03 Jan 2022

Berbagai Macam Jenis Kunci Pintu untuk Rumah

Berbagai Macam Jenis Kunci Pintu untuk Rumah

Pintu merupakan sebuah elemen penting yang harus diperhatikan dengan seksama. Perannya begitu krusial untuk masalah keamanan. Selain memilih desain yang sesuai, anda juga harus mempertimbangkan akurasi keamanannya. Supaya lebih memudahkan, simak pembahasan berbagai macam jenis kunci pintu dibawah ini.

  1. Medium Duty Tubular Lever

Jenis kunci yang pertama yaitu medium duty tubular lever. Pada bagian dalam kunci terdapat knop putar untuk mengunci pintu sementara bagian luar terdapat lubang anak kunci. Bagian luar dan dalam Gagang tuas pada kunci ini sama ya sobat. Cocok dipasang pada ruangan yang bersifat privasi seperti ruang tidur, ruang kerja atau ruangan khusus yang terdapat barang-barang berharga.

  1. Mortise Lock Knob

Desain kunci mortise lock knob sangat unik. Terdapat bentuk pelat berbeda pada bagian dalam dan luar pintu. Bagian dalam tidak terdapat lubang kunci, pintu akan mengunci otomatis ketika anda memutar knop. Terdapat anak kunci yang dioperasikan dengan menekan tuas gagang pintu bagian luar. Recommended banget ya, canggih dan keamanannya terjamin.

  1. Door Knob

Jenis kunci pintu rumah yang ketiga adalah door knob. Kebanyakan pengguna akan memasangnya pada pintu kamar mandi. Kenapa demikian? Karena didesain khusus dengan akses yang mudah dan nyaman. Tentunya pintu kamar mandi akan lebih fleksibel untuk diakses. Harga door knob dijual dengan harga terjangkau serta mudah didapatkan. Bagian dalamnya terdapat tombol yang mudah ditekan saat pintu ditekan dari dalam atau luar ruangan.

  1. Standard Duty Lever

Jenis kunci selanjutnya standar duty lever. Tidak dilengkapi anak kunci karena hanya sebagai pegangan saat membuka atau menutup pintu. Pada umumnya dipasang pada kamar mandi atau ruangan yang tidak terdapat barang berharga. Jika ragu perihal keamanan, anda dapat menambahkan grendel pada bagian dalam.

  1. Deadbolt

Bentuk dari deadbolt adalah silinder. Menawarkan keamanan yang akurat. Orang luar tidak dapat mengakses pintu kecuali orang dalam yang memberikan akses. Jadi bukan mustahil jika maling sekalipun akan kesulitan untuk membobol pintu jenis deadbolt.

  1. Kunci Barrel

Kunci barrel lebih praktis jika ditinjau dari proses pemasangannya. Anda hanya tinggal menempelkan komponen pada pintu, lalu pasangkan baut dengan kencang. Kunci ini dijadikan sebagai pengaman tambahan, karena hanya dapat diakses dari satu sisi. Harga kunci barrel juga terjangkau. Cara pengoperasiannya juga mudah dan sederhana.

  1. Electronic Look

Wah, dari namanya pasti anda sudah mulai terkesima. Seiring kecanggihan teknologi di era sekarang, muncul pula jenis kunci pintu yang memanfaatkan teknologi. Namanya adalah electronic lock. Sesuai namanya sudah tidak diragukan lagi perihal keamanan yang ditawarkan. Bentuknya juga lebih modern dan menarik. Terdapat keypad  pada gagang pintu yang dapat anda gunakan untuk menekan pin sebagai kode rahasia sebelum anda masuk. Canggih bukan? Walaupun harganya lebih mahal, namun sesuai dengan kualitasnya.

  1. Chain Lock

Mekanisme chain lock mirip dengan varian barrel. Hanya saja terdapat tambahan rantai pada chain lock. Rantai tersebut sangat efektif jika pertahanan pertama dapat dibobol. Bagi anda yang sering menerima paket dan hanya ingin membuka pintunya sedikit saja, maka gunakanlah pintu ini. Karena saat anda membuka, rantai akan ikut menahan sehingga pintu tidak terbuka lebar.

Kenali dengan baik Berbagai Macam Jenis Kunci Pintu untuk Rumah anda. Jika sudah memahami dengan baik, maka segera aplikasikan pada rumah sesuai dengan pilihan anda. Always safe!

Jika Anda membutuhkan kunci pintu untuk rumah dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Selain kunci pintu untuk rumah kami juga menjual berbagai macam door pull, door closer, pegangan pintu, body kunci dan aksesorisnya. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

 

Related Articles

Share this article
BACK