25 Jan 2022 Bagaimana Cara Membenarkan Pintu yang Bergesek dengan Lantai

Bagaimana Cara Membenarkan Pintu yang Bergesek dengan Lantai

Pintu yang bergesek ke lantai menjadi permasalahan yang cukup meresahkan karena menimbulkan bunyi dan mengganggu saat pintu akan dibuka atau ditutup. Sejatinya pintu juga menjaga privasi pemilik rumah. Tentu tidak ada orang yang ingin privasinya diketahui orang lain. Selain itu, pintu juga berfungsi sebagai pembatas ruang antara ruangan dapur dengan kamar dan sebagainya. Sirkulasi udara juga akan berjalan dengan baik melalui pintu rumah. Kebayang dong gimana terganggunya jika pintu anda bergesekan dengan lantai? 

Faktor pemicunya dapat berasal dari beberapa faktor misalnya longgarnya engsel dan pintu yang memuai akibat terkena hujan. Untuk mengatasi hal tersebut, siapkanlah Obeng, Pisau, dan karton atau kayu berukuran 1 mm. Cara membenarkan pintu yang bergesek dengan lantai akan dibawah dalam artikel berikut. Pastikan anda membacanya secara keseluruhan ya.

1. Cek kondisi pintu

Langkah utama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi pintu terlebih dahulu untuk memastikan apakah posisi pintu masih simetris antara kusen dan lantai. Jika terjadi gesekan dengan lantai, akan nampak celah lebar dibagian bawah pintu. Cek juga semua sekrup pada engsel, apakah longgar atau tidak. Jika terjadi kelonggaran, maka segera kencangkan.

2. Lepaskan sekrup

Selanjutnya lepaskan sekrup yang terdapat pada engsel. Jika sudah dicat berulang kali, letakkan obeng pada slot sekrup dan pukul menggunakan palu. Hal ini akan membuat sekrup longgar sehingga dapat memastikan bahwa anda memilih obeng yang tepat.

3. Tempatkan karton di belakang engsel

Nah, selanjutnya tarik engsel dari kusen pintu dengan jarak yang jauh. Lalu letakkan karton berukuran 1 mm atau juga dapat menggunakan kayu dibelakang engsel agar sesuai. Jika pintu masih bergesek dengan lantai, lepaslah pintu dan kikis di bagian tepi bawah pintu.

4. Pastikan tingkat kekeringan daun pintu

Cara membenarkan pintu yang bergesek dengan lantai selanjutnya yaitu dengan memastikan tingkat kekeringan daun pintu. Kenapa hal ini efektif? Karena daun pintu yang lembab akan memuai dan ukuran menjadi lebih besar dari sebelumnya. Sehingga dapat bergesekan dengan lantai.  Itulah alasan kenapa daun pintu rumah anda harus benar-benar dalam keadaan kering

5. Jemur daun pintu hingga kering untuk mengatasi kelembaban pintu

Jemurlah pada sinar matahari dengan durasi yang cukup lama sampai daun pintu kering. Jika sudah kering, ukuran daun pintu akan kembali seperti semula. Sebenarnya anda juga dapat memasang kanopi untuk menjaga pintu agar tetap dalam kondisi kering dan tidak terjangkau oleh tampias dari air hujan. Pintu anda akan aman dari gesekan dengan lantai. 

6. Cat ulang bagian pintu berpori-pori

Langkah yang harus dilakukan setelah pintu dalam keadaan kering adalah melakukan pengecatan ulang bagian pintu yang berpori-pori. Waduh ternyata pintu juga bisa mengalami masalah pori-pori layaknya wajah ya. Eits jangan panik!  Dengan cat yang telah diaplikasikan akan membuat pintu tahan terhadap air sehingga tidak dalam keadaan lembab. Gunakan cat yang terdapat kandungan minyak. Seperti yang kita ketahui bahwa air dan minyak merupakan komponen yang tidak dapat menyatu. Jadi dapat dipastikan cara ini ampuh mengatasi gesekan pada lantai. Pemilihan warna cat dapat disesuaikan dengan warna kesukaan anda.

Demikian artikel tentang bagaimana cara membenarkan pintu yang bergesekan dengan lantai. Atasi segera pintu rumah anda jika terjadi gesekan dengan lantai. Selain itu lakukan perawatan secara berkala agar pintu rumah terbebas dari berbagai kerusakan lain yang mengganggu kenyamanan anda.

Jika Anda membutuhkan rekomendasi engsel pintu yang berkualitas, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Kami menyediakan berbagai macam jenis engsel pintu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021.

Share this article
BACK