30 Jun 2022

Cara Mengganti Kunci Pintu Kaca, Bisa Pasang Sendiri di Rumah!

Cara Mengganti Kunci Pintu Kaca, Bisa Pasang Sendiri di Rumah!

Kunci merupakan satu bagian penting, apalagi jika kita membahas tentang pintu. Sudah hal lumrah jika pintu pastinya memiliki kunci, tak terkecuali pintu kaca. Tapi pernahkah kamu membayangkan bagaimana cara mengganti kunci pintu kaca? Ternyata ga sulit lho! Cek caranya disini

Cara Mudah Mengganti Kunci Pintu Kaca Dan Keunggulan Menggunakan Pintu Kaca

pintu kaca

Bagi kamu yang menyukai desain rumah minimalis, pintu kaca bisa menjadi pilihan yang ideal untuk melengkapi rumah kamu. Tak sedikit orang yang mempertimbangkan menggunakan pintu kaca ini karena desainnya yang bagus, dan bisa membuat rumah tampak terang, karena cahaya matahari bisa menembus pintu kaca.

Jadi, selain tampilannya yang minimalis, menggunakan pintu kaca juga bisa menjadi pertimbangan untuk menghemat listrik di kala siang. Namun kamu juga harus mempertimbangkan keamanan rumah dikala malam. Oleh sebab itu, biasanya pintu kaca digunakan untuk di dalam ruangan ataupun pintu belakang.

Kalau kamu menggunakan pintu kaca di rumah, tentu kamu perlu mengetahui cara mengganti kunci pintu. Jangan khawatir, kini kamu bisa mengganti kunci pintu kaca sendiri lho! Ternyata cara memasang kunci pintu cukup mudah dan bisa kamu lakukan tanpa memanggil tukang. Simak artikel berikut sampai habis ya!

a. Langkah Mudah Mengganti Kunci Pintu Kaca atau Aluminium

Memasang kunci pintu kaca itu tidak terlalu sulit dan ternyata bisa kamu praktekan sendiri di rumah lho! Mau tau gimana caranya? Yuk intip Langkah mudah mengganti pintu kaca disini!

1.  Langkah awal yang harus kamu lakukan untuk mengganti kunci pintu sudah pasti kamu perlu membeli kunci ganti yang akan dipasang pada pintu kaca terlebih dahulu.

2.  Sebelum membeli, pastikan kamu mengecek dengan teliti dan pastikan kunci tersebut cocok dengan pintu kaca dirumah kamu.

3.  Selanjutnya kamu perlu kunci L untuk mengoperasikan kunci pintu kaca.

4.  Buka bagian bawah menggunakan kunci L.

5.  Kemudian tekan secara perlahan sampai bagian sisi bawah terbuka.

6.  Sementara untuk menjepit bagian kaca atau mengendorkannya, kamu perlu menggunakan kunci L.

7.  Lakukan hal yang sama pada sisi atas.

8.  Jika ingin sekaligus mengganti anak kunci kamu bisa membuka baut, namun jika tidak diganti cukup buka bagian atas dan bawah pada kunci menggunakan kunci L.

9.  Jika hal tadi sudah dilakukan dengan tepat, kamu tinggal memasangkan kunci pintu kaca yang ingin diganti.

10.   Jangan lupa untuk mengencangkan baut jika kunci sudah terpasang. Nah, sekarang kunci pintu kaca kamu sudah terganti.

Nah, mudah sekali bukan cara mengganti kunci pintu kaca. Kamu juga bisa melakukan Langkah yang sama jika kamu menggunakan pintu alumunium di rumah. Satu hal yang perlu diingat saat mengganti pintu adalah kamu perlu mencari kunci pintu pengganti yang sesuai, dan pastikan bisa mengunci pintu dengan sempurna ya!

Selain mudah untuk mengganti kuncinya, pintu kaca juga memiliki keunggulan lainnya lho! Kamu perlu tahu nih sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk menggunakan pintu kaca untuk melengkapi desain rumah impian. Check this out!

b. Cantik dan Minimalis, Keunggulan Pintu Kaca

Menggunakan pintu kaca memang bisa memberikan tampilan rumah semakin minimalis dan elegan. Tidak hanya itu, ada beberapa keunggulan lain jika kamu menggunakan pintu kaca lho!

c. Tampilan yang cantik dan estetik

Seperti yang kita sudah ketahui bersama, pintu kaca dikenal memiliki tampilan yang cantik, sehingga dapat meningkatkan nilai estetika di rumah kamu. Tidak hanya itu, pintu kaca juga memiliki banyak desain dan pola yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan selera kamu.

d. Tembus cahaya matahari

Salah satu keuntungan utama dari pintu kaca adalah karena sifatnya yang mudah tembus cahaya, hal ini lah yang memudahkan cahaya matahari alami masuk ke dalam rumah. Bukan hanya membuat rumah terasa lebih cerah dan lapang, dengan begini kamu bisa menghemat listrik karena tidak perlu menyalakan lampu di saat siang hari.

e. Lebih mudah dibersihkan

Hal lainnya yang menjadi keunggulan pintu kaca adalah pintu kaca tergolong dalam kategori low maintenance alias mudah dirawat. Kamu cukup menggunakan pembersih kaca dan kain bersih untuk membuat pintu kaca terlihat kinclong dan mulus kembali.

Wah ternyata menggunakan pintu kaca bisa mempercantik tampilan rumah ya! Bahkan kamu juga bisa menghemat listrik karena cahaya matahari bisa dengan mudah menembus pintu kaca di rumah kamu.

Kalau tadi kita membahas cara mengganti pintu kaca dan keunggulannya, kini kita akan membahas terkait dengan cara memasang kunci pintu! Bahkan kamu ga perlu repot memanggil tukang untuk datang ke rumah! Simak sampai habis ya. Kamu juga bisa membaca tips lainnya terkait cara mengganti kunci pintu kaca dan keunggulannya pada artikel Cara Mengganti Pintu Kaca dan Keunggulan Menggunakan Pintu Kaca.

Cara Mudah Membongkar Kunci Pintu Lama

Perubahan itu bagus, apalagi jika hal itu menyangkut keselamatan kamu. Termasuk mengubah kunci pintu rumah. Mengganti kunci pintu rumah merupakan tugas yang sederhana, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit, namun memerlukan keuletan. Sekarang kita akan membahas cara memasang kunci pintu rumah dengan mudah dan pastinya bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk memasang kunci pintu adalah dengan membongkar kunci pintu yang lama. Berikut caranya:

a. Ketahui Merek Kunci Rumahmu

Cara memasang kunci pintu yang pertama adalah menentukan mereknya. Merek kunci bisa ditemukan di bagian grendel atau kuncinya. Kalau kamu tidak menemukannya, kamu bisa memotret dan mencocokkan pada kunci baru yang akan di beli. Sebaiknya tanyakan ke penjual apakah kunci tersebut sesuai atau tidak dengan yang lama.

b. Mengukur Kenop Pintu

Tak jarang pengait bagian dalam dan belakang pintu berbeda dengan bagian interior. Sebaiknya kamu mengecek ukuran dengan membuat tali dari ujung ke ujung melewati lubang kunci pintu kemudian ukurlah dengan penggaris. Jika memungkinkan, silahkan lepas kenop bagian dalam, lalu lepaskan pegas yang ada pada gagang pintu. Jika sudah kenop pintu akan otomatis terbuka dan kamu akan melihat penutup dekorasinya.

c. Melepas Bagian Interior Penutup Dekoratif

Sekrup yang menutupi mungkin tidak terlihat dari luar. Biasanya ada sekrup di bagian dalam dekoratif. Jika tidak terlihat sekrup, maka kamu perlu melepaskan dahulu penutup plat dengan obeng atau pencungkil bongkar bagian kunci dengan melepas dua bagian pada sekrup

Lalu, lepaskan sekrup yang menjadi pengaman bagian dalam ke bagian luar kunci pintu. Di dalamnya kamu akan melihat sebagian kenop pintu. Silahkan lepaskan sekrup tersebut untuk memudahkan melepas sebagian kenopnya.

d. Lepaskan Grendel

Tahapan berikutnya adalah melepas sekrup yang ada pada grendel pintu. Lokasi grendel biasanya berada pada sisi yang menempel pada pelat pengunci pintu. Jangan lupa lepaskan plat pada bagian kusen pintu menggunakan obeng yang sesuai dengan sekrup pintu.

Cara Memasang Kunci Pintu yang Baru

Setelah melepas kunci pintu yang lama, kamu juga perlu memasang kunci pintu yang baru. Cara memasang kunci pintu yang baru pun tidak terlalu sulit, kamu bisa mempraktekannya sendiri di rumah. Simak cara memasang kunci pintu berikut:

a. Memasang Grendel

Langkah pertama untuk memasang kunci pintu adalah dengan memasang grendel baru ke tempatnya. Pastikan Grendel telah terpasang dengan sempurna agar tidak lepas saat digunakan nantinya.

b. Pasang Kunci Pintu yang Baru

Selanjutnya, pasang kunci pintu ke dalam lubangnya. Cara memasangnya adalah dengan menggeser dan memutar-mutar sampai masuk dengan sempurna. Kemudian, sekrup penguncinya sampai kencang.

c. Operasikan Grendel

Langkah ini bisa kamu sesuaikan dengan jenis kunci yang sudah kamu pasang. Jika kunci putar maka kamu bisa memutar sampai grendel bisa masuk keluar. Jika kunci ayun maka ayunkan sampai grendel bisa masuk dan keluar. Jika kunci grendel tersendat maka kamu perlu mengecek ulang pemasangan kunci pintu.

d. Kencangkan Sekrup yang telah Terpasang

Mengencangkan sekrup bisa membuat kunci pintu yang kamu pasang tidak akan copot saat digunakan. Kemudian, periksa lagi apakah ada bagian yang kurang terpasang sempurna.

Selain itu, kamu juga bisa menyimak tips lainnya pada artikel 8 Cara Memasang Kunci Pintu yang Mudah Dilakukan.

Cara Simple Memasang Kunci Pintu

Banyak yang mengira kalau cara memasang kunci pintu adalah hal yang sulit, tapi pada kenyataannya tidak sesulit itu lho! Kini, cara memasang kunci pintu menjadi salah satu hal perlu kamu pelajari. Pasalnya tidak semua orang bisa melakukannya. Tak sedikit dari mereka yang bahkan meminta bantuan tukang ketika akan memasang kunci pintu maupun menggantinya. Padahal, cara memasang kunci pintu tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Berikut ini kita akan membahas cara simple memasang kunci pintu. Simak baik-baik ya!

a. Pastikan pintu berada di lubang yang tepat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa pintu sudah berada di lubang yang sesuai. Kamu juga bisa menyesuaikan jarak atau ukuran atau penguncinya di tempat yang tepat. Apabila berada di tempat yang tidak tepat, nantinya pemasangan kunci pintu tidak akan berhasil dengan sempurna.

b. Pasang soket dalam posisi lurus

Cara memasang kunci pintu yang berikutnya adalah dengan menempelkan soket pintu dalam posisi yang lurus. Posisi soket harus lurus menghadap pada bagian dalam ruangan rumah. Sementara untuk bagian yang melengkung harus menghadap keluar. Jika semuanya sudah menghadap ke arah yang benar, kamu bisa melanjutkan pemasangan dengan memasangkannya menggunakan baut dengan kencang.

c. Memasang handle bagian luar

Langkah selanjutnya, kamu bisa memasang handle pintu bagian luar. Pasang bagian handle lalu kaitkan dengan soket. Selanjutnya, kamu bisa memasang ring untuk mengencangkannya. Pastikan kamu sudah memasang ring dengan kencang agar tidak kendor dan terlepas.

Itu tadi beberapa cara simple untuk memasang kunci pintu. Lalu kalau pintu kamu model geser cara memasang kunci pintunya gimana ya? Pastinya berbeda dong ya! Tenang, kita juga sudah menyiapkan beberapa cara mudah bagi kamu yang mau memasang kunci pintu dengan model geser. Simak disini ya!

Cara Memasang Kunci Pintu Model Geser

Jika kamu sudah bisa melakukan pemasangan kunci pintu bulat, sesekali kamu juga perlu mencoba mempelajari memasang kunci pintu dengan model geser. Pintu model geser ini juga sudah banyak diaplikasikan di rumah-rumah. karena desainnya yang minimalis dan elegan, beberapa rumah di perkotaan menjadikan pintu model geser sebagai pilihan.

Cara memasang kunci pintu model geser juga hampir sama dengan memasang kunci pintu biasa. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan.

a. Pastikan sudutnya presisi

Agar bisa memasang kunci dengan baik, kamu perlu memasang pintu dengan presisi. Kamu bisa menggunakan mesin serut untuk memasang pintu geser agar sudut-sudutnya bisa presisi. Kamu bisa menyerut pintu pada bagian atas, bawah, kiri, dan kanan.

b. Pasang roda pintu geser

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memasang roda pintu geser. Roda merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam pintu geser. Kamu bisa menggunakan bor untuk memasang roda supaya roda menjadi lebih kencang dengan cepat.

c. Memasang slot pintu

Ketika roda sudah terpasang Langkah selanjutnya adalah memasang slot pintu. Slot pintu memiliki peran penting dalam membuka dan mengunci pintu geser. Cara memasangnya juga sangat mudah. Kamu cukup membuat lubang pada bagian pintu dengan menyesuaikan ukuran slot yang akan dipasang.

d. Membuat lubang

Berikutnya, silahkan membuat lubang dengan kedalaman 1 cm. Buat lubang dengan ukuran lebar 1 cm juga. Lubang yang dibuat ini kelak akan berfungsi untuk menahan pintu ketika dibuka dan ditutup.

e. Memasang penahan di bagian bawah

Penahan pada bagian bawah bisa dipasang menggunakan bor.perlu diperhatikan, penggunaan bor harus menggunakan mata bor khusus untuk beton. Penahan ini berguna untuk menahan arah geser pintu agar tidak melebihi batas.

f. Menjajal kinerja pintu dan kuncinya

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menjajal kinerja pintu geser tersebut. Cobalah untuk menguji apakah pintu dan kuncinya apakah sudah bisa bekerja dengan baik atau belum. Jika melihat ada beberapa yang kurang beres, kamu bisa memperbaikinya dengan segera.

Seperti yang kita tahu, pintu merupakan salah satu bagian terpenting dalam rumah yang perlu diperhatikan pemasangannya. Jangan sampai kamu mengabaikan hal ini. Selain itu, sebaiknya gunakan pintu yang kuat agar bisa digunakan lebih lama dan pastinya aman. Jangan lupa, kamu perlu melakukan cara memasang kunci pintu di atas dengan teliti. Kalau masih bingung kamu bisa membaca artikel ini Cara Memasang Kunci Pintu dengan Mudah

Vinindo Corporation menjual berbagai macam body kunci pintu dengan kualitas terbaik. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Silahkan menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Related Articles

Share this article
BACK