12 Jan 2023 Mudah! Membersihkan Mesin Mobil Hanya Butuh Kuas Dan Asam Sitrat

Mudah! Membersihkan Mesin Mobil Hanya Butuh Kuas Dan Asam Sitrat

Semakin sering pemilik menggunakan mobilnya, maka semakin sering perawatan harus dilakukan. Salah satu yang paling penting adalah perawatan mesin mobil.

Debu dan serangga di jalan seringkali mencemari mesin mobil dan perlu dibersihkan. Namun, membersihkan mesin mobil selalu dianggap sulit karena banyak komponen di dalam kompartemen mesin. Kebanyakan pengemudi hanya fokus membersihkan eksterior dan interior mobilnya. Padahal, mesin mobil juga perlu dibersihkan agar tetap dalam kondisi baik dan awet bertahun-tahun.

Bahkan, pemilik bisa membersihkan sendiri mesin mobilnya tanpa harus ke bengkel atau detailing mobil, sehingga menghemat biaya perawatan mobil. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara membersihkan mesin mobil yang benar. Berikut cara membersihkan mobil dengan kuas.

Menggunakan Asam Sitrat

Asam sitrat adalah asam organik lemah yang ditemukan pada tanaman jeruk. Sering disebut asam sitrat atau lemon, asam ini merupakan pengawet alami. Asam sitrat umumnya digunakan untuk membersihkan pakaian. Ternyata, asam ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda kotor pada mesin mobil.

Membersihkan mesin mobil dengan asam sitrat itu mudah. Asam sitrat bisa dibeli di toko bahan kimia dengan harga sekitar Rp20.000/kg atau dengan harga Rp 2.000-5.000 per kantong. Setelah membeli asam sitrat, siapkan terlebih dahulu sekitar setengah liter air bersih dan cairan pencuci piring cair.

Berikutnya, masukkan cairan pencuci piring ke dalam air bersih kurang lebih sebanyak 4 sendok. Campurkan asam sitrat dan 2 sendok makan air ke dalam air yang telah dicampur sebelumnya dan aduk hingga merata. Setelah pencampuran menyeluruh, campuran asam sitrat dan cairan pencuci ditambahkan ke semprotan yang digunakan untuk menyemprot tanaman.

Siapkan juga kuas, lap kering dan air bersih. Semprotkan air ke mesin mobil. Kemudian bersihkan mesin dengan sikat yang telah disiapkan sebelumnya. Ulangi beberapa kali hingga noda kotoran yang menempel di mesin hilang. Hindari memercikkan banyak air ke kabel dan saklar untuk menghindari korsleting.

Saat semua noda hilang, seka mesin dengan kain kering. Mesin mobil akan menjadi bersih seperti pada perawatan detail.

Menggunakan Kuas dan Cairan Pembersih

Membersihkan mobil sebenarnya lebih mudah dengan blower atau vaporizer. Namun jika tidak memilikinya, Anda bisa menggunakan kuas atau sikat dan cairan pembersih. Berikut langkah-langkah pembersihannya.

Pastikan mesin mobil dalam keadaan dingin

Sebelum Anda mulai membersihkan, pastikan mesin mobil dalam keadaan dingin atau tidak dihidupkan sama sekali. Jika mobil sudah digunakan, tunggu sekitar 30-45 menit hingga mesin benar-benar dingin. 

Putuskan sambungan aki mobil

Selanjutnya, aki mobil dilepas. Hal ini dimaksudkan untuk mematikan aliran listrik di dalam mobil yang dapat menyebabkan korsleting, di mana cairan pembersih digunakan pada langkah selanjutnya. Setelah melepas aki mobil, simpan aki dan sekrup atau aksesoris lainnya di tempat yang kering dan aman.

Membersihkan bagian bawah kap mesin

Langkah selanjutnya adalah membersihkan di bawah tenda. Karena bagian ini berada di atas, langkah ini harus dilakukan sebelum membersihkan mesin.

Jika ini dilakukan nanti, kemungkinan besar kotoran akan jatuh ke permukaan mesin yang sudah dibersihkan. Siapkan kuas , cairan pembersih serba guna dan kain microfiber terlebih dahulu. Bersihkan kotoran pada bagian bawah kap mesin dengan kuas atau kuas yang telah disiapkan sebelumnya.

Lalu cuci perlahan dengan cairan pembersih tersebut agar tidak terlalu banyak memercikkan air ke permukaan mesin. Kemudian keringkan dengan kain microfiber. Ini penting untuk menghindari karat. 

Menghilangkan debu dari mesin

Setelah kap mesin bersih, langkah selanjutnya adalah menghilangkan debu yang menempel di mesin dengan sikat dari awal hingga pinggir samping. Tidak perlu menggunakan air pada tahap ini.

Membersihkan mesin

Kemudian, bersihkan mesin. Pertama, basahi bagian mesin yang ingin Anda bersihkan dengan pembersih serbaguna atau air sabun. Kemudian hilangkan kotoran yang menempel dengan kuas atau kuas. 

Pada tahap ini disarankan untuk membersihkan mesin pada area yang lebih luas atau lebih besar kemudian bagian yang lebih kecil pada sisi-sisi mesin. Jika sudah benar-benar bersih, jangan lupa untuk membilasnya dan mengeringkannya dengan kain microfiber agar tidak berkarat.

Pasang aki dan nyalakan mobil

Langkah terakhir adalah memasang kembali aki dan menyalakan mesin mobil. 

Itulah cara membersihkan aki mobil dengan alat dan bahan yang mudah serta murah, selamat mencobanya di rumah!

Segera kunjungi DXplore Shop untuk mendapatkan kuas dengan kualitas terbaik dan memberikan kenyamanan karena cekungan pada gagang. Percayakan kebutuhan Anda kepada Vinindo Corporation. Kami merupakan peraih TOP Brands Award 2022 dan Indonesia Best Product Award 2021 sehingga produk yang kami tawarkan tidak dapat diragukan lagi kualitasnya.

Share this article
BACK