17 Feb 2022

Jenis dan Kegunaan Palu

Jenis dan Kegunaan Palu

Kita semua tentu sudah tidak asing dengan jenis, kegunaan dan fungsi palu. Sebagian besar orang mengatakan palu dengan sebutan martil.  Palu merupakan sebuah alat atau benda yang akan memberikan efek tumbukan saat memukul suatu bidang tertentu. Bentuk palu pada umumnya sama, dimana gagang palu memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang kepalanya. Gagang palu berfungsi sebagai tempat untuk menempatkan kepala palu dan juga sebagai pegangan.

Kegunaan  palu dalam aktivitas keseharian sangat banyak diantaranya digunakan untuk memaku sehingga paku akan tertancap kuat pada objek, contohnya memajang foto-foto pada dinding rumah untuk hasil yang indah dan rapi. Kegunaan yang kedua yaitu untuk menghancurkan sebuah objek hingga hancur berkeping-keping, merobohkan dan merenovasi bangunan tertentu. Kegunaan palu selanjutnya untuk menempa biji besi atau logam supaya menjadi beragam alat perkakas seperti pisau, keris, parang dan sebagainya. 

Sejarah Palu

Penggunaan palu sebagai alat sederhana tercatat sudah digunakan sejak tahun 2.400.000 SM ketika berbagai mempunyai wujud batu digunakan bagi menghancurkan kayu, tulang, atau batu lain bagi menghancurkan dan membentuk menjadi wujud lain. Palu batu diproduksi dengan mengikat batu dengan gagang menggunakan bidang dari kulit atau otot binatang. Palu batu ini telah digunakan sebagai palu lebih kurang tahun 30.000 SM selama periode tengah Zaman Paleolitik Batu. Catatan arkeologi ini memberikan kemungkinan palu sebagai alat manusia tertua yang dikenal.

Desain dan Variasi

Wujud palu pada umumnya seperti wujud bola. Pada sebagian palu yang digunakan pelapis kain memiliki magnet bagi mengambil paku payung. Sementara pada palu kapak pada salah satu sisi palu berfungsi sebagai alat pemotong.

Palu yang terbuat dari baja dapat menciptakan bunga api, maka pada industri seperti pertambangan batu bara yang terdapat metana, atau dalam industri dengan lingkungan berbahaya yang memuat gas yang mudah terbakar tidak digunakan palu baja. Pada industri ini digunakan palu dengan bahan metal yang tidak menciptakan bunga api, seperti alumunium atau berilium sebagai bahan dasar palu.

Pada masa kini gagang palu terbuat dari plastik tahan lama atau karet. Variasi palu pada umumnya pada bidang kepala palu dengan wujud kepala palu lebih agung dari palu pada umumnya bagi memberikan tumbukan lebih lebar pada ukuran paku yang bermacam-macam.

Jenis dan Kegunaan Palu

Agar memudahkan kamu untuk mengetahui palu yang berkualitas, simak artikel jenis dan kegunaan palu dibawah ini :

1. Palu Bulat (Palu Konde)

 

palu konde

Rekomendasi palu yang pertama yaitu Palu Bulat (Palu Konde) yang memiliki dua bagian yakni bagian bawah berbentuk rata dan bagian atasnya bulat seperti konde. Jenis palu ini dimiliki oleh banyak orang. Ukuran palunya bervariasi.  Pada bagian yang rata digunakan untuk memukul sebuah benda, sedangkan bagian berbentuk bulat digunakan sebagai pembentuk cekungan pada bidang kerja.

2. Palu Muka Ganda (Club Hummer)

 

palu muka ganda

Palu Muka ganda (Club Hummer) memiliki bobot lumayan berat.  Memiliki dua sisi yang berbeda, dimana salah satu sisi berbentuk datar dan satu sisi lagi sedikit menggelembung. Gagang palu dapat terbuat dari logam, kayu atau resin sintesis. Palu jenis ini digunakan untuk pekerjaan besi, konstruksi umum dan sipil serta pembongkaran logam.

3. Palu Cakar (Nail Hammer)

 

palu nail hammer

Gagang palu cakar terbuat dari baja, kayu atau karet. Salah satu bagian kepala palu berbentuk cakar yang digunakan untuk mencabut paku. Bagian bulat palu digunakan untuk memukul paku agar tertancap pada benda yang dituju.

4. Palu Terak (Chipping Hammer)

 

palu terak

 

Palu Terak atau disebut juga Chipping Hammer memiliki kepala palu berbentuk persegi dan satu sisi lain berbentuk lancip yang digunakan untuk menghancurkan batu bata atau balok.

5. Palu Godam/Palu Kepala Batu (Stone Head Hammer)

 

palu godam atau kepala batu

Palu Godam memiliki berat 1 hingga 2 kilogram. Bentuk kepala palunya besar, datar, dan terbuat dari besi. Namun satu sisi lain berbentuk cembung.Fungsi utama palu ini untuk menghancurkan batu atau benda keras. Cara menggunakannya mudah, cukup ayunkan palu dengan kedua tangan secara bersamaan agar menghasilkan gaya tumbukan yang besar.

6. Palu Inspeksi (Test/Inspection Hammer)

 

palu inspeksi

Gagang palu inspeksi didesain lebih panjang agar dapat menjangkau bagian yang tidak dapat dijangkau pada palu pada umumnya. Fungsi utamanya untuk memastikan kekuatan struktur beton dan mendeteksi mesin atau kendaraan.

7. Palu Daging

 

palu daging

Sebagaimana namanya maka palu daging digunakan untuk keperluan didapur. Bentuk antar sisi palu berbeda. Satu sisi bergerigi yang digunakan untuk menghaluskan daging steak, sedangkan satu sisi lain berbentuk datar dan mulus. Sisi tersebut dimanfaatkan untuk menumbuk berbagai bumbu dapur seperti kunyit, jahe, bawang putih dan sebagainya. 

8. Palu Tembaga (Copper Hammer)

 

palu tembaga

Kepala palu tembaga terbuat dari tembaga yang lunak. Dalam penggunaannya harus kembali dipijarkan agar tetap lunak. Fungsi utama palu tembaga digunakan untuk memperbaiki mesin yang rusak.

9. Palu Pemecah Kaca

 

palu pemecah kaca

Ujung palu kaca sedikit lancip, warna dari palu ini cenderung cerah. Manfaat palu kaca digunakan ketika keadaan darurat untuk memecahkan kaca mobil. Pecahkan kaca pada bagian pinggir jika kamu dalam kondisi tersebut.

10. Palu Karet (Rubber Hammer)

 

palu karet

Sebagaimana namanya palu ini terbuat dari bahan dasar karet yang permukaannya halus. Fungsinya untuk membuat logam yang penyok kembali rata.

Demikian jenis dan kegunaan palu dalam keseharian. Semoga setelah membaca sajian artikel ini, kamu dapat memilih jenis palu berkualitas sesuai fungsinya ya!

Baca juga: Ketahui Cara Merawat Perkakas Rumah Berikut Ini!

Jika Anda membutuhkan palu dengan kualitas terbaik, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Kami merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Percayakan kebutuhan alat pertukangan anda kepada kami.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK