22 Feb 2022

Tips Mengatur Ruangan yang Sempit

Tips Mengatur Ruangan yang Sempit

Menata ruangan yang sempit adalah sebuah tantangan tersendiri, terutama dalam mengatur keselarasan furnitur, dekorasi dan aransemen warna yang akan digunakan. Demi kenyamanan sebuah rumah, tak jarang beberapa orang merelakan keinginan penataan ruangan dihempaskan dengan cara mengurangi jumlah furnitur dan skema warna yang lebih sesuai dengan ukuran ruangan tersebut. 

Kunci utama dalam mengatur ruangan yang sempit yaitu dengan pengoptimalan setiap sudut ruangan hingga tidak ada yang tidak termanfaatkan dengan baik. Nah, jika rumah anda termasuk kedalam salah satu rumah yang memiliki ruangan sempit atau minimalis, artikel tips mengatur ruangan yang sempit ini menjadi bacaan yang sangat epik untuk mendapatkan inspirasi. Berikut pembahasannya.

1. Pilihlah furniture yang praktis dan warna cerah

Langkah awal dalam mengatur ruangan yang sempit adalah dengan pemilihan furnitur multifungsi yang lebih praktis, misalnya menggunaan ranjang bertingkat sehingga bagian bawah dapat digalih fungsikan menjadi tempat belajar, meja yang dapat dilipat atau kursi yang dapat menjadi tempat duduk atau dipanjangkan menjadi tempat santai disiang hari. Ciptakan ruangan yang lapang dan tidak penuh dengan barang-barang. Perabotan yang digunakan sebaiknya dengan desain ringan dan praktis. Selaraskan warna dengan warna dinding ataupun interior lain. Hindari penggunaan warna dengan kontras rendah. Warna cerah yang kami rekomendasikan adalah biru muda, hijau muda dan abu-abu muda.

2. Tempatkan cermin pada beberapa titik

Sejauh ini, banyak yang belum menyadari bahwa penempatan cermin yang tepat juga dapat membuat ruangan menjadi lebih luas. Ada seni tersendiri dalam pemasangannya, tidak boleh asal-asalan ya. Gunakan cermin dengan ukuran sedang saja, dengan bingkai yang unik serta jarang digunakan oleh kebanyakan orang. Pasang cermin bersisian guna membuat ruangan terkesan luas dan estetik. 

3. Gunakan karpet dengan motif tepat

Tips mengatur ruangan yang sempit berikutnya adalah menggunakan karpet dengan motif yang tepat sebagaimana mestinya. Pilih karpet dengan motif simpel dan pola kecil yang berulang. Sebab dengan karpet tersebut ruangan akan menjadi lebih luas dan lega.

4. Manfaatkan area dinding dan tirai berukuran besar

Tips yang keempat, manfaatkanlah area dinding dan tirai berukuran besar. Anda dapat memanfaatkan dinding untuk memajang Televisi dan perabotan elektronik lain yang mendukung untuk digantung atau ditempelkan pada dinding ruangan. Karena jika anda meletakkan televisi dengan sebuah lemari khusus akan memakan banyak tempat dan membuat ruangan menjadi semakin sempit. 

Penggunaan tirai besar dan tinggi menjuntai juga dapat membuat ruangan sempit menjadi tampak lega. Selain itu, ruangan akan tampak lebih elegan dengan pemilihan tirai yang tepat.

5. Gunakan sekat dan stiker pada area plafon

Hindari penggunaan pintu untuk antar ruang jika ingin ruangan sempit tampak lebih luas. Sebaiknya sekat saja ruangan yang satu dengan yang lain, atau dapat memanfaatkan perabotan seperti lemari yang sesuai untuk menyekatnya. Stiker pada area plafon juga tak luput dari perhatian. Pilih stiker dengan dimensi dan ilusi yang tepat, misalnya stiker yang sudah mengusung konsep tiga dimensi.

6. Hindari terlalu banyak warna monokrom

Warna monokrom yang terlalu banyak dapat menyebabkan ruangan menjadi terkesan pengap dan sempit. Sehingga anda sebaiknya tidak menggunakan warna tersebut terlalu kontras. 

7. Hindari terlalu banyak barang

Tips mengatur ruangan sempit yang terakhir yaitu tidak menempatkan terlalu banyak barang diruangan. Sortir barang yang akan digunakan dan mana barang yang akan disimpan. Pertimbangkan pula barang tersebut apakah masish dipergunakan atau tidak. Jika sudah tidak digunakan, alangkah lebih baiknya dijual atau dibuang.

Itulah tadi tips mengatur ruangan yang sempit agar tampak luas. Aplikasikan tips tersebut agar suasana ruangan lebih nyaman untuk diri anda dan tamu yang berkunjung.

Sebagai distributor alat tukang, kami menjual bermacam alat-alat tukang D-Xplore yang berkualitas premium dan tahan lama. Kami juga sedang mencari reseller untuk bekerja sama dalam penjualan alat-alat tukang kami.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK