07 Feb 2022

Cara Memasang Rak Kayu di Dinding

Cara Memasang Rak Kayu di Dinding

Guna menciptakan ruangan yang rapi dan memukau, kamu dapat memilih furnitur kecil dan simple seperti rak kayu. Selain meminimalisir tempat, kamu juga dapat menambahkan kesan estetis pada ruangan. Keunggulan rak kayu ketimbang bahan lain yaitu memiliki daya tahan yang lebih kokoh, dapat menahan beban berat dan memberikan kesan yang berbeda. Sebelum memutuskan membeli rak kayu, ada baiknya jika mencari yang sesuai dengan kebutuhan karena ada banyak jenis rak yang mungkin akan membingungkan. Perihal model dan berapa tingkatannya juga harus dipertimbangkan ya. Jika kamu menyukai sesuatu yang modern, pilih rak kayu dengan model modern minimalis. Namun semua kembali bagaimana selera kamu dalam berkreasi. Yang terpenting kamu tau bagaimana cara memasang rak kayu di dinding dengan tepat. Simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Bersihkan dinding terlebih dahulu agar perekat menempel sempurna

Bersihkan dinding terlebih dahulu agar terbebas dari debu atau kotoran yang menempel. Tujuannya agar perekat menempel dengan sempurna.

2. Bersihkan dinding dengan lap dan alkohol. Kamu tidak boleh gunakan air atau cairan pembersih karena bekasnya yang licin

Bersihkan dinding dirumah kamu dengan menggunakan lap dan alkohol. Pastikan benar-benar bebas dari kotoran yang menempel. Jangan menggunakan air atau cairan pembersih karena bekasnya akan licin. Jika licin, maka kamu menjadi kesulitan dalam pemasangan rak kayu pada dinding.

3. Pilih dinding yang rata dan halus untuk ditempel rak

Pastikan dinding yang akan diletakkan rak memiliki tekstur yang rata dan halus. Jika dinding yang kamu pilih bergeronjal atau tidak rata, rak yang dipasang menjadi tidak simetris.

4. Jangan tempel rak ke dinding bata, dinding dengan wallpaper, atau dinding yang baru dicat

Langkah selanjutnya untuk tidak menempel rak pada dinding bata karena teksturnya kasar. Kamu juga tidak dianjurkan untuk memasang pada dinding yang sudah dipasang walpaper. Selain dapat merusak walpaper, Juga menimbulkan kesan yang terlalu ramai dan tidak sedap dipandang. Dinding yang baru dicat juga tidak menjadi tempat yang tepat untuk memasang rak. Cat yang baru masih sangat rentan jika dikombinasikan dengan perekat rak.

5. Usahakan jangan sampai melepas-pasang kain perekat agar daya rekatnya tidak hilang

Jangan membongkar pasang kain perekat yang sudah menempel pada dinding. Jika anda lakukan maka akan mengurangi daya rekat dan rak dapat terjatuh.

6. Agar lebih maksimal, tempalkan strip perekat di semua sisi rak dinding kayu

Untuk hasil yang maksimal, tempelkan strip perekat pada setiap sisi rak dinding kayu. Dengan begitu daya rekat akan bertahan jauh lebih lama dan tetap kokoh meskipun sudah berbulan-bulan lamanya.

7. Gunakan waterpass untuk mendapatkan sudut pemasangan rak, tandai dinding sebelum perekat dilepaskan

Untuk mendapatkan sudut pemasangan rak yang simetris, gunakanlah waterpass yang ada dirumah kamu. Kemudian tandai dinding menggunakan spidol atau pensil. Lalu lepaskan perekat yang akan digunakan.

8. Tekanlah perekat yang ada di dinding kira-kira selama 30 detik, lalu tunggu selama 1 jam sebelum memasang rak dinding kembali

Tekan terlebih dahulu perekat pada dinding sekitar 30 detik lamanya. Tunggu selama 1 jam sebelum rak dinding dipasang. Atur waktu menggunakan alarm gadget agar tidak melewati waktu yang telah ditentukan.

9. Pastikan posisi perekat di dinding dan perekat yang ada di balik rak sudah sejajar

Cara memasang rak kayu pada dinding yang berikutnya adalah memastikan perekat dinding dan perekat yang berada dibalik rak sudah sejajar. Periksalah beberapa kali agar kamu mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi. Jangan terburu-buru dalam pemasangan karena hasilnya tidak akan baik.

10. Disarankan, jangan sampai melepas-pasang kain perekat agar daya rekatnya tidak hilang

Yang terakhir, jangan melepas-pasan kain perekat agar tidak mengurangi daya rekat pada rak. Kamu akan kesulitan jika hal tersebut dilakukan. Pasalnya rak harus terpasang dengan kuat untuk menumpu benda yang akan diletakkan pada rak. 

Cara memasang rak kayu di dinding sangatlah mudah. Kamu hanya harus memerhatikan langkah-langkah diatas. Pilihlah rak dengan model yang sesuai dengan warna dinding dan furnitur sekitarnya. Jadikan ruangan kamu semenarik mungkin!

Jika anda membutuhkan alat pertukangan dan waterpass dengan kualitas terbaik, silahkan hubungi Vinindo Corporation. Vinindo Corporation merupakan peraih Best Quality of Home Tools and Hardware Products 2021 dan Indonesia Best Product Award 2021. Kami menyediakan berbagai macam peralatan rumah dan bangunan Anda yang kokoh dengan berbagai macam model. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Related Articles

Share this article
BACK