24 Jan 2022

Apa itu Waterpass? Fungsi, Cara dan Penggunaannya

Apa itu Waterpass? Fungsi, Cara dan Penggunaannya

Sudah pernah dengar istilah waterpass? Mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing. Terlebih penggunaannya hanya digunakan dalam bidang tertentu saja. Sama halnya dengan perencanaan sebuah pembangunan apartemen, pabrik dan sebagainya. Biasanya team survei akan meninjau lebih dulu untuk menentukan lebar dan kemiringan tanah. Nah, mustahil bukan jika team survei menggunakan meteran biasa untuk mengukur lahan berhektar-hektar luasnya.

Tentu saja mereka membutuhkan alat bantu yang mempermudah pekerjaan. Bayangkan saja jika dilakukan secara manual, betapa banyaknya waktu yang akan dihabiskan dalam proses pengukuran tanah tersebut. Itulah sebabnya diciptakan sebuah alat yang bernama waterpass. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya jika anda menyimak artikel tentang alat ini mulai dari definisi, fungsi, hingga cara penggunaannya yang akan dibahas lebih detail di bawah ini.

Apa itu waterpass?

waterpass

Waterpass merupakan sebuah alat modern yang bermanfaat dalam pembangunan beraneka ragam konstruksi. Alat ini digunakan untuk mengukur apakah posisi bangunan berada dalam keadaan sejajar baik itu vertikal maupun horizontal untuk menciptakan pijakan yang stabil. Arsitektur dan tukang akan menggunakannya saat merancang sketsa bangunan. Untuk memastikan keakuratannya dapat ditentukan dengan adanya air yang terdapat pada alat. Lakukan pengecekan secara berkala agar tidak terjadi kesalahan dalam pengukuran. Pelajari kelebihan alat ini dalam artikel Handle Pintu Pasti Lurus Dengan Waterpas D-Xplore berikut.

Fungsi alat dalam dunia konstruksi

Waterpass tersedia dalam berbagai merek yang beredar dipasaran. Namun jangan khawatir karena fitur yang dihadirkan dari semua merek adalah sama. Berikut fungsinya :

  • Waterpass berfungsi untuk membuktikan level sejajar dan tegak lurus dari sebuah benda terhadap permukaan.

  • Memastikan agar pondasi yang dibangun tidak miring.

  • Memastikan pondasi bangunan sesuai dengan sketsa yang telah dirancang.

  • Menjadi patokan pembangunan konstruksi yang epik dengan memanfaatkan keakuratan pengukurannya.

  • Membuat bangunan dengan nilai estetik.

  • Dengan kemiringan yang sesuai, menghemat biaya karena tidak akan terjadi renovasi atau perombakan pada bangunan.

Cara penggunaan waterpass yang tepat

Cara Penggunaan Waterpass

Sebelum menggunakan alat ini ada baiknya untuk membersihkan terlebih dahulu agar tidak ada debu dan kotoran yang menempel. Hal ini dimaksudkan agar tidak terkecoh saat membaca hasil pengukuran. Cara pemakaian waterpass cukup mudah. Anda dapat meletakkan alat ini dengan posisi sejajar secara vertikal maupun horizontal pada benda yang diukur. Pegang alat dan tunggu sampai gelembung tidak lagi melakukan pergerakan.

Perhatikan dengan seksama letak gelembung pada sisi tabung. Jika gelembung menunjukkan dua garis maka bidang yang diukur telah sejajar. Untuk pengukuran benda yang tinggi, sebaiknya anda menggunakan waterpass dengan ukuran 1 meter untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Komponen alat ukur tingkat

Waterpass, juga dikenal sebagai alat ukur tingkat atau level, adalah alat yang digunakan untuk menentukan kemiringan atau ketinggian yang relatif terhadap permukaan horizontal. Berikut adalah beberapa komponen utama dari alat ini:

1. Tangkai

Bagian utama dari waterpass yang berfungsi sebagai pegangan atau tempat untuk menempatkan komponen pengukur.

2. Bubble

Merupakan tabung yang diisi dengan cairan berwarna yang sensitif terhadap perubahan posisi. Bubble ini terletak di dalam tabung kaca yang melengkung, dan ketika waterpass diletakkan di permukaan datar, bubble akan berada di tengah, menandakan bahwa permukaan alat sejajar dengan permukaan horizontal.

3. Skala

Terdapat skala yang ditempatkan di sekitar bubble, biasanya dalam bentuk garis atau angka, yang digunakan untuk membaca kemiringan atau ketinggian relatif dari permukaan yang diukur. Skala ini membantu pengguna menentukan sudut kemiringan atau perbedaan ketinggian dengan tepat.

4. Pegangan

Bagian pada waterpass yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam memegang dan mengoperasikan alat. Pegangan yang ergonomis dapat meningkatkan kenyamanan pengguna selama penggunaannya.

5. End caps

Biasanya terdapat penutup pada ujung-ujung alat yang berfungsi sebagai pelindung dan juga sebagai penyerap benturan saat waterpass diletakkan di permukaan yang keras.

Jenis yang biasa digunakan

Waterpass terbuat dari bahan kayu atau aluminium. Namun jenis aluminium lebih sering digunakan karena tahan lama dan lebih elegan. Terdapat fitur gelembung pada bagian tengah yang digunakan sebagai patokan pada saat pengukuran tengah berlangsung. Jika gelembung mengarah pada level datar, itu artinya bidang yang diukur berada di posisi sejajar. Ukuran alat ini tersedia dalam ukuran 0,5 meter-3 meter. Jenis alat ini sendiri ada 3 yaitu :

1. Manual

Jenis ini adalah yang paling tradisional dan masih banyak digunakan hingga saat ini. Ini terdiri dari tabung kaca yang diletakkan pada statif atau tripod. Gelembung udara yang bergerak menunjukkan kemiringan permukaan. Pengguna harus membaca skala yang ada pada tabung untuk mengukur kemiringan tersebut.

2. Digital

Jenis digital menggunakan teknologi sensor untuk mendeteksi perubahan kemiringan dan mengukurnya secara akurat. Hasil pengukuran ditampilkan dalam bentuk angka di layar digital. Ini membuat penggunaan alat ini lebih cepat dan efisien.

3. Auto level

Jenis auto level adalah varian jenis digital yang dilengkapi dengan sistem otomatis untuk mengkompensasi perubahan kemiringan dan tekanan atmosfer. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengukuran yang sangat akurat tanpa perlu penyesuaian manual.

4. Panjang

Jenis ini memiliki tabung yang lebih panjang dibandingkan dengan jenis standar, sehingga dapat digunakan untuk mengukur ketinggian yang lebih tinggi atau mengukur kemiringan yang lebih fluktuatif.

Aplikasi alat di berbagai bidang

Waterpass memiliki berbagai aplikasi di berbagai bidang, antara lain:

  1. Konstruksi: Alat ini digunakan untuk memastikan bahwa bangunan dan proyek konstruksi lainnya dibangun dengan ketinggian dan kemiringan yang tepat.

  2. Pemetaan: Dalam pemetaan, waterpass digunakan untuk mengukur elevasi tanah, serta untuk membuat peta topografi dan kontur.

  3. Geologi: Geologis menggunakan alat ini untuk mengukur kemiringan lapisan batuan dan memahami struktur geologi.

  4. Irigasi dan drainase: Petani menggunakan waterpass untuk mengatur kemiringan saluran irigasi dan drainase sehingga air mengalir dengan baik.

  5. Survei tanah: Surveyor tanah menggunakan alat ini untuk mengukur ketinggian tanah dan memetakan wilayah tertentu.

  6. Industri minyak dan gas: Waterpass digunakan dalam pengeboran minyak dan gas untuk memastikan bahwa pengeboran berjalan sesuai dengan kemiringan yang diinginkan.

Cara kerja alat dalam melakukan pengukuran

  • Cek ulang hasil pengukuran dan pindahkan waterpass dari benda yang diukur.

  • Geser ke kanan atau ke kiri untuk pengukuran vertikal atau horizontal.

  • Geser ke atas atau bawah untuk pengukuran sejajar saat objek vertikal.

  • Tempatkan alat ini pada posisi yang tepat.

  • Pastikan objek yang diukur ada pada posisi rata dan sejajar.

  • Gunakan penyangga jika kesulitan menempatkan objek pada posisi yang rata.

  • Perhatikan level sensitivitas gelembung agar dapat bekerja dengan baik, karena semakin sensitif maka hasil yang didapatkan lebih akurat.

  • Lakukan semua langkah di atas dengan hati-hati dan teliti.

Itulah pengertian, fungsi, cara dan penggunaan dari waterpass. Gunakan alat ini sesuai dengan cara kerja yang seharusnya agar hasilnya akurat dan tidak terjadi pembongkaran pada benda atau bangunan yang diukur. Selamat mencoba!

Apakah Anda sedang mencari waterpass terbaik?

Vinindo Corporation menjual berbagai macam waterpass. Mari simak produk dengan kualitas terbaik kami. Kami juga merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Silahkan menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Yuk, jangan lewatkan konten-konten seru dan inspiratif kami! Ikuti akun media sosial kami di bawah ini untuk mendapatkan update terbaru, tips, informasi berguna, dan berbagai hal menarik lainnya.

Tiktok D-Xplore: @dxplore.id
Instagram Vinindo: @vinindo.id
Instagram D-Xplore: @dxplore.id
Facebook: Vinindo Inti Pratama
Youtube: D-XPLORE - Building Tools

Related Articles

Share this article
BACK