum pudar bisa dijadikan solusi untuk memilihnya agar lebih hemat. 

  1. Pilihlah Handle yang Sesuai dengan Handle Lainnya

Terutama bila ingin membuat lemari pajangan sendiri dan akan ditempatkan di ruang utama, sehingga harus memilih handle yang serasi dengan handle lainnya. Misalnya dengan handle pintu. 

Tidak harus sama persis dengan handle pintu namun sebaiknya memilih handle untuk laci dan lemari yang serasi. Dengan demikian bisa menambah nilai estetikanya, sehingga ruangan rumah tersebut lebih enak dilihat.

  1. Jangan Mengecat Ulang Handle

Sebelumnya telah disinggung bahwa pilihlah handle yang memiliki warna sesuai dengan lemari dan laci. Dengan demikian, sebagai tips memilih handle, sebaiknya memilih handle dengan warna bawaannya.

Handle yang dipasang dengan warna bawaannya tidak perlu dicat ulang karena akan mengurangi keindahannya. Selain itu melakukan cat ulang diperlukan biaya tambahan dan memerlukan tambahan bahan. 

Menunjang lemari yang memiliki nilai estetika diperlukan handle. Namun, terkadang masih ada kebingungan untuk memilih handle yang sesuai untuk lemari dan laci sehingga diharuskan mengetahui tips memilih handle.

Percayakan kebutuhan handle lemari dan laci Anda kepada Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam produk tarikan laci, door pull, pegangan pintu, dan akesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Share this article
BACK