08 Mar 2022

Pentingnya Mengetahui Standar Tinggi Handle Pintu dari Lantai

Pentingnya Mengetahui Standar Tinggi Handle Pintu dari Lantai

Setiap bangunan rumah pasti memiliki pintu yang digunakan sebagai tempat keluar masuk. Ventilasi udara dalam pembangunan setiap rumah yang dibuat dalam bentuk pintu dan jendela adalah hal yang paling penting dan utama sehingga kita perlu untuk mengetahui standar tinggi handle pintu yang proporsional.

1. Standar Tinggi Handle Pintu dari Lantai

handle pintu
Sumber: pixabay.com

Internasional

Memang tidak ada aturan baku yang mengatur tinggi rendahnya handle pintu dibuat, tetapi akan terasa lebih nyaman dan aman jika handle pintu dibuat dengan adanya perhitungan standar mengenai tinggi rendahnya dari permukaan lantai. Untuk mengetahui standar tinggi handle tersebut biasanya menggunakan acuan tinggi rata-rata manusia. Acuan tinggi yang digunakan adalah tinggi penduduk yang tinggal di Negara Rusia sehingga banyak Negara di Eropa yang ikut mengaplikasikan standar tersebut.

Standar tinggi handle biasanya dihitung dengan mengurangi tinggi manusia dengan panjang lengannya. Penduduk Negara Rusia didominasi oleh orang yang memiliki tinggi badan tidak lebih dari 170 cm dengan panjang lengan mereka sekitar 70 cm menghasilkan kalkulasi perhitungan sebesar 100 cm atau 1 meter. Sehingga standar Internasional tinggi handle pintu dari lantai yang berlaku adalah 1 meter. Apakah kamu juga menggunakan standar tersebut?

Nasional

Sementara di Negara Indonesia standar tinggi handle pintu dari permukaan lantai yang digunakan adalah dengan jarak 105 cm hingga 110 cm. Untuk memutuskan tinggi yang sesuai dapat diikuti aturan berikut;

  • Pergelangan tangan, silahkan mendekat pada pintu terdekat, kemudian turunkan tangan anda. Pada tingkat pergelangan tangan, berilah tanda dan hitung mundur sekitar 20 cm.

  • Siku, pengukuran dengan menggunakan metode siku sangatlah mudah, hanya dengan berdiri dekat dengan pintu kemudian beri tanda pada tingkat siku anda.

Kedua cara tersebut bisa dipilih salah satu saja untuk menghasilkan ukuran tinggi handle pintu dari lantai yang tepat dan nyaman.

2. Macam Ukuran Handle Pintu

Ukuran gagang pintu merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam desain dan instalasi pintu. Ukuran gagang pintu yang tepat dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan penggunaan. Penting untuk memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan proporsi ukuran pintu kamar atau ruangan agar menciptakan tampilan yang seimbang dan fungsional.

1. Gagang Pintu Kayu Minimalis Stainless Steel Vintage

Maksimalkan tampilan pintu rumah Anda dengan menggunakan jenis handel pintu kayu minimalis stainless steel vintage. Produk ini didesain dalam dua ukuran, yaitu ukuran 35 cm dan 45 cm. Gagang pintu kayu minimalis stainless steel vintage ini didesain dengan menggunakan konsep modern dan pegangan yang nyaman untuk memaksimalkan segala bentuk aktivitas dan akses Anda untuk keluar masuk ruangan.

2. Gagang Pintu Kaca Rumah Stainless Steel Vintage

Selanjutnya, handel pintu yang dapat Anda gunakan adalah jenis produk Gagang Pintu Kaca Rumah Stainless Steel Vintage. Produk ini didesain dalam dua ukuran, yaitu ukuran 35 cm dan 45 cm dan dilengkapi dengan desain pegangan yang nyaman dan aman untuk digunakan oleh Anda maupun anggota keluarga. 

3. Handle Pintu Rumah Minimalis Vintage

Selanjutnya, gagang pintu yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda adalah handle pintu rumah minimalis vintage. Jenis gagang pintu ini umumnya memiliki desain model yang lebih sederhana, dengan gagang lengkung yang menyesuaikan dengan bentuk tangan pengguna. Sehingga, mampu memaksimalkan kenyamanan dan penggunaan gagang pintu Anda sehari-hari.

4. Handle Pintu Rumah Besar Vintage

Ukuran Handel Pintu Rumah Besar Vintage memiliki ketebalan plat sebesar 1,5 mm dan menggunakan aluminium sebagai material utama dalam pembuatan pegangannya. Selain itu, pada model ini proses finishing warna pada handel pintu dilakukan dengan baik. Sehingga, gagang pintu akan terlihat selalu mengkilap serta awet dan tahan lama.

5. Handle Pintu Rumah Tanggung Vintage

Hampir sama dengan jenis gagang pintu rumah besar vintage, ukuran gagang pintu ini memiliki ketebalan plat sebesar 1,5 mm dan menggunakan aluminium sebagai material utama dalam pembuatan pegangannya. 

3. Jenis Operasi Pegangan Pintu

Seperti yang telah disampaikan tadi, bahwa perhitungan standar tinggi handle pintu dari lantai bisa dihitung secara mandiri. Namun perhitungan tersebut sedikit menyulitkan jika diterapkan pada kasus seperti pemasangan handle pintu pada kamar anak-anak. Dalam hal tersebut, anda bisa tetap menggunakan ukuran standar hanya saja dengan menyesuaikan jenis pengoperasian handle pintu. Berikut adalah pengoperasian pegangan pintu berdasarkan jenisnya.

  • Rotary

Tipe handle pintu rotary biasa berbentuk bola. Biasanya bentuk handle pintu tersebut sering ditemui pada pintu kamar mandi. Cara penggunaannya adalah dengan memutar bola dan pintu akan terbuka.

  • Push-on

Gagang model dorong didesain untuk memudahkan penggunanya yang hanya tinggal mendorong pintu tanpa mengeluarkan tenaga ekstra. Handle pintu model ini sangat disarankan untuk penggunaan pintu anak-anak.

  • Overhead

Tipe handle pintu jenis ini biasanya menggunakan gagang yang memanjang dan sangat umum dijumpai karena sudah sering digunakan. Cara untuk membuka atau menutup pintu adalah dengan memegang handle dan menekan ke bawah 

4. Langkah Sederhana Memasang Handle Pintu

door knob
Sumber : freepik.com

Untuk memasang handle pintu perlu dipelajari cara berikut ini dengan baik dan benar;

  • Pemilihan handle pintu

Sesuaikan jenis handle pintu dengan kenyamanan dan kebutuhan anda. Jika anda bingung menentukan jenis yang tepat dapat mencari referensi di internet atau meminta bantuan yang sudah ahli. Kemudian tentukan jarak handle pintu dengan lantai menggunakan cara yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Melubangi kusen pintu

Lakukan pengeboran pada kusen dengan hati-hati agar tidak merusak kusen. Lubangi sesuai dengan handle yang anda gunakan.

  • Pemasangan plat dan handle pintu

Selanjutnya pasang plat pintu pada tembok untuk pengait dengan cara menutup pintu untuk penanda plat. Bila sisi pengait dan plat sudah sejajar, maka tinggal memasang handle pintunya saja. Pastikan baut terpasang dengan baik agar gagang pintu tersebut dapat digunakan dengan baik pula. Pemasangan handle pintu dapat dilakukan secara mandiri mengikuti panduan tata caranya atau sangat dianjurkan untuk dipasangkan oleh yang profesional untuk mengurangi resiko rusaknya kusen pintu.

Baca juga : Jika gagang pintu rusak dan lepas, begini cara memperbaikinya

Itulah pentingnya mengetahui standar tinggi handle pintu dari lantai supaya tidak membahayakan penghuni maupun tamu.

Setelah mengetahui standar ukuran tinggi dengan lantai, saatnya Anda memutuskan jenis handle pintu apa yang akan digunakan. Vinindo Corporation menyediakan berbagai jenis handle pintu dengan model terbaru dan bahan berkualitas. Sebagai peraih Top Brands Award 2022, produk yang kami sediakan dipastikan memiliki kualitas terbaik dan asli. Segera hubungi kami untuk pemesanan. 

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK