03 Nov 2021

Cara Tepat Renovasi Rumah dengan Budget Terbatas

Cara Tepat Renovasi Rumah dengan Budget Terbatas

Merenovasi rumah merupakan ritual yang wajib dilakukan agar kondisi rumah tetap nyaman untuk dihuni. Terlebih lagi rumah yang berusia puluhan tahun perawatannya pun harus lebih ekstra.

Akan tetapi, biaya yang dilakukan untuk renovasi rumah tidaklah murah. Mungkin banyak dari kita yang memiliki budget terbatas.

Untuk itu, berikut rekomendasi cara renovasi rumah dengan budget terbatas. Yuk, simak caranya!

Tidak Harus Semua Direnovasi, Buatlah Skala Prioritasnya

Kenapa harus membuat skala prioritas? Karena biasanya akan muncul godaan untuk menambah sesuatu dalam renovasi rumah kita. Misalnya, menambah dekorasi dan furniture. Maka dari itu membuat skala prioritas sangat penting agar budget tidak membengkak.

Lakukan Hal yang Sederhana Secara Mandiri atau DIY

Biaya jasa tukang bangunan perhari untuk satu orang berkisar Rp 100.000. Bayangkan jika ada lebih dari satu orang maka budget yang dibutuhkan akan sangat besar. Jika hal sederhana seperti mengecat tembok rumah lebih baik lakukanlah seorang diri demi menghemat pengeluaran.

Bila Perlu Jasa Tukang Hitunglah dengan Cermat

Adakalanya renovasi rumah tidak bisa dilakukan seorang diri. Solusinya adalah dengan menyewa jasa tukang. Pilihlah tukang rekomendasi dari tetangga atau kerabat yang ahli dibidangnya. Jangan sampai hasil kerja mereka tidak sesuai yang diharapkan.

Hitung Rencana Pengeluaran

Baiknya diskusikan bersama tukang, kontraktor, dan toko bangunan kepercayaan Anda untuk menghitung rencana pengeluaran. Prioritaskan material utama yang harus dibeli seperti bata, galvalum, dan lainnya.

Bisa Juga Gunakan Jasa Pemborong

Jasa pemborong memang lebih murah. Pastikan memilih pemborong yang bertanggung jawab dan berpengalaman. Tapi, sebelum mengerjakan hal ini Anda harus membuat kesepakatan Surat Perjanjian Kontrak Kerja (SPK) agar tidak terjadi kecurangan antara Anda dan penyedia jasa.

Hindari Sistem Upah Borongan dengan Memilih Sistem Upah Harian

Jika menggunakan sistem borongan biaya yang dikeluarkan untuk jasa tukang tidak jelas dibanding sistem harian yang dapat kita kontrol. Misalnya dalam 1m2 disepakati harga Rp 1.000.000,00.

Hitung Biaya Material yang Diperlukan

Biaya material merupakan biaya pengeluaran terbesar dalam renovasi rumah. Sesuaikan harga material dengan rancangan anggaran belanja (RAB) Anda. Jangan sampai melewati batas rancangan tersebut.

Gunakan Bahan Bangunan Bekas Namun Masih Layak Pakai

Contoh bahan banguna bekas yang dapat dimanfaatkan seperti genteng, bata, dan material lainnya yang menurut Anda bisa digunakan kembali

Membeli Barang Second Hand dan Alternatif

Anda bisa membeli barang second hand di pasar loak atau internet dengan harga yang lebih murah dibanding membeli baru tapi dengan kualitas yang tetap sama dengan barang baru untuk renovasi rumah Anda.

Jangan Mengganti Semua Barang

Selagi masih bisa digunakan kenapa tidak? Menggunakan kembali barang akan mencegah Anda untuk boros pengeluaran yang seharusnya tidak perlu.

Membeli dengan Cerdas

Anda pengincar promo sejati? Inilah saatnya mengincarnya! Belilah barang pada toko yang memberikan promo terbesar kepada Anda untuk menghemat pengeluaran renovasi rumah.

Berhemat di Sisi Pengeluaran Lain yang Tak Terduga

Sebaiknya dalam menentukan rancangan anggaran belanja (RAB) jangan membuat fix estimasi dana. Ada baiknya lebihkan sedikit dana untuk menanggulangi pengeluaran lain yang tidak terduga.

Renovasi Rumah dengan Konsep All-White

Dengan konsep all-white, waktu dan material akan terhemat. Kenapa? Karena material yang digunakan dapat terminimalisir sehemat mungkin dan pengerjaanya pun mudah sehingga hemat waktu dan hemat pula pengeluaran.

Dengan melakukan cara di atas akan menghemat pengeluaran Anda dalam merenovasi rumah. Tidak semua renovasi rumah itu mahal, kok! Pemilihan material yang tepat, tukang, dan kreativitas membuat pengeluaran renovasi rumah Anda dapat terminimalisir. Hindari pengeluaran sekunder seperti dekorasi, style rumah, dan lain sebagainya yang kurang bermanfaat.

Pastikan juga membuat rancangan yang matang untuk renovasi rumah dan konsultasikan kepada ahlinya. Demikianlah cara untuk renovasi rumah dengan budget terbatas yang bisa Anda coba terapkan pada proyek rumah Anda. Mulai saat ini jangan berpikir renovasi rumah harus mengeluarkan budget yang besar. Nyatanya dengan budget yang terbatas rumah impian akan menjadi kenyataan, kok! Selamat mencoba!

Vinindo Corporation menjual berbagai macam peralatan rumah dan bangunan yang kokoh dengan berbagai macam model. Kami merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK