01 Jul 2021

Cara Merawat Door Closer agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Door Closer agar Tidak Cepat Rusak

Sangat penting untuk merawat door closer agar tidak cepat rusak. Hal ini dikarenakan untuk proses perbaikan memerlukan biaya yang lumayan mahal.

Door closer merupakan tambahan alat untuk pintu yang membuat sistem pintu berjalan dengan otomatis. Maka dari itu sistem ini berperan penting ketika kita membuka ataupun menutup pintu.

Dalam setiap rumah atau bangunan tentu memiliki pintu setidaknya 2 pintu. Karena pintu merupakan hal yang sangat vital dalam bangunan atau rumah.

Ketika mendesain rumah tentu menentukan letak pintu ataupun posisi merupakan hal penting. Karena itu merupakan akses utama bagi pemiliknya keluar masuk rumah tersebut.

Dalam pemilihan pintu juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah jenis dan bahan dan sistem yang digunakan. Mulai dari bahan, banyak bahan yang biasa digunakan oleh orang seperti kayu, aluminium, dan sebagainya.

Jenis dan sistemnya juga ada beberapa, antara lain pintu yang didorong dan ditarik, lalu ada digeser, dan salah satunya door closer dengan sistem otomatis.

Kerusakan yang Sering Terjadi pada Door Closer

Sama halnya dengan alat lainnya, door closer ini juga dapat mengalami kerusakan. Maka dari itu Anda perlu merawat door closer ini agar tidak terjadi kerusakan yang fatal.

Door closer ini merupakan alat yang membantu pintu dapat menutup secara otomatis. Maka dari itu banyak komponen dari alat ini yang memerlukan pemeliharaan.

Ketika sudah mengalami kerusakan, Anda perlu tukang atau ahli untuk melakukan perbaikan. Maka dari itu Anda perlu melakukan perawatan secara berkala untuk menghindari kerusakan.

  1. Berat Ketika Membukanya

Semua orang pasti ingin ketika membuka pintu itu terasa ringan dan mudah. Tetapi banyak pintu yang ada di suatu bangunan mengalami kerusakan yaitu terasa berat ketika ingin membukanya.

Ada beberapa hal atau penyebab dari kerusakan berat ketika membukanya. Salah satunya yaitu karena engsel maupun door closer ini terjadi macet.

Ataupun bisa juga disebabkan karena terlalu kencang ketika menutupnya. Sehingga pintu sulit dan terasa berat ketika dibuka.

  1. Tidak bisa menutup sendiri atau otomatis

Fungsi utama dipasangkannya door closer yaitu untuk membuat pintu menutup sendiri atau otomatis. Tetapi seringkali memiliki masalah yaitu tidak dapat menutup sendiri.

Hal ini juga dapat disebabkan karena membuka pintunya terlalu lebar. Yang menyebabkan pegas pada door closer akan tidak berjalan sesuai fungsinya.

Seperti pada pintu kantor maupun mall umum pasti para karyawan maupun pengunjung ingin membuka pintu dengan lebar. Hal tersebut merupakan salah satu faktor terjadinya kerusakan

  1. Komponen terlepas

Hal yang perlu diperhatikan ketika memasang alat ini adalah memastikan komponen terpasang dengan kuat dan aman. Sehingga apabila ketika dipakai tidak akan membuat komponen tersebut terlepas.

Baut menjadi komponen yang sering sekali terlepas. Maka dari itu diperlukan evaluasi untuk merawat door closer tersebut.

 Selain baut, seal karet pada bagian utamanya seringkali lepas atau bahkan rusak. Itu akan membuat minyak pada pegas bocor.

  1. Minyak Bocor

Karena door closer ini memiliki cara kerja dengan prinsip pegas. Pasti di dalam bagian utama komponennya harus dilumasi dengan minyak atau oli.

Minyak tersebut berfungsi untuk membuat pegas tersebut tidak aus dan tetap terjaga. Pegas itu dilindungi oleh seal yang berfungsi menahan minyak agar tidak berceceran masuk ke komponen lain.

Kerusakan minyak bocor ini umumnya disebabkan karena seal tangki pada pegas rusak atau lepas. Itu akan menyebabkan minyak berceceran dan dapat merusak komponen lainnya.

Cara Merawat Door Closer dengan Baik

Anda dapat mencegah kerusakan pada alat ini dengan merawat door closer secara preventif atau berkala. Jangan sampai Anda menunggu rusak untuk proses merawatnya.

  1. Memilih Door Closer Berkualitas

Saat ini banyak sekali jenis door closer yang beredar di pasaran, masing-masing jenis dan bahan memiliki keunggulannya tersendiri. 

Disarankan untuk meminimalkan merawat door closer. Anda sebaiknya memilih yang sudah terbukti berkualitas tinggi agar tidak cepat rusak.

  1. Mengecek Minyak dalam Door Closer

Sudah diketahui bahwa kebocoran minyak menjadi satu masalah terhadap kerusakan alat ini. Maka dari itu untuk merawat door closer sebaiknya Anda mengecek minyak pegas setiap bulannya.

Anda dapat mengganti seal minyak apabila sudah dirasa rusak. Belilah sesuai dengan ukuran pada seal sebelumnya yang sudah terpasang. 

  1. Buka Pintu Sesuai Kebutuhan

Membuka pintu sesuai dengan kebutuhan juga termasuk salah satu upaya dalam merawat door closer. Hal ini dikarenakan dengan membuka pintu sesuai kebutuhan akan meminimalkan pekerjaan pegas di dalam alat.

  1. Hindari Benturan Keras

Setiap keluarga pasti memiliki aktivitas berbeda pada setiap harinya. Ada aktivitas yang dilakukan secara santai dan juga ada tergesa-gesa.

Ketika tergesa-gesa tentu akan membuat kita untuk menutup pintu secara cepat dengan kekuatan tinggi. Hal tersebut akan menyebabkan kerusakan, maka dari itu hindarilah untuk menutup pintu dengan tenaga keras sebagai upaya merawat door closer.

Untuk mencegah kerusakan yang terjadi ketika pintu door closer rusak. Sebaiknya Anda merawat door closer sebelum memperbaikinya.

Vinindo Corporation menjual berbagai macam handle pintu / gagang pintu yang berkualitas dengan harga terjangkau. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK