01 Jul 2022 Ketahui Cara Merawat Perkakas Rumah Berikut Ini!

Ketahui Cara Merawat Perkakas Rumah Berikut Ini!

Perkakas atau peralatan pertukangan dan perbengkelan sangat diperlukan, bukan hanya pada bengkel tapi juga di rumah. Anda perlu mengetahui cara merawat perkakas rumah dengan baik. Karena perkakas tangan merupakan alat yang rentan rusak dan hilang jika perawatannya tidak benar.

Perkakas yang tidak dirawat dengan baik akan nampak kusam, kotor, bahkan berkarat. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui beberapa cara merawat perkakas rumah berikut ini:

Cara Menyimpan Perkakas Pertukangan dan Perbengkelan

Sumber foto: https://pixabay.com

Perkakas pertukangan dan perbengkelan seperti tang, obeng, sekrup, palu, gergaji, dan lain sebagainya sangat perlu disimpan dengan cermat. Karena perkakas tersebut berukuran kecil dan mudah terselip kemudian hilang.

Perkakas pertukangan dan perbengkelan fungsinya relatif penting, Anda perlu menyimpan perkakas tersebut dengan tepat, cermat, dan teliti. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyimpan peralatan pertukangan dan perbengkelan dengan baik.

Menyimpannya dalam Box Tool Khusus

Salah satu cara yang tepat untuk menyimpan perkakas pertukangan dan perbengkelan adalah dengan menyimpannya dalam box tool yang khusus. Anda akan dimudahkan untuk mengelola dan menemukan perkakas yang Anda butuhkan dengan menyimpannya dalam box khusus tersebut.

Menyimpan Perkakas Berdasarkan Jenisnya

Selain menyimpan perkakas dalam box tool khusus, Anda juga perlu menyimpan perkakas tersebut berdasarkan bentuk maupun jenisnya. Seperti contoh, perkakas berukuran agak besar seperti obeng, kunci pas, maupun yang, dapat dikelompokkan dalam box tersendiri. Sedangkan untuk perkakas yang berukuran lebih kecil seperti paku, sekrup, baut, dan lainnya dapat disimpan dalam box yang terpisah.

Mengembalikan Perkakas pada Tempatnya

Salah satu cara supaya perkakas pertukangan dan perbengkelan tetap awet dan mudah ditemukan adalah mengembalikan perkakas tersebut pada tempat penyimpanannya setelah digunakan. Jangan membiasakan menaruh perkakas yang baru digunakan di sembarang tempat, karena rawan hilang atau tertumpuk barang lain. Dengan begitu Anda akan kebingungan mencari perkakas tersebut saat membutuhkannya kembali.

Hal lain mengenai cara menyimpan perkakas dapat Anda baca dan perhatikan dalam artikel yang berjudul Cara Menyimpan Alat Pertukangan dan Perbengkelan agar Tidak Terselip.

Cara Mengasah Gergaji Potong

Sumber foto: https://pixabay.com

Gergaji potong merupakan salah satu perkakas yang perlu Anda ketahui dengan benar cara merawatnya. Gergaji potong dapat berfungsi dengan maksimal jika mata gergaji tajam, sehingga akan terasa mudah dalam memotong benda. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengasah gergaji Anda, supaya fungsinya tetap optimal dalam memotong benda.

Mengasah gergaji tidak bisa dilakukan hanya dengan menggesekkan mata gergaji pada alat pengasah, terlebih gergaji sangat tipis, sehingga lebih sulit untuk diasah. Ada beberapa tahap yang dapat Anda lakukan untuk mengasah gergaji potong dengan benar sebagai salah satu bagian dari cara merawat perkakas rumah, perhatian rincian berikut ini:

Siapkan Alat Pengasah

Alat pengasah yang Anda butuhkan adalah kikir. Pastikan kikir yang Anda gunakan kondisinya masih baik dan tidak berkarat.

Bersihkan Gergaji Lebih Dulu

Jangan langsung mengasah gergaji yang kotor. Anda perlu menggunakan kuas atau sikat kawat untuk membersihkan gergaji. Hindari menggunakan air untuk membersihkan gergaji, karena air dapat menimbulkan karat pada gergaji.

Jepit Gergaji

Ada alat khusus yang dapat digunakan untuk menjepit atau mencengkeram gergaji supaya mata gergaji menghadap ke atas. Jika Anda tidak memiliki alat tersebut, Anda bisa meminta bantuan teman atau orang rumah untuk memegang gergaji yang Anda asah, atau menjepit gergaji dengan kedua telapak kaki dengan mata gergaji menghadap ke atas.

Gesekkan Kikir pada Gergaji

Sebelum menggesekkan kikir pada gergaji, Anda harus memastikan mata gergaji kering dan bersih. Gunakan lap kain untuk membersihkan kotoran yang tersisa pada gerigi gergaji. Kemiringan terbaik untuk mengikir mata gergaji adalah 30 derajat.

Tahapan lanjutan untuk mengasah gergaji dapat Anda baca pada artikel berjudul Berikut Cara Mengasah Gergaji Potong yang Benar.

Cara Merawat Perkakas Rumah agar Tidak Mudah Berkarat

Sumber foto: https://pixabay.com

Perkakas merupakan benda yang sangat rentan berkarat karena mayoritas terbuat dari besi. Jika perkakas dibiarkan begitu saja, maka akan membuat Anda sebagai pengguna kesulitan saat membutuhkan perkakas tersebut dalam keadaan yang mendesak.

Oleh karena itu, Anda harus tetap menjaga perkakas Anda dan merawatnya dengan tepat supaya terhindar dari karat. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui cara merawat perkakas yang tepat:

Jangan Gunakan Perkakas yang Rusak

Salah satu contoh perkakas yang rusak adalah kunci pas. Jika bagian kunci sudah terkikis maka kunci tersebut sudah rusak. Jika kunci rusak tersebut tetap digunakan, maka baut atau mur akan ikut terkikis juga.

Bersihkan Perkakas Kunci Sebelum Digunakan

Kotoran dapat menyebabkan perkakas menjadi lebih mudah berkarat, terlebih jika disimpan pada tempat yang tidak bersih dan sering terkontaminasi oleh air. Oleh karena itu Anda harus membersihkannya sebelum digunakan. Jangan lupa menyimpan perkakas Anda pada tempat penyimpanan yang tepat supaya tidak mudah terkena kotoran.

Membersihkan perkakas tidak perlu menggunakan air. Hindari merendam perkakas yang Anda miliki di dalam air, karena air justru akan membuat perkakas rumah Anda menjadi lebih cepat berkarat. Anda cukup menyediakan lap dari kain yang bersih atau menyediakan sikat kawat untuk membersihkan perkakas yang akan Anda gunakan.

Bersihkan Perkakas Kunci Setelah Digunakan

Membersihkan perkakas bukan hanya dilakukan sebelum menggunakannya saja. Anda juga harus membersihkan perkakas Anda sebelum perkakas tersebut digunakan, supaya perkakas bersih dari kotoran yang menempel. Kotoran seperti debu akan menyebabkan korosi pada besi, yang kemudian akan menjadi karat.

Setelah Anda membersihkan kotoran pada perkakas yang telah Anda gunakan, Anda bisa menyimpannya pada tempat yang tepat, supaya tidak perkakas tersebut tidak mudah rusak.

Informasi lain mengenai cara merawat perkakas rumah dapat Anda baca pada artikel yang berjudul Merawat Perkakas agar Tidak Mudah Berkarat.

Itulah beberapa informasi penting mengenai cara menyimpan perkakas dan cara merawat perkakas rumah supaya tetap awet dan terbebas dari karat. Anda perlu memperhatikan setiap detail cara-cara perawatan perkakas tersebut supaya perkakas Anda tetap dapat digunakan dengan optimal.

Melalui penjelasan di atas, Anda bisa menentukan pilihan Anda untuk jenis-jenis perkakas yang benar-benar Anda butuhkan. Konsultasikan kebutuhan perkakas anda di Vinindo Corporation. Kami menjual berbagai macam alat perkakas yang kokoh dengan beraneka ragam model. Segera hubungi kami untuk melakukan pemesanan.

Share this article
BACK